Docotel Official Blog
Gunakan Virtual Reality (VR) untuk “Berjumpa” dengan Mendiang Orang Terkasih - Docotel Official Blog

Gunakan Virtual Reality (VR) untuk “Berjumpa” dengan Mendiang Orang Terkasih

Jika memiliki kesempatan untuk berjumpa kembali dengan orang tercinta yang telah meninggal dunia, berminatkah kamu? Memang sepertinya tidak masuk akal, mana mungkin bisa menemui orang yang sudah meninggal? Namun, kini momen pertemuan itu dapat kamu alami dengan kecanggihan teknologi VR. Teknologi ini memungkinkan kamu merasakan sensasi berinteraksi dengan sesuatu yang berwujud tiga dimensi (3D).

Gunakan Virtual Reality (VR)  untuk “Berjumpa” dengan Mendiang Orang Terkasih
Sumber: www.gadgetmatch.com

Seorang ibu di Korea Selatan bernama Jang Ji-Sung mendapat kesempatan bertemu kembali dengan sosok digital mendiang putrinya. Saat mengenakan kacamata berteknologi VR Jang Ji-Sung menangis haru karena sang putri cilik Na-Yeon muncul di hadapannya dalam wujud 3D. Perjumpaan Jang Ji-Sung dengan anaknya itu telah didokumentasikan dalam sebuah video berjudul “I Met You” yang dapat ditonton melalui kanal YouTube Munhwa Broadcasting Corporation (MBC).

Digarap lebih dari delapan bulan, tim MBC berhasil menciptakan dunia khayalan bagi Jang Ji-Sung untuk melihat Na-Yeon yang diilustrasikan dengan detail dan semirip mungkin, mulai dari tubuh, wajah, sampai suara. Selain kacamata realita virtual, Jang Ji-Sung dilengkapi juga dengan headphone VRdan sarung tangan yang sensitif terhadap sentuhan sehingga ia dapat mendengar suara juga merasakan visualisasi putrinya secara nyata. Kok, bisa gitu, ya?

Gunakan Virtual Reality (VR)  untuk “Berjumpa” dengan Mendiang Orang Terkasih
Sumber: www.trtworld.com

Ternyata, untuk menghasilkan avatar virtual yang akurat dan realistis, tim produksi menggunakan foto-foto serta potongan-potongan suara Na-Yeon, setelah itu diolah di studio dengan perangkat lunak khusus pembuat VR (3DS Max & Maya, Unity3D, SketchUp, dan sebagainya). Sementara itu, untuk melihat Na-Yeon dalam wujud 3D secara maksimal, Ji-Sung harus menggunakan peralatan berteknologi VR di ruang layar hijau (green room). Layar hijau ini memungkinkan penglihatannya seolah sedang berada di taman dan tentu dapat berinteraksi bersama Na-Yeon.

“Aku sangat merindukan Ibu”, ucap replika Na-Yeon yang kemudian direspon oleh Jang Ji-Sung “Aku juga sangat merindukanmu.”

Gunakan Virtual Reality (VR)  untuk “Berjumpa” dengan Mendiang Orang Terkasih
Sumber: wp-assets.futurism.com

Jang Ji-Sung dan avatar putrinya dapat saling mendengar dan bersentuhan. Walau mulanya Jang Ji-Sung ragu untuk menyentuh Na-Yeon secara virtual, tapi akhirnya ia berusaha memegang tangan putrinya. Saat Jang Ji-Sung merasakan sensasi bersentuhan dengan sang putri, air mata kerinduan mengalir di wajahnya. Mereka juga terlihat menghabiskan kebersamaan dengan memetik bunga, berfoto, hingga merayakan ulang tahun Na-Yeon lengkap dengan pernak-pernik virtual lainnya.

Proyek ini jelas merepresentasikan teknologi VR yang semakin berkembang. Lee Hyun-Suk selaku Direktur VIVE Studios yang memimpin proyek ini mengatakan bahwa kebanyakan orang menduga teknologi merupakan sesuatu yang kaku atau dingin. Namun, terobosan ini membuka pandangan bahwa teknologi dapat menjadi sesuatu yang menghangatkan hati banyak orang. Penasaran bagaimana reaksi Jang Ji-Sung bertemu dengan Na-Yeon sang putri terkasih? Berikut videonya untukmu!

Baca Juga: Cikal Bakal Headset Virtual Reality (VR)

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lukman M. Ardiansyah

Lukman M. Ardiansyah

2 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed