Docotel Official Blog
Produk D’Health "Naik Daun", Tim HIS Dikunjungi Rekan-rekan Rumah Sakit Medan dan Purwakarta

Produk D’Health “Naik Daun”, Tim HIS Dikunjungi Rekan-rekan Rumah Sakit Medan dan Purwakarta

Kemunculan smart hospital di dunia kesehatan memperkuat bukti bahwa teknologi terus mengalami perkembangan. Di Indonesia, smart hospital terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang dapat membantu pihak rumah sakit dalam memberikan layanan yang lebih efektif. Salah satu produk dari teknologi smart hospital yaitu D’Health, sebuah SIMRS besutan Divisi Health Information System (HIS) Docotel Group.

Pengaplikasian D’Health di beberapa rumah sakit di Indonesia menarik manajemen RS Grandmed Medan dan RS Bunda Fathia Purwakarta untuk melakukan kunjungan ke kantor cabang Divisi HIS yang berlokasi di Docotel Bandung pada Minggu (18/8). Pada kegiatan ini, rekan-rekan RS Grandmed Medan dan RS Bunda Fathia Purwakarta menerima pemaparan tim HIS mengenai siklus pasien rawat jalan dan rawat inap serta bagaimana proses penerapan SIMRS di rumah sakit.

Produk D’Health "Naik Daun", Tim HIS Dikunjungi Rekan-rekan Rumah Sakit Medan dan Purwakarta 1

Agenda kunjungan berlangsung selama satu hari bagi rekan-rekan RS Bunda Fathia Purwakarta. Sedangkan, kunjungan rekan-rekan RS Granmed Medan yang terdiri dari dr. Arif Sujatmiko selaku Direktur RS Grandmed, dr. Ferdinand Dermawan Sembiring selaku Direktur Keuangan RS Grandmed, Davit Lubis selaku Kepala IT RS Grandmed, dan dr. Bambang Sumantri sebagai penanggungjawab BPJS berlangsung hingga Selasa (20/8).

Pada kesempatan ini, RS Grandmed Medan juga berkunjung ke RSUD Cibabat, Cimahi yang telah menerapkan SIMRS terlebih dahulu. Melalui live demo, tim HIS menjelaskan setiap detail yang terintegrasi dalam SIMRS, mulai dari sistem antrean, pendaftaran, poliklinik atau dokter, serta proses peresepan hingga pasien menerima obat sesuai hasil pemeriksaan dokter. Seluruh proses tersebut mencakup sistem e-medical dan e-CPPT (elektronik-Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi).

Produk D’Health "Naik Daun", Tim HIS Dikunjungi Rekan-rekan Rumah Sakit Medan dan Purwakarta 2

Setelah pasien berhasil melalui seluruh tahapan proses pemeriksaan tersebut, SIMRS akan secara otomatis mencatat dan menampilkan billing yang diunggah secara real-time ke sistem manajemen rumah sakit yang bersangkutan sehingga rumah sakit tidak perlu lagi memasukkan (input) data pembayaran pasien secara manual.

Selain menerima kunjungan dari RS Grandmed Medan dan RS Bunda Fathia Purwakarta, pada 14-16 Agustus, BNI selaku mitra kerja HIS juga mengundang Aldy Rahman, EVP HIS untuk berkunjung ke RSUD Jayapura guna mempresentasikan tentang revitalisasi dan implementasi SIMRS di Jayapura. Pada kesempatan tersebut, Aldy Rahman juga menampilkan live demo dari D’Health untuk penerapan SIMRS.

Setelah menerima dan menjalani beberapa kunjungan, Divisi HIS berharap Docotel sebagai pemilik SIMRS dapat menjalin kerja sama yang semakin baik dengan mitra dan pihak-pihak rumah sakit di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat ini, Docotel Bandung juga akan menerima kunjungan dari RS Kramat 128 dan RS Leuwi Liang.

Docotel akan terus menjawab tantangan rumah sakit Indonesia di era industri 4.0 dalam rangka pengembangan SIMRS yang lebih efektif dan efisien guna menjadi solusi bagi konsumen dan manajemen rumah sakit yang selalu menginginkan pelayanan yang lebih baik.

Ikuti terus keseruan event-event yang akan datang di semua media sosial dan blog Docotel, ya!

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed