Docotel Official Blog
Kantongi Sertifikasi PCI DSS, PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) Terbukti Menjaga Keamanan Data Customer

Kantongi Sertifikasi PCI DSS, PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) Terbukti Menjaga Keamanan Data Customer

PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) telah terbukti menjadi perusahaan yang aman dan andal dalam menjaga keamanan privasi data customer. Apa buktinya? Pada Rabu (14/08/19) SPE secara resmi mengantongi sertifikat atau lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang diserahkan langsung oleh Suresh Dadlani, CEO Control Case kepada Rico Simarmata, CEO SPE. Prestasi ini sangat membanggakan mengingat dalam kurun waktu dua tahun SPE mampu memenuhi berbagai persyaratan serta standar yang ditetapkan secara internasional.

PCI DSS adalah sebuah standar keamanan data pemegang kartu, baik kartu kredit, ATM, debit, maupun e-money. Tujuan utama lisensi ini untuk melindungi data akun, khususnya untuk aplikasi dan infrastruktur yang di dalamnya terdapat entitas yang memproses, menyimpan, atau mengirimkan data pemegang kartu atau data otentikasi sensitif, seperti PAN, PIN, dan CVV pada kartu kredit dan debit. Sertifikasi PCI DSS dipelopori oleh lima jaringan pembayaran internasional, yakni American Express, Discover, JCB, Mastercard, dan Visa.

Rini Hardianty, IT Compliance Office PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) mengungkapkan bahwa data customer menjadi fokus utama perusahaan. SPE mulai secara khusus berupaya memenuhi setiap syarat yang ditetapkan untuk meraih PCI DSS sejak Agustus 2018 hingga Juni 2019. Dua belas syarat yang harus dipenuhi tersebut yaitu Firewall Management, Vendor Default Controls, Data Protection, Data Transmission Encryption, Anti-Virus Controls, System & Application Security, Data Access Controls, Personal Access Controls, Physical Access Controls, Data & Network Access Controls, Security Testing, dan Information Security Policy. Keduabelas persyaratan ini terbagi ke dalam 96 pertanyaan turunan. Dari pertanyaan yang diajukan tersebut, PT SPE harus mengumpulkan jawaban berupa bukti (evidence) bahwa PT SPE telah berhasil menjalankan setiap syarat.

Dengan memperoleh sertifikat PCI DSS, PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) akan terus berkomitmen memelihara keamanan data pelanggan. Setiap tahun SPE akan melakukan pengajuan sertifikasi kembali terkait masa berlaku sertifikat yang terbatas hanya satu tahun. SPE juga akan terus patuh terhadap dua belas nilai/syarat yang telah ditetapkan untuk menghindari segala kemungkinan penipuan (fraud) atau pembajakan terhadap sistem keamanan perusahaan.

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed