Docotel Official Blog
Berbagi Kebaikan Dengan Doco Donor 2017! 1

Berbagi Kebaikan Dengan Doco Donor 2017!

Halo, troops!

Wah, bapak dan ibu dari PMI sudah datang!

Tahukah kamu? Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia mencapai sekitar 5,1 juta kantung darah setiap tahunnya. Namun, saat ini hanya sekitar 4,1 kantung darah yang terkumpul dari 3,4 juta orang dan sebanyak 86% diantaranya berasal dari donatur sukarela. Itu artinya, kebutuhan darah di Indonesia masih belum tercukupi.

Oleh karena itu, pada tanggal 22 September 2017 Docotel bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta mengadakan kegiatan donor darah untuk para Troops.

Seperti tahun sebelumnya, kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Doco Joglo. Sejak jam 9 pagi, ruang kerja bawah “disulap” menjadi lokasi donor darah. Jadi, yang kerja dibawah digusur dulu ya 😀

Ruang kerja bawah pun disulap menjadi tempat donor darahRuang kerja bawah pun disulap menjadi tempat donor darah

Nah,jam 9.30 pagi para peserta donor mulai berdatangan ke lokasi. Bukan hanya dari Doco Joglo aja, peserta yang akan menjadi pendonor datang dari seluruh Doco Jakarta. Terlihat banyak troops yang datang dan ikut berpartisipasi. Doco Troops emang paling keren deh! Salut!

Sebelum menjadi pendonor, troops diminta untuk mengisi formulir yang berisi data diri dan pertanyaan tentang kesehatan calon pendonor terlebih dahulu. Formuir ini bertujuan untuk mengetahui bisa atau tidaknya kamu berpartisipasi menjadi pendonor.

Sebelum menjadi pendonor, ada beberapa tahap yang harus dilakukan calon pendonor.Sebelum menjadi pendonor, ada beberapa tahap yang harus dilakukan calon pendonor.

Setelah selesai mengisi data, troops akan menjalani rangkaian tes sebelum menjadi pendonor. Diantaranya pengukuran berat badan, tes untuk mengetahui golongan darah, kadar haemoglobil(HB), dan lain-lainnya.

Setelah seluruh tahapan tes kesehatan dilewati, troops yang lolos menjadi pendonor bisa langsung mendonorkan darahnya. Proses donor darah ini memakan waktu kurang lebih 10 menit.

Inilah beberapa Troops yang mengikuti donor darah. Kalian keren!Inilah beberapa Troops yang mengikuti donor darah. Kalian keren!

Terima kasih untuk seluruh Troops yang telah bersedia menjadi pendonorTerima kasih untuk seluruh Troops yang telah bersedia menjadi pendonor

Karena diadakan pada hari Jum’at dan bertepatan dengan salat Jum’at, kegiatan ini hanya berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam. Dari jam 9.00 hingga 11.30.

Bagi troops yang baru mendonorkan darahnya, disarankan untuk beristirahat dulu sebelum mulai bekerja, tapi jangan seharian penuh istirahatnya ya! 😀

Yang harus kamu ketahui:

Dengan donor darah, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Selain bermanfaat untuk si penerima donor, yang mendonorkan darah juga mendapat manfaat yang luar biasa, diantaranya:

  • Menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah

Donor darah dapat membantu memperlancar aliran darah dan menghindari penyumbatan arteri. Dengan mendonorkan darah, kamu juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 88%.

  • Meningkatkan sel darah merah

Saat melakukan donor darah, sel darah merah di tubuh kamu akan berkurang. Tapi jangan takut, tubuh kamu akan secara otomatis memproduksi sel darah merah baru untuk menggatkan darah yang hilang.

  • Mengurangi resiko kanker

Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat kamu melakukan donor darah dapat mengurangi resiko terkena kanker.

  • Mendeteksi penyakit serius

Setiap kamu akan melakukan donordarah, kamu akan melalui serangkaian pemeriksaan dasar kesehatan. Selain itu kamu juga diminta untuk menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi adanya penyakit seperti HIV, hepatitis, sipilis dan malaria.

  • Menjadikan kamu pahlawan

Dengan mendonorkan darah, itu artinya kamu sudah berbagi dan menyelamatkan nyawa orang-orang yang sedang membutuhkan pertolongan seperti korban kecelakaan, orang sakit dan orang yang menjalani operasi besar.

Troops yang sudah menjadi pendonor langsung diberikan sertifikat oleh DocotelTroops yang sudah menjadi pendonor langsung diberikan sertifikat oleh Docotel

Selesai sudah rangkaian acara Doco Donor 2017. Docotel mengucapkan terima kasih untuk seluruh Troops yang telah berpartisipasi dan bersedia menjadi pendonor. Semoga kebaikan dan kesehatan akan selalu menyertai kalian!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement