Docotel Official Blog
Lensa Kontak Pertama di Dunia yang Wujudkan Fantasi Sci-Fi Menjadi Nyata

Lensa Kontak Pertama di Dunia yang Wujudkan Fantasi Sci-Fi Menjadi Nyata

Coba bayangkan.. kamu melirik ke kiri, melirik ke kanan, memutar bola mata ke atas, bawah, dan ke depan. Lalu, bersamaan dengan pandanganmu yang melayang ke sudut-sudut ruangan, lensa matamu bisa menampilkan prakiraan cuaca hari ini, disusul pesan masuk dari ibumu, kemudian jadwal terbaru KRL yang chaos akibat perbaikan wesel, hingga mengontrol mood musik yang tepat untuk menemani aktivitas yang sedang kamu jalankan.

Itu semua dulu hanya kumpulan adegan dalam film-film science fiction yang bisa kita saksikan dari hasil editing semata. Namun, kini semua visi itu akan terwujud bersama lensa mata pintar berbekal teknologi gabungan computer vision dan augmented reality yang bisa segera kita nikmati.

Jika selama ini lensa kontak yang kita gunakan hanya untuk membantu penglihatan, kini lensa kontak telah berevolusi hingga mampu menghadirkan pengalaman augmented reality menjadi semakin nyata. Mojo Vision, start-up asal California, Amerika Serikat yang digawangi mantan kreator-kreator andal Apple, Google, Amazon, dan Microsoft ingin mengurangi ketergantungan kita pada layar dengan menciptakan lensa yang menggabungkan teknologi computer vision dan augmented reality. Nantinya, teknologi inimenghadirkan berbagai informasi secara real-time langsung dari mata kita.

Lensa Kontak Pertama di Dunia yang Wujudkan Fantasi Sci-Fi Menjadi Nyata 1
Sumber: Julian Chokkattu on Wired
https://www.wired.com/story/mojo-vision-smart-contact-lens/

Mojo Vision sebenarnya sudah ada sejak lima tahun lalu, tetapi baru merilis produk ini di awal 2020. Alasannya, lensa AR ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Menurut Julian Chokkattu, Reporter Wired yang berkesempatan melihat produk ini, prototipe lensa kontak masih dalam bentuk lensa terpisah yang dijepit pada sebuah alat seperti remot untuk mengontrol pergerakan. Salah satu hal menarik dari lensa ini adalah ukuran layar yang hanya sebesar titik tinta pena. Para pendiri Mojo Vision mengatakan, “Ini adalah layar terkecil dan terpadat yang pernah dibuat.” Julian sempat mencoba prototipe tersebut dan sesuai ekspektasi, ia melihat sebuah teks melayang yang menampilkan pemberitahuan pesan masuk.

Menampilkan Notifikasi dan Aplikasi Cukup dengan Lirikan Mata

Alih-alih mengeluarkan smartphone dari saku untuk mengecek siapa gerangan yang menelepon atau mengirim pesan, kita cukup melirikan mata ke sudut kiri atau kanan untuk menjawab panggilan dan melihat pesan. Mike Wiemer, salah satu pendiri sekaligus Chief Technology Officer Mojo Vision menegaskan, “Kami ingin menciptakan teknologi yang membuatmu tidak merasa aneh ketika berjalan di tengah kerumunan orang dan tidak merasa asing karena harus terus-menerus mengecek smartphone, sebuah teknologi yang membuatmu merasa bisa menjadi dirimu sendiri. Teknologi ini sangat rahasia, hanya menampilkan informasi yang dibutuhkan untuk menjaga privasi Anda dengan aman.”

Pada dasarnya, lensa AR ini hanya akan menampilkan informasi penting yang memang kita butuhkan dan tidak akan memborbardir kita dengan iklan atau informasi tidak penting lainnya. Saat melihat lurus ke depan, tidak akan ada penampakan visual yang mengganggu, hanya seperti saat kita berjalan dengan pandangan mata biasa. Namun, ketika mengintip dari berbagai sudut, maka kita akan menyaksikan ikon-ikon muncul, misalnya kalendar, cuaca, notifikasi, juga playlist musik yang terakhir kita putar. Lalu, jika kita menatap lebih lanjut pada panah yang tertera di samping ikon-ikon itu, akan ada informasi lebih detail mengenai ramalan cuaca tiga hari mendatang atau agenda lengkap dengan daftar kegiatan harian yang telah kita buat.

Fitur menarik lainnya adalah Speech. Hanya dengan sekali lirikan mata, fitur ini memungkinkan kita untuk membuka narasi pidato yang telah kita susun, men-scroll, kemudian membacanya keras-keras. Aplikasi ini membuka banyak kemungkinan di masa depan. Bayangkan, hanya dengan duduk sambil melirik atau mengedipkan mata, kita dapat melakukan banyak hal seperti merekam hingga memutar film. Bahkan, ketika merekam video, kita tak perlu lagi mengulang beberapa kali take karena naskah yang kita buat telah tersedia tepat di tengah kornea mata kita. Sungguh menakjubkan, bukan?

Masih dalam Tahap Penelitian dan Pengembangan

Meski penggunaannya seperti lensa kontak pada umumnya—cukup meletakkannya tepat pada kornea mata—tapi, untuk bisa memperoleh lensa ini di pasaran masih diperlukan tahapan yang cukup panjang. Ashley Tuan, Vice President of Medical Devices Mojo Vision mengungkapkan timnya masih menghitung kemampuan proyeksi cahaya pada retina dan memastikan semuanya akan sesuai dengan standar dan peraturan di bidang kesehatan. Fokus pertama Ashley adalah untuk mendapatkan lisensi dari Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Kini, Mojo Vision telah mengantongi penghargaan “Breakthrough Devices Program” untuk inovasi teknologi di dunia medis yang menyediakan produk bagi penyembuhan penyakit.

Saat ini, Mojo Vision fokus memasarkan lensanya untuk para tunanetra juga mereka yang memiliki penglihatan rendah dan penyembuhannya tidak dapat diatasi dengan lensa kaca biasa. Untuk membantu orang-orang dengan penglihatan rendah, Mojo Vision membuat model di sebuah ruangan gelap yang dipenuhi dengan simbol dilarang berhenti dan simbol-simbol lalu lintas lainnya. Melalui prototipe yang telah dilegkapi dengan sensor gambar, orang dengan penglihatan rendah diuji untuk menunjukkan simbol-simbol apa yang dilihat. Hasil uji membuktikan bahwa simbol-simbol tersebut dapat dengan mudah dibaca, bahkan orang-orang yang telah diuji mampu menyebutkan siapa saja orang-orang yang ada dalam ruangan tersebut.

Mojo Vision bekerja sama dengan Vista Center for the Blind and Visually Impaired di Palo Alto, California, untuk menjangkau klien dari organisasi-organisasi non-profit dan bertemu dengan para ahli di bidang FDA agar bisa mendapatkan sertifikat keamanan. Selagi masih dalam tahap pengembangan, kamu yang memiliki penglihatan rendah dan ingin menikmati teknologi ini, bersiap-siaplah untuk merogoh kantong cukup dalam karena selain mahal, produk ini akan dipasarkan secara terbatas. Untuk kamu yang penglihatannya normal tapi ingin merasakan teknologi canggih ini, bersabarlah lebih lama, ya, karena produk ini untuk sementara hanya diluncurkan bagi pelaku bisnis dan organisasi-oraganisasi non-profit.

Baca Juga: Mengulik Serba-serbi Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Masa Kini

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed