Docotel Official Blog
TV Analog Docotel

TV Analog dan Anak Era 90an

Pada hari Rabu tanggal 3 November kemarin, stasiun televisi di Indonesia melakukan switch off siaran TV analog. Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off atau ASO ini sempat menjadi tranding topik di masyarakat. Ada masyarakat yang pro dengan kebijakan tersebut ada juga yang kontra. Alasan penerapan ASO ini dikarenakan agar masyarakat dapat menikmasti siaran yang lebih baik dengan gambar dan suara yang lebih jelas dan bersih. Pindahnya siaran tv analog ke teknologi digital maka bisa membuat efisiensi sumber daya alam bernama spektrum frekuensi radio untuk kepentingan pendidikan kesehatan dan lain-lain. Selain itu dengan menggunakan TV digital membuat peluang untuk isi konten dan siaran di setiap daerah menjadi bertambah.

Dari berbagai manfaat dari ASO ke digital ada juga kontra di masyarakat, hal ini dikarenakan banyak masyarakat pengguna tv analog merupakan kalangan menengah ke bawah sehingga mereka tidak memiliki persiapan menyambut ASO tersebut. Kurangnya pengetahuan dan tidak adanya alat yang memadai untuk menunjang peralihan tv analog ke digital membuat sebagian masyarakat menjadi kebingungan.

Dibalik setiap pro dan kontra tv analog yang telah menemani masyarakat selama puluhan tahun tentu memiliki kenangan tersendiri. Dikutip dalam artikel merdeka.com masyarakat merasa terharu bahkan merinding melihat detik-detik TV analog dimatikan.

Sebenarnya kenangan seperti apa sih yang dimiliki oleh masyarakat dengan tv analog terutama bagi generasi 90an?

No signal

TV Analog Docotel

Bagi generasi saat ini siaran televisi sudah 24 jam, mereka tidak akan tahu bahwa dulu tidak ada siaran malam atau subuh. Banyak generasi 90an yang di pagi hari menunggu siaran awal televisi di hari tersebut dengan menonton logo no signal di tv mereka.

Kaki pengganti remot

Pada era 90an dan awal 2000 ketika remot rusak daripada membeli yang baru masyarakat lebih memilih menggunakan tombol yang ada di televisi untuk mengganti siaran. Alih-alih memencet menggunakan tangan seringkali generasi 90an memilih mengganti chanel menggunakan kaki sambil rebahan.

Solusi bersemut dengan di ketok

TV Analog Docotel

Bapak-bapak pada era 90an pasti sering mengalami tv mereka tidak jelas atau istilahnya semutan. Solusi ketika tv semutan biasanya dengan mengetok atas layar atau pada tabung tv hingga jernih lagi. Uniknya solusi tersebut benar dapat membuat tv menjadi jernih kembali.

Dunia dalam Berita

Acara televisi dulu tidak sevariatif sekarang, salah satu dari acara televisi masa lalu adalah Dunia dalam Berita. Acara televisi Dunia dalam Berita merupakan siaran televisi dari chanel TVRI yang menjadi salah satu acara yang menghibur masyarakat era 90an.

Baca Juga: Sudah Melakukan Diet Gadget tapi Masih Kecanduan Gadget?

Tentang Docotel

Docotel 4.0 terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi dibidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

 

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed