Docotel Official Blog
JFT 1

JFT

JFT merupakan singkatan dari Jabatan Fungsional Tertentu. JFT adalah aplikasi yang digunakan untuk penyuluh hukum melakukan agenda kegiatan yang dapat meningkatkan angka kredit. Angka kredit itu berfungsi untuk meningkatkan pangkat atau jabatan penyuluh hukum itu sendiri. Apasih penyuluh hukum? Penyuluh hukum adalah orang atau dalam hal ini PNS yang melakukan penyuluhan hukum.

JFT 2
Login Aplikasi
JFT 3
Form Registrasi

Cara kerja dari aplikasi ini adalah ketika PNS atau penyuluh hukum sudah melakukan registrasi, kemudian ia bisa melakukan input data kegiatan yang sudah mereka lakukan dan telah melengkapi semua syarat dan ketentuan, maka profilnya akan ada di halaman aplikasi website. Kegiatan yang mereka input jika sesuai persyaratan juga akan mendapatkan poin. Poin tersebut nantinya akan menjadi angka kredit dan angka kredit inilah yang berguna  untuk kenaikan pangkat.

Dalam proses pengerjaannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Kesesuaian data. Kesesuaian data ini penting Karena harus mapping data jabatan penyuluh hukum, agar sama dengan persyaratan di buku panduan atau pedoman JFT.
  2. Perhitungan angka kredit.
  3. Alur stepnya juga harus benar dari awal hingga akhir. Mulai dari perancangan registrasinya kemudian sampai mereka dapat poin untuk mendapatkan angka kredit, setiap stepnya harus benar.
  4. Pengerjaan modul agenda, karena terdapat banyak persyaratan.

Dengan tingkat kesulitan yang lumayan sulit, aplikasi ini berhasil dikerjakan dalam waktu kurang lebih 2 bulan. Dalam waktu 2 bulan, gimana yaa perasaan orang-orang yang berada di belakang layarnya?

Programmer “Buat Saya, nambah ilmu pastinya dan kalo ngomongin kesulitan, project ini tingkat kesulitannya lumayan sulit”.

QA “Emm, apa ya.. seru si pokonya nambah pengalaman buat project kaya gini, kalo yang sekarang belum gimana-gimana, soalnya baru mau mulai lagi juga kan yang pengembangannya”.

Saat ini sedang berjalan proses pengembangan aplikasi, semoga aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Semangat untuk semuanya, yeaa!

Website: http://luhkum.bphn.go.id/

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed