Docotel Official Blog
Peta Akses Keadilan 5

Peta Akses Keadilan

Peta akses keadilan merupakan website mengenai informasi persebaran bantuan hukum yang terdiri dari penyuluhan hukum, kelompok sadar hukum, desa sadar hukum, organisasi bantuan hukum, rutan atau tahanan, jumlah penduduk dengan pendapatan rendah, data kepolisian dan data kanwil yang ada diseluruh Indonesia.

Peta Akses Keadilan 6
Lokasi persebaran bantuan hukum

Website ini menjelaskan informasi persebaran kelompok atau organisasi bantuan hukum diseluruh Indonesia yang dituangkan ke dalam konsep peta untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum. Website ini berfungsi untuk menunjukkan lokasi persebaran bantuan hukum. Di website ini, masyarakat dapat melihat tampilan peta wilayah yang sudah dipetakan setiap wilayahnya untuk memudahkan melihat persebaran data diseluruh wilayah Indonesia.

Peta Akses Keadilan 7
Tabel keterangan tempat serta nama kelompok atau organisasi bantuan hukum

Dalam proses pengerjaannya, projek ini bisa dibilang cukup sulit karena harus memetakan data menggunakan peta, serta sulit dalam pengolahan data persebaran karena terbagi menjadi beberapa kelompok. Jadi, prosesnya adalah dari data persebaran kemudian diolah berdasarkan kelompok, barulah dipetakan ke dalam peta wilayah. Hal tersebut menjadi hal-hal yang harus diperhatikan sekaligus menjadi rintangan tersendiri dalam pengerjaannya.

Berbagai rintangan yang dihadapi berhasil dilewatkan, projek ini berhasil dikerjakan selama kurang lebih 2 bulan. Dalam mengerjakan projek ini, banyak pengalaman yang didapatkan,

Leader Programmer “Menurut saya ini adalah pengalaman baru untuk membuat project seperti ini, terutama bagi para programmer. Dan ternyata keberadaan data itu sangat penting bagi masyarakat umum. Ini semua sangat seru!”.

Programmer “Pengalaman dari ngerjain ini tu, jadi tahu soal bantuan hukum, terus aplikasi ini kan pakai google maps buat sarana informasinya, jadi ilmu yang Saya dapetin tu bagus”.

Di era transparansi data seperti saat ini, semoga website ini dapat memperjelas serta memberikan tambahan informasi kepada masyarakat mengenai wilayah mana saja yang terdapat kelompok  atau organisasi bantuan hukum.

Website: http://adil.bphn.go.id/

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement