Docotel Official Blog
docotel official blog_Masker Buatan Jepang ini Bisa Terhubung Ke Smartphone

Masker Buatan Jepang ini Bisa Terhubung Ke Smartphone

Donut Robotics, sebuah startup di Jepang telah menciptakan teknologi masker yang bisa terhubung dengan smartphone. Dijuluki C-mask, perangkat masker yang terhubung dengan smartphone ini sekilas terlihat seperti masker pada umumnya. Namun, yang membuat spesial, masker ini dapat terhubung ke aplikasi smartphone dan tablet melalui bluetooth. Pengguna dapat menggunakan masker ini untuk menyalin ucapan menjadi pesan teks. Tak hanya itu, C-mask bahkan mampu menerjemahkan bahasa Jepang ke delapan bahasa lain. Lebih canggih lagi, C-mask dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan memperkuat suara pengguna agar terdengar lebih keras saat menggunakan masker.

Awalnya, Donut Robotics ingin membantu perusahaan dan para pegawai yang mempunyai mobilitas tinggi agar tetap terlindungi dari COVID-19 saat harus kembali bekerja. “Kami bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan sebuah robot, dan kami menggunakan teknologi tersebut untuk menciptakan produk sebagai respons terhadap virus corona yang membentuk kehidupan sosial baru,” ungkap Taisuke Ono, Chief Executive of Donut Robotics kepada Reuters. Jepang akan menjadi pasar pertama untuk target 5000 penjualan C-mask yang dimulai pada September 2020 dengan harga 3.980 yen Jepang atau sekitar 552.000 rupiah per bijinya. Donuts Robotics juga menargetkan penjualan C-mask di Amerika Serikat, Eropa dan Cina, di mana perkiraan penyebaran virus gelombang kedua menjadi kekhawatiran besar yang akan mengubah kondisi sosial dan ekonomi di negara-negara tersebut.

docotel official blog - Masker Buatan Jepang ini Bisa Terhubung Ke Smartphone
Desain C-mask, property of Reuters Japan

Desain C-mask dibuat oleh Shunsuke Fujiyama, dengan didasari pengembangan teknologi speech recognition yang telah dibuatnya sejak 2016 untuk menerjemahkan percakapan dengan memetakan otot wajah. Desain ini kemudian dilirik oleh Donut Robotics dan digabungkan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang juga telah dikembangkan sejak lama. Bagi Donut Robotics, fitur pengiriman pesan dan penerjemahan bahasa hanyalah awal dari pengembangan teknologi C-mask berikutnya. Dalam waktu dekat, C-mask akan diberikan fitur untuk menyalin atau membuat catatan, dan ke depannya Donut Robotics akan mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk disematkan juga ke dalam C-mask.

Bantu Masyarakat Meminimalkan Kontak dengan Smartphone

Di era physical and social distancing ini, WHO menyarankan masyarakat untuk mengurangi kontak fisik, termasuk dengan smartphone. Smartphone yang selalu dibawa kemana-mana saat berpergian sangat rentan terpapar virus dan bakteri. C-mask dapat membantu mengurangi kontak fisik saat menggunakan smartphone. Dengan menggunakan Bluetooth, masker pintar ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin berbicara, menulis pesan, atau melakukan panggilan tanpa perlu memegang smartphone secara langsung atau mendekatkannya pada wajah. Singkatnya, masker ini memungkinkan pengguna menggunakan ponsel tanpa harus melepas masker dari wajah untuk mengurangi risiko terpapar virus corona.

docotel official blog - Masker Buatan Jepang ini Bisa Terhubung Ke Smartphone
Fitur C-mask, property of Reuters Japan

Taesuki Ono mengambil sebuah keputusan hebat dengan menjual saham Donut Robotics melalui situs crowdfunding Jepang Fundinno untuk mengembangkan C-mask di tengah krisis ekonomi global akibat COVID-19. Hal ini menunjukkan bahwa Ono memiliki komitme besar untuk menjaga keselamatan masyarakat dunia yang harus tetap bertahan dan bekerja di tengah pandemi.

C-mask dapat menjadi pilihan jika pengguna tidak ingin terpapar virus karena tidak harus menyentuh layar ponsel. Misalnya, ketika harus mengangkat telepon dari atasan yang tiba-tiba melakukan panggilan rapat via video conference, atau saat ingin membalas pesan Whatsapp dari keluarga untuk segera pulang seusai bekerja.

Donut Robotics tentu tidak memaksa siapa pun untuk membeli C-mask, tetapi bagi masyarakat yang rindu kebebasan untuk tetap terhubung dengan sanak saudara atau teman tanpa takut risiko penyebaran COVID-19 melalui tangan, C-mask adalah sebuah perangkat yang menarik.

Baca Juga: Elto: Si Lidah Elektronik yang Bantu Deteksi Kandungan pada Makanan

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed