Docotel Official Blog

Uji Coba Penerbitan SIM Registrasi Online

Docotel Group yang merupakan partner dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Korps. Lalu Lintas Polri melakukan uji coba mekanisme penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan registrasi online. Uji coba registrasi SIM online dilaksanakan di kantor Satpas Polrestabes Manado pada Senin, 23 Juli 2018.

Gambar 1.1 Uji coba Penerbitan SIM Registrasi Online

Dalam penerbitan SIM online ini pemohon harus mengikuti mekanisme SIM registrasi online terlebih dahulu. Untuk pendaftaran SIM registarsi online dapat dilakukan sendiri oleh pemohon dan mengisi form pendaftaran. Setelah itu, pemohon bisa mengisi data permohonan, data pribadi, serta data kebutuhan untuk registarsi online. Data yang telah diinputkan ke sistem akan dilakukan uji coba terlebih dahulu, hasilnya lulus dan tidak lulus. Pemohon yang dinyatakan lulus langsung melakukan pembayaran lewat fasilitas yang disediakan, seperti teller, ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Sementara itu, pemohon yang tidak dinyatakan lulus bisa mengambil pengembalian biaya registrasi SIM online yang sudah dibayarakan lewat teller BNI atau fasilitas lainnya.

Gambar 1.2 Uji Coba Penerbitan SIM Registrasi Online

Sistem SIM registrasi online berbasis web memberikan banyak manfaat bagi pemohon dibandingkan proses pengajuan manual, berupa kemudahan mengakses sistem SIM registarsi online tanpa batasan waktu, real time, tidak harus mengantre saat registrasi, dan tidak perlu repot membawa dokumen. Sistem ini juga memberikan kemudahan saat melakukan pembayaran, karena dapat dibayarkan di seluruh channel Bank BNI dan bank lainnya yang tergabung dalam jaringan link, prima, juga ATM Bersama.

Gambar 1.3 Uji Coba Penerbitan SIM Registrasi Online

Di lain sisi, sistem SIM registarsi online juga memberikan kemudahan bagi Polri karena dilengkapi Dasborad laporan penerimaan data secara real time, dapat menunjukkan data statistik secara online, serta dapat melihat data pemohon secara visual baik yang sudah melakukan pengajuan SIM Registarsi online atau yang sedang dalam proses pengajuan dari berbagai wilayah di Indonesia. Keren!

Gambar 1.4 Uji Coba Penerbitan SIM Registrasi Online

Kita berharap sistem ini bisa segera hadir di tengah-tengah masyarkat Indonesia, mengingat Sistem SIM Registarsi Online membawa banyak kemudahan, bagi pemohon khususnya. Semoga!

yopi saputra

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed