Docotel Official Blog
docotel diet gadget

Sudah Melakukan Diet Gadget tapi Masih Kecanduan Gadget?

Pada saat ini, hampir seluruh aktivitas manusia bersinggungan dengan gawai, khususnya smartphone. Mulai dari A sampai Z, dari kita membuka mata sampai waktu tidur malam, semua dapat berjalan lancar dengan dukungan aplikasi-aplikasi yang ada ditelepon pintar yang kita miliki.

Tidak dapat dipungkiri, hadirnya teknologi berdampak positif terhadap kehidupan manusia.

Berbagai macam aplikasi yang ada dalam layar dan fitur penunjang lainnya dapat mempermudah pekerjaan serta meningkatkan kualitas hidup. Contohnya seperti aplikasi kalkulator yang mempermudah kita dalam berhitung atau fitur kamera canggih yang hampir ada disetiap ponsel. Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat menunjang kualitas hidup, seperti aplikasi penghitung langkah serta pencatat siklus menstruasi yang dapat memonitor kesehatan penggunanya. Belum lagi permainan online yang bisa jadi sarana hiburan dimanapun dan kapanpun.

Dilain sisi, intensitas paparan terhadap gawai yang terlalu berlebihan juga berdampak negatif bahkan berujung candu. Kecanduan gadget membawa efek buruk lain terhadap fisik, sosial, hingga psikis seseorang. Untuk itu, perlu adanya diet gadget agar kita tetap dapat mengontrol penggunaan gawai sehingga manfaatnya saja yang didapat. Lalu, bagaimana cara memulainya?. Menghentikan langsung penggunaan gawai sangat tidak dianjurkan. Seperti kecanduan terhadap sesuatu pada umumnya, kita bisa mulai perlahan dari hal yang paling sederhana. Mulailah dihari libur, apalagi jika pekerjaan kita berkait dengan gawai. Saat proses diet tersebut beberapa hal dapat dilakukan, seperti:

1. Matikan gawai

docotel matikan gadget

credit by : unsplash

Mematikan gawai adalah hal yang paling efektif. Mulai sedikit demi sedikit jika terlalu sulit. Misalkan, matikan smartphone satu jam di malam hari. Jika sudah mulai terbiasa, bisa kita tingkatkan durasinya hingga kita memiliki “No Gadget day” sehari dalam seminggu.

2. Tinggalkan gawai ditempat tertentu

docotel diet gadget

credit by : unsplash

Beberapa tempat privasi seperti kamar mandi maupun kamar tidur bisa menjadi tempat tanpa gawai yang akan mendukung program diet gadget kita. Banyak dari kita yang menggunakan gawai hingga diatas kasur bahkan di kamar mandi. Jadikan waktu istirahat kita dikamar menjadi berkualitas tanpa adanya distraksi dari gadget. Cobalah untuk mengganti dengan kegiatan lain untuk mengalihkan perhatian, seperti membaca buku atau pillow talk jika sudah memiliki pasangan.

3. Lakukan aktivitas lain

docotel liburan

credit by : unsplash

Banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan tanpa gadget. Rencanakan liburan ke pedesaan atau pulau untuk menikmati keindahannya. Stop untuk berfoto ataupun sibuk mengunggah momen liburan ke media sosial. Nikmati setiap detail perjalanannya. Bertemu penduduk setempat, mencicipi makanan khas daerah tersebut, mencoba serta mempelajari hal baru selama perjalanan akan terasa lebih menyenangkan jika kita menikmatinya. Selain itu, bermain bersama keluarga juga bisa menjadi alternatif kegiatan untuk mengalihkan kita dari penggunaan gadget yang berlebih. Keluarkan lagi boargame masa kecil, main bersama keluarga dirumah. Tertawa bersama saat bermain membuat kita lupa sejenak dengan gadget. Bonusnya, hubungan keluarga akan menjadi lebih erat.

4. Gunakan hal lain pengganti aplikasi

docotel menulis

credit by : unsplash

Gadget khususnya smartphone memang serba lengkap, apapun yang kita butuhkan hampir semua bisa kita temukan disana. Tapi, beberapa hal sebenarnya bisa lebih menarik jika pengerjaannya tidak selalu memakai gadget. Misalnya saja, kita bisa melihat waktu melalui jam tangan favorit alih-alih melalui smartphone. Kita juga bisa mencatat dibuku catatan daripada mencatat diaplikasi pencacatan.

5. Refleksikan setiap progress

docotel refleksi

credit by : unsplash

Sering kali kita tidak menyadari pencapaian-pencapaian kecil dalam kehidupan kita termasuk dalam menjalani diet gadget ini. Berilah waktu untuk diri agar bisa berefleksi tentang hal-hal yang berhasil dilalui sekecil apapun itu. Berhasil ke kamar mandi tanpa membawa gawai, bisa bertahan mematikan smartphone selama satu jam, dan langkah kecil lainnya merupakan awal untuk memulai sesuatu yang besar kedepannya. Melalui refleksi kita bisa menentukan goal selanjutnya yang akan dicapai dalam diet gadget. Proses setingkat lebih sulit dari sebelumnya akan kita hadapi hingga kita mencapai tujuan akhir yaitu berhasil mengontrol penggunaan gadget dan terbebas dari kecanduan gadget. Diet gadget akan butuh waktu jadi kita harus bersabar melakukannya. Jalani perlahan dan nikmati prosesnya sehingga kamu bisa lebih memaknai tujuan diet gadget. Konsistensi juga menjadi kunci keberhasilan diet gadget.

Baca Juga : Masker Buatan Jepang ini Bisa Terhubung Ke Smartphone

Tentang Docotel

Docotel 4.0 terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi dibidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Dedy Surya

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed