Docotel Official Blog
Docotel Official Blog_Manfaatkan Aplikasi ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Aman

Manfaatkan Aplikasi ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Aman

“Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil dapat menenggelamkan kapal besar.” Ungkapan tersebut pernah dilontarkan oleh Bapak Pendiri negara Amerika Serikat, Benjamin Franklin. Ini seakan menyentil kita untuk bijak, tidak boros dalam membelanjakan uang, dan selalu memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam mengawasi arus kas adalah dengan membuat catatan keuangan harian dan anggaran keuangan.

Namun, bagi sebagian orang menulis pengeluaran mungkin menjadi kegiatan yang merepotkan. Apalagi kalau sudah lupa ke mana saja uang itu pergi, pasti semakin malas untuk mencatatnya, bukan? Beruntungnya, kita hidup di era digital yang memudahkan untuk merencanakan anggaran dan mencatat pengeluaran melalui beragam aplikasi manajemen keuangan yang dapat ditemukan di smartphone. Dengan aplikasi pengatur keuangan kita juga mendukung metode paperless.

Nah, supaya lebih jelas, berikut rekomendasi beberapa aplikasi manajemen keuangan yang bisa diunduh dan digunakan di ponsel pintar kesayanganmu!

1. Aplikasi Wallet – Money Budget, Finance & Expense Tracker
Docotel Official Blog_Manfaatkan Aplikasi ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Aman
Sumber: budgetbakers.com

Wallet adalah aplikasi pengatur keuangan yang dapat diunduh di sistem operasi berbasis Android, iOS, dan WebApp. Aplikasi besutan BudgetBarker ini hadir dengan tampilan grafik dan berbagai menu pilihan yang simpel atau user friendly. Lalu, menu apa saja yang tersemat pada Wallet?

Dengan kapasitas 23 MB, Wallet menawarkan menu beserta fitur-fitur unggulan, di antaranya pencatatan transaksi secara manual dan perencanaan anggaran yang didukung dengan fitur pengingat. Wallet akan memberi informasi jika pengeluaran kita telah mendekati atau melebihi target anggaran. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mencatat pengeluaran berdasarkan kategori mulai dari hiburan, transportasi, makan dan minum, hingga kesehatan.

Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 136 ribu kali ini rupanya memiliki versi premium yang dilengkapi fitur sinkronisasi akun online banking. Berkolaborasi dengan penyedia keuangan global bersetifikasi ISO 27001, Salt Egde, fitur tersebut akan terhubung dengan sekitar 4.000 lembaga keuangan di lebih dari 60 negara seperti Bank Danamon, BCA, dan Mandiri. Melalui sinkronisasi ini transaksi akan terekam secara otomatis, kita juga bisa mengimpor data transaksi atau rekening ke file CSV atau Excel.

Bagaimana dengan keamanan data pada Wallet? Aman! Meski kita membeli versi premium dan menyelaraskan aplikasi dengan rekening bank, data bisa diakses dengan mode read-only dan uang yang tersimpan di bank akan tetap aman. Dilansir dari Finder.com, Wallet tidak akan menjual atau menyebarkan data ke pihak ketiga, kecuali jika diperlukan untuk mengatasi suatu masalah dalam aplikasi. Sederhananya, BudgetBarker dapat memberikan data kita ke perusahaan penyedia server yang membuat aplikasi berfungsi, tapi tidak akan menjual data pengguna. Guna melindungi data, Wallet dipasang dengan pengatur keamanan PIN dan teknologi sidik jari sehingga jika ponselmu dicuri atau hilang maka data keuangan masih tetap terjaga.

2. Aplikasi Money Manager Expense & Budgeting
Manfaatkan Aplikasi ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Aman 1
Sumber: realbyteapps.com

Dikembangkan oleh Realbyte Inc., Money Manager Expense & Budgeting adalah aplikasi personal keuangan yang efektif dalam melacak pendapatan dan pengeluaran. Aplikasi dengan ukuran 14 MB tersebut menyematkan beragam fitur di dalamnya, mulai dari penyimpan foto atau kuitansi, calendar visual, hingga pembuatan anggaran untuk investasi atau tabungan. Selain itu, kita juga disuguhi tampilan grafiknya yang dirancang cantik, sederhana, dan mudah dipahami. Wah, cocok nih jadi calon mantu.. Hehehe

Memang tidak dapat disangkal, User Interface (UI) dari aplikasi ini rapi dan mudah dioperasikan. Ada tiga menu utama dalam Money Manager, yaitu Transaction Tab, Stats Tab, dan Accounts Tab. Pada label Transaksi, kita bisa dengan mudah memasukkan pengeluaran dan pendapatan atau melakukan transfer antarakun. Di Stats Tab, pengeluaran dan pendapatan akan dianalisis berdasarkan kategori menggunakan diagram lingkaran dan garis. Sementara pada catatan Akun akan ditampilkan total aset, jumlah bersih, dan perubahan perbulan dalam grafik batang. 

Money Manager menerapkan sistem akuntasi double-entry yang bisa terhubung ke tiga akun, yaitu rekening, kartu pembayaran, dan tunai. Kita dibebaskan untuk menambah atau mengedit akun, pengeluaran, dan sumber pendapatan melalui Pengaturan. Lebih dari 214 ribu pengguna ponsel pintar telah mengunduh aplikasi yang ternyata sanggup melakukan back-up data pada Google Drive atau melalui e-mail ini.

Soal keamanan, jangan diragukan! Kita bisa mengatur kata sandi untuk menjaga kerahasiaan data keuangan. Tidak hanya itu, Money Manager juga menyediakan versi berbayar, dengan begitu kita bisa menjalankan aplikasi lewat PC, menambah jumlah akun, dan akan terbebas dari tampilan iklan yang sering menghantui. Di awal “PDKT” dengan aplikasi ini mungkin agak rumit, tapi lama-lama kita akan terbiasa dan sangat mudah untuk menaklukkannya.

3. Aplikasi Keuangan Finansialku
Manfaatkan Aplikasi ini untuk Kondisi Keuangan yang Lebih Aman 2
Sumber: finansialku.com

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini merupakan buah karya anak bangsa. Finansialku kini baru bisa diunduh lewat Google Play Store. Finansialku membantu kita dalam membuat anggaran dan laporan, mencatat keuangan, dan mengelola investasi.  Tidak seperti aplikasi keuangan pada umumnya, Finansialku memiliki misi membantu mewujudkan tujuan keuangan dengan edukasi dan perencanaan keuangan. Jadi, melalui aplikasi ini kita akan memperoleh tips tentang keuangan juga, lho!

Terdapat berbagai hal menarik yang bisa kita lakukan di aplikasi ini, seperti menyantumkan foto dan lokasi untuk setiap transaksi yang akan dicatat, membaca artikel seputar dunia finansial, mengikuti kursus online berbayar tentang keuangan, mendengarkan podcasts dengan program FinTalks-nya, bahkan mendapatkan e-book tentang investasi, menyiapkan dana pendidikan, dan pengelolaan keuangan bagi milenial yang tersedia secara gratis.

Aplikasi ciptaan PT Solusi Finansialku Indonesia ini memberi kemudahan dalam menghitung berapa total biaya yang kita perlukan sekaligus mencatat progres tabungan untuk memperoleh barang yang diinginkan. Kita dapat menikmati kemudahan aplikasi ini secara gratis untuk masa percobaan selama 30 hari. Setelah itu, kita akan ditawarkan untuk versi berbayarnya sebesar Rp 350 ribu per tahun. Tentunya kita akan disuguhkan dengan kelebihan fitur-fitur tambahan, salah satunya yaitu berkonsultasi secara online dengan para perencana keuangan yang telah memegang lisensi CFP®.

Finansialku juga mewadahi pengguna untuk membeli reksa dana. Aplikasi dengan kapasitas 22 MB tersebut menawarkan 17 produk reksa dana yang bekerja sama dengan Bareksa. Dalam urusan keamanan data pengguna, pihak Finansial menjamin kerahasiaannya karena aplikasi dilindungi dengan enkripsi untuk memproteksi data-data keuangan yang dimasukkan pengguna.

Itulah beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kita mengelola keuangan dengan baik dan rapi. Selamat mencoba! Terus pantau Blog Docotel untuk artikel berikutnya, ya!

Baca Juga: Fun Fact Find My Device, Aplikasi Untuk Si Pelupa yang Sering Kehilangan Smartphone Android

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lukman M. Ardiansyah

Lukman M. Ardiansyah

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed