Docotel Official Blog
Find My Device - Docotel Official Blog

Fun Fact Find My Device, Aplikasi Untuk Si Pelupa yang Sering Kehilangan Smartphone Android

Memiliki sifat pelupa memang terkadang merepotkan. Salah satu faktor penyebab lupa menurut Schacter (1999) adalah linglung atau istilah kerennya, absent mindedness, suatu keadaan yang terjadi karena kita kurang memberi perhatian pada detail informasi yang diperlukan saat berpikir. Fenomena linglung seringkali menghambat aktivitas kita untuk mengingat tindakan yang sebelumnya dilakukan, misalnya lupa menaruh barang-barang penting seperti dompet atau smartphone.

Wah, akan sangat repot ketika kita benar-benar lupa di mana tempat terakhir meletakkan smartphone Android tersayang kita. Belum lagi apabila kita lupa keberadaan ponsel di tengah keramaian yang rawan pencurian. Duh, pasti pusing dan ribet kan kalau kita harus bolak-balik ke kantor polisi untuk melapor, belum tentu bisa ditemukan dengan cepat pula!

Beruntung, Google sebagai sistem pencarian paling digdaya memiliki sistem yang dirancang untuk melacak keberadaan smartphone berbasis Android yang hilang. Google menyediakan fitur Find My Device yang mampu melacak lokasi ponsel kita dengan memanfaatkan fitur peta atau Maps. Wah, Google memang selalu punya cara, ya!

Bagaimana cara mengaktifkan aplikasi Find My Device?

Cukup mudah untuk mengaktifkan aplikasi ini. Kita cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan oleh Google melalui bantuan di laman Support Google. Namun, untuk mengaktifkannya, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Pertama-tama, perangkatmu harus dalam keadaan aktif, jadi, seandainya si pencuri smartphone-mu menonaktifkan ponselmu, kamu harus tunggu beberapa saat sampai dia berani mengaktifkannya dan siap mengobrak-abrik datamu. Seandainya ponselmu tak kunjung menyala, kamu tetap bisa menemukan ponselmu yang hilang asal…

Perangkatmu terhubung dengan akun Google sehingga kamu bisa mengakses akun Google-mu di perangkat lain, seperti laptop, pc, tablet, atau meminjam smartphone teman kamu. Eits, pinjam ya, bukan minta, kalo minta nggak akan dikasih oleh temanmu.

Langkah selanjutnya, pastikan akunmu terhubung dengan jaringan internet. Data seluler yang ada di ponselmu harus diaktifkan terus, lho. Ini sama pentingnya dengan memastikan hubunganmu dengan si dia. Ooupss..

Lalu, pastikan layanan lokasi di ponselmu aktif. Layanan lokasi atau GPS yang aktif akan mempercepat lokasi penemuan ponselmu.

Nah, kalau langkah tadi sudah kamu jalankan, fitur Find My Device bisa langsung dijalankan dengan mudah, semudah membayangkan kehidupan bersama si dia.

Find My Device dapat diunduh melalui Play Store

Find My Device - Docotel Official Blog
Tampilan Find My Device pada Play Store

Nah, kalau kamu cukup beruntung menemukan teman yang baik hati untuk meminjamkan ponsel dan memorinya untuk membantu menemukan smartphone-mu, kamu juga bisa mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi Find My Device.

Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika kita mengunduh aplikasi Find My Device melalui perangkat lain sesuai dengan fitur-fitur yang ada pada Playstore adalah:

  1. Melihat ponsel, tablet, atau jam tangan berbasis Androidmu yang hilang dengan menggunakan fitur peta atau Maps. Jika lokasi di ponselmu tidak akif, maka kamu akan melihat lokasi terakhir ponselmu diaktifkan.
  2. Menggunakan peta lantai untuk membantumu menemukan perangkat di bandara, mal, atau bangunan besar lain yang sulit untuk menemukan jaringan.
  3. Mengarahkan pada perangkat Androidmu yang hilang dengan bantuan Google Maps dengan cara tap lokasi perangkat, lalu mengikuti arahan yang secara otomatis ditampilkan.
  4. Memutar suara dengan volume penuh, meski perangkatmu sedang dalam mode senyap.
  5. Menghapus atau mengunci perangkat dengan pesan kustom dan nomor kontak di layar kunci. Khusus untuk fitur ini, kamu harus mengaktifkan fitur Find My Device dan mengizinkannya untuk menghapus dan mengunci data dengan slide “Allow Remote Lock and Erase”.
  6. Melihat status jaringan dan baterai.
  7. Melihat detail hardware.

Fitur Find My Device sangat membantu bagi para pelupa akut yang sering tidak fokus mengingat tempat terakhir meletakkan smartphone-nya. Fitur ini juga bisa kita gunakan untuk mengantisipasi teman-teman jahil yang suka iseng menyembunyikan smartphone kita secara sengaja, lho!

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed