Docotel Official Blog
Jago Hacking dengan Memainkan Capture the Flag  (CTF) 1

Jago Hacking dengan Memainkan Capture the Flag  (CTF)

Capture the Flag (CTF) dikenal sebagai permainan atau kompetisi di bidang keamanan informasi. Padahal awalnya, CTF adalah permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak atau orang dewasa. Permainan ini terdiri dari dua tim yang masing-masing memiliki sebuah bendera atau tanda lainnya. Setiap tim harus dapat menangkap bendera tim lain.

Pada dunia teknologi, CTF dikenal sebagai kompetisi yang bersifat edukasi di bidang keamanan komputer. Kompetisi hacking ini merupakan lomba yang mengharuskan pesertanya mencari atau menemukan celah keamanan di sebuah jaringan komputer.

Saat CTF dimainkan,  pihak penyelenggara akan membuat sebuah jaringan seperti jaringan internet yang akan dipelajari oleh peserta. Lalu peserta ditantang dan diberi soal yang mengharuskan peserta mencari celah yang telah dibuat penyelenggara. Setiap kali bisa menyelesaikan soal, peserta akan mendapatkan sebuah flag berupa string yang nantinya akan di-submit pada submission dan akan memperoleh poin. Dalam kompetisi ini para peserta dibebaskan untuk memakai tools serta metodenya masing-masing.

CTF memiliki tiga kategori, yaitu:

Attack Defense

Attack Defense biasanya dimainkan dalam tim yang terdiri dari satu ketua dan dua anggota. Setiap tim diperbolehkan untuk menyerang tim lawan, tapi juga harus mempertahankan sistem tim sendiri. Nantinya, akan terkumpul poin dari attack dan defense. Tim dengan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Jeopardy

Pada kategori Jeopardy, peserta dapat berupa tim maupun individu. Peserta akan mengumpulkan poin dengan cara menyelesaikan berbagai soal yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara. Besarnya poin tergantung dari tingkat kesulitan masing-masing soal tersebut.  Pemenang pada kategori ini adalah peserta dengan poin terbanyak.

Mixed

Kategori Mixed adalah gabungan antara kategori Attack Defense dan Jeopardy. Biasanya kategori ini memiliki aturan-aturan khusus dan tambahan tergantung dari pihak penyelenggara.

Docotel Group akan mengadakan event CTF yang akan dilaksanakan pada 17-28 September 2018. Untuk informasi lengkap bisa lihat poster di bawah ini, ya!

Jago Hacking dengan Memainkan Capture the Flag  (CTF) 2

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri.
Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Author: Armita Tyas

Editorial: Teresa Iswara

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed