Docotel Official Blog
Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 1

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes

Pernah gak sih kalian mendapatkan brodcast messages di chat pribadi kalian atau di media sosial yang berisikan seseorang membutuhkan pendonor darah untuk golongan darah tertentu? Ternyata usut punya usut hal seperti itu bisa terjadi ketika stok darah di Rumah Sakit maupun di Palang Merah Indonesia (PMI) sedang habis. So, ketika stok darah mulai menipis atau bahkan habis, dibutuhkanlah asupan darah dari pendonor agar ketika seseorang membutuhkan lagi, PMI dan Rumah Sakit sudah memiliki stok darah yang cukup.

Mendukung itu semua, Palang Merah Indonesia tak segan-segan mau menjemput bola dengan melayani siapa saja yang mau ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya, baik mendaftar atas nama pribadi maupun atas nama perusahaan.

Selain mendapatkan pahala karena membantu orang lain, melakukan donor darah juga memiliki manfaat kesehatan bagi si pendonor darah seperti, menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, mencegah terjadinya stroke, menurunkan resiko kanker, dan masih banyak lagi.

Sebagai wujud kepedulian sesama dan dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia ( 17 September 2016) serta Hari Dokter Nasional (24 Oktober 2016), Docotel menggelar aksi Donor Darah bagi seluruh karyawan Docotel pada hari Jum’at, 21 Oktober 2016 yang diberikan Tema “WE SHARE, WE CARE, WE SAVE LIFES”. Hmmm, ngeliat tema yang diangkat memang sangat menyentuh, karena ternyata tanpa kalian sadari kepedulian kalian mendonorkan darah sebanyak 350 ml bisa menyelamatkan hidup orang banyak dan tentunya mendatangkan pahala yang sangat besar bagi kalian pendonor darah.

Akhirnya hari donor darahpun tiba. Sejak pagi sudah dipersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan. Kegiatan tersebut rencananya dimulai pada pukul 09.00 WIB tetapi agak sedikit terlambat sekitar satu jam.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 2
Pendonor wajib mengisi formulir dari PMI

Para pendonor juga mulai berdatangan satu persatu. Mereka yang bersedia mendonorkan darahnya segera mengisi formulir yang diberikan oleh petugas PMI.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 3
Dapat sarapan sebelum donor

Nah sambil menunggu namanya dipanggil untuk tes kesehatan, pendonor diberikan bubur kacang hijau dulu nih, biar kuat, dikhawatirkan belum sarapan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan hehehe.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 4
Tes golongan darah dan HB

Setelah mengisi formulir, selanjutnya tes golongandarah serta HB. Kalau Hbnya rendah, kamu gak bisa donor darah, HB tinggipun gak bisa, jadi harus HB normal.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 5
Waktunya tensi darah

Setelah tes HB kamu akan tes tensi darah. Tensi darahpun sama, harus normal, gak boleh ketinggian dan gak boleh kerendahan.

Setelah tes dan dinyatakan berhasil jadi pendonor, waktunya kamu menunggu giliran untuk mendonor deh.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 6
Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 7

Untuk kamu yang pingin banget mendonor darah, berat badanmu minimum harus 50 kg. Selain itu, kamu juga harus fit badannya. Untuk perempuan yang sedang berhalangan juga tidak dianjurkan mendonor darah, setelah 1 minggu selesai haid, barulah kamu bisa ikut donor darah.

Setelah mendonor, si pendonor juga harus istirahat dulu sebentar supaya tidak lemas apalagi pingsan. Pendonor juga harus banyak mengonsumsi air putih. Setelah mendonor, dari pihak PMI juga menyediakan bingkisan berupa makanan yang berfungsi untuk mengembalikan stamina pendonor.

Waktu yang diberikan PMI gak banyak untuk semuanya ngedonor, hanya satu jam kurang lebih. Jadi, hanya 23 orang yang berhasil mendonorkan darahnya, itu artinya kami berhasil mengumpulkan 23 kantung darah yang Insyaallah dapat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Kalo kata Mas Wahyu “Iihh.. aku kira awalnya mah sakit, ternyata mah cuma segitu doang”.

Tuuu gak sakit ternyata, gak sesuai bayangan deh. Mungkin ngeri pas dimasukin jarum aja si yaa hehe.. Banyak juga Docotroops yang awalnya gak mau ngedonor malah jadi mau donor, kaya Mas Wahyu contohnya. Dia mau ngedonor tanpa paksaan ko :p . Akantetapi, banyak juga yang sedih karena gak bisa ngedonor darah, ada yang karena berat badannya tidak mencukupi, tensi atau Hbnya terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Doco Donor Day : We Share, We Care, We Save lifes 8
Sertifikat yang diberikan Docotel untuk #DocoBloodHero

Docotel menyambut baik karyawan-karyawan yang ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Sebagai bentuk apresiasi Docotel memberikan berupa “Certificate Of Courage & Careness”.

Wah, sudah tau kan manfaat dan enaknya menjadi pendonor darah, makanya jangan takut-takut yah selalu inget “ We Share, We Care, We Save lifes” biar kalian semua punya kekuatan untuk mendonorkan darah karena 1 pendonor dapat menyelamatkan 3 nyawa.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed