Docotel Official Blog
Tips Menghindari Virus dan Worm pada Gawai dan Komputer

Tips Menghindari Virus dan Worm pada Gawai dan Komputer

Sering mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas dapat membahayakan gawai dan komputer kesayangan Anda karena rentan terserang malware, yakni perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk menginfeksi dan memengaruhi sistem. Virus dan worm merupakan malware yang kerap menjangkiti gawai dan komputer.

Virus

Tips Menghindari Virus dan Worm pada Gawai dan Komputer - https://www.nytimes.com/
“Iran Confirms Attack by Virus That Collects Information”
credit: New York Times

Melansir Discovery, virus komputer pertama kali diketahui pada 1971 oleh Bob Thomas, engineer di perusahaan teknologi Bolt Beranek and Newman Technologies (BBN) di Cambridge, Massachusetts. Bob membuat program bernama Creeper yang awalnya dirancang untuk melihat kemungkinan apakah sebuah program mampu mereplikasi diri sendiri. Tidak pasti berapa banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh Creeper, tetapi beberapa sumber mengatakan, Creeper mampu mereplikasi dirinya berulang kali hingga menempel dan memadati program lain. Namun, penemuan ini kemudian tidak terbukti dengan benar, karena Creeper nyatanya merupakan cikal bakal dari worm, sehingga tidak dapat dipastikan kapan pertama kali virus ditemukan.

Sumber-sumber umum dari virus biasanya berasal dari beberapa tindakan pengguna perangkat itu sendiri, seperti berikut ini.

  • Mengklik attachment e-mail lalu langsung mengunduh file dan membukanya di perangkat komputer.
  • Mengunduh dan menjalankan file dari web page atau link FTP yang sebelumnya telah ditanami virus.
  • Menjalankan file yang diterima dari orang asing dengan IM yang acak
  • Streaming atau membuka file dari jaringan peer-to-peer seperti Torrent.
  • Mengklik iklan media sosial yang berbahaya dan mengunduh file dari hosting yang tidak tepercaya.

Dapat disimpulkan bahwa infeksi hanya dapat terjadi apabila Anda membuka file yang sebelumnya telah ditanami virus, karena virus tidak bisa secara otomatis menginfeksi komputer melalui jaringan. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membuka link dari sumber yang tidak dikenal. Saat akan mengunduh aplikasi, pastikan aplikasi tersebut telah terverifikasi dengan benar.

Worm

Tips Menghindari Virus dan Worm pada Gawai dan Komputer - https://medium.com/@anyaelisha/computer-worm-how-it-works-and-how-to-avoid-infection-968885707034
“Understanding Computer Worms”
credit: Anyalebechi Odo on Medium

Worm adalah bagian dari malware yang dapat menginfeksi tanpa memerlukan tindakan apapun dari user. Tidak seperti virus, worm bisa bekerja kapan pun dengan memanfaatkan celah keamanan yang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability.

Sejarah worm hampir sama dengan sejarah virus, tetapi gagasan atau konsepnya sudah muncul pada 1949, ketika seorang peneliti bernama John Von Newman memaparkan hasil penelitiannya dalam sebuah makalah berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalah tersebut, Newman yang juga seorang founder dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), perusahaan elektronik dan komputer dari Inggris menyampaikan bahwa sebuah program yang dibuat memiliki banyak celah sehingga dapat menyebar dan mereplikasi diri sendiri untuk merusak program lain.

Berikut beberapa tindakan pengguna yang paling umum dan mudah diserang worm.

  • Menghubungkan komputer ke jaringan yang telah terinfeksi dengan kapasitas keamanan yang kurang.
  • Berbagi drive atau folder dengan jaringan internet tanpa izin keamanan.
  • Menghubungkan komputer ke jaringan peer-to-peer dengan perangkat lunak yang tidak memiliki perlindungan keamanan yang baik.
  • Menghubungkan komputer ke komputer lain yang tidak di-update dengan patch keamanan terbaru.

Lakukan ini Agar Terhindar dari Virus dan Worm

Beberapa tips berikut ini bisa digunakan untuk menghindarkan gawai atau komputer Anda dari virus dan worm.

  1. Gawai atau perangkat komputer Anda wajib memiliki program antivirus. Beberapa program tersedia secara gratis dan dapat diunduh dengan aman. Pastikan program antivirus yang akan diunduh telah di-update dan dapat menjalankan sistem pindai (scan) dengan penuh. Jika gawai atau komputer Anda terindikasi virus atau worm, antivirus dapat segera mengenali dan menghapusnya dari sistem.
  2. Setelah mengunduh antivirus, Anda tidak boleh merasa cukup karena telah berhasil menghapus virus lama, karena penting juga untuk mencegah virus baru datang kembali. Buka pengaturan dalam program antivirus Anda, dan pastikan semua perlindungan keamanan yang tersedia dalam versi gratis telah diaktifkan.
  3. Worm bekerja melalui port yang terbuka lalu menginfeksi komputer Anda. Jalankan pemindaian portal pada komputer untuk mengidentifikasi portal yang terbuka. Program seperti DNSTools menawarkan pemindaian online yang dapat diakses untuk memeriksa port yang terbuka. Tutup port yang terbuka untuk menghindari infeksi worm ke program-program komputer Anda.
  4. Langkah-langkah menutup port-port individu yang tersebar secara acak di komputer:
    1. Pilih menu Start, ketik Windows Firewall dan pilih Windows Defender Firewall,
    2. Pilih Advanced Settings di bagian kiri, lalu klik Advanced Security Window,
    3. Pada menu Rule Wizard, pilih Port dan ketik nomor Port di bidang Specific Local Ports,
    4. Pilih Next, kemudian klik Block the Connection. Lengkapi Wizard untuk menutup Port terbuka tersebut.

Tak ada gading yang tak retak, tidak ada gawai yang sempurna dan bebas dari virus atau worm, karena setiap gawai pasti terhubung dengan jaringan publik. Para pengguna juga pasti menggunakan gawainya untuk berbagi file. Beberapa tips di atas merupakan upaya pencegahan saja. Menanamkan program antivirus atau security software dan mengaktifkan Windows Firewall sehingga tidak ada perangkat lain yang dapat memasukkan program-program berbahaya ke dalam sistem perangkat Anda merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Selain itu, cek pembaruan pada program seperti Office atau Windows dan segeralah update ke versi terbaru untuk menghindari worm yang dapat menginfeksi gawai atau perangkat komputer Anda.

Baca Juga: Bagaimana Awal Munculnya Virus di Komputer?

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed