Docotel Official Blog
docotel official blog - Strategi Pemasaran Online: Menjalin Relasi di Tengah Pandemi

Strategi Pemasaran Online: Menjalin Relasi di Tengah Pandemi

“There is no better time to communicate with your customers now.”

Di masa ini, perusahaan ditantang untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas supaya dapat tetap mempertahankan bisnis. Vloren Setia Wahyuni, Business & Relationship Manager SPE Solution membeberkan potensi internet sebagai salah satu medium yang diandalkan perusahaan untuk merangkul klien pada webinar yang diadakan pada 15 Mei 2020 di YouTube Docotel Group. Media sosial dan blog menjadi platform untuk menarik para investor. Perusahaan ramai-ramai mengiklankan berbagai produknya secara online. Marketplace pun menjadi penolong konsumen untuk memenuhi kebutuhan di tengah pandemi.

Praktik Transformasi Digital oleh Marketing dan Sales

Para pelaku marketing dan sales bisa melakukan banyak hal dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT). Melalui internet, industri bisa bertahan dengan menerapkan empat strategi:

  • Business Continuity Plan (BCP)

Strategi ini berupa penyusunan sistem preventif dan kuratif dalam rangka mengurangi atau mencegah dampak terjadinya krisis terhadap aktivitas bisnis yang normal, misalnya work from home.

  • Budget Reduction

Perusahaan meminimalkan pengeluaran dengan memilah anggaran mana yang harus dikeluarkan atau tidak.

  • Employee Restructuring

Perusahaan membuat struktur baru dengan melakukan beberapa efisiensi.

  • New Business Strategy

Strategi ini mendorong perusahaan untuk melakukan terobosan atau inovasi bisnis baru di masa krisis. New business strategy menjadi pilihan yang menarik karena perusahaan dituntut berinovasi bukan hanya sebagai cara bertahan di tengah krisis, tapi juga mendapatkan keuntungan.

Selain keempat strategi tersebut, perusahaan juga perlu menjalankan tiga strategi dalam beriklan. Hal ini penting dilakukan oleh tim marketing, telemarketing, juga sales supaya bisa mendukung upaya bertahan perusahaan.

  • Attract: memberikan informasi terkait produk-produk perusahaan melalui Google, media sosial, atau blog untuk dipelajari oleh perusahaan lain.
  • Engage: bisa dilakukan oleh tim telemarketing dan sales saat memasarkan produk. Tim harus menggali kebutuhan konsumen kemudian menginformasikan berbagai solusi terkait kebutuhan konsumen tersebut.
  • Delight: Biasanya dapat dilakukan setelah penjualan. Perusahaan harus terus memberikan support dan pelayanan saat klien ingin menggunakan jasa atau membeli produk perusahaan.

Dengan menjalankan berbagai strategi tersebut, maka seluruh tim dapat fokus pada dua tujuan besar perusahaan. Pertama, Find and Nurture Leads dengan menentukan target market dan segmentasi konsumen, serta mmembuat kampanye di berbagai media untuk menaikkan engagement. Kedua, Close More Deals yang dilakukan setelah target market ditentukan. Oleh karena itu, diharapkan tim sales akan mendapatkan partner bisnis baru yang akan membantu perusahaan.

Transformasi digital dapat direalisasikan oleh perusahaan dengan beberapa tahapan marketing agar klien tertarik untuk mengisi data yang telah dibuat di website. Pertama, online advertising untuk memperluas prospek iklan melalui website, dilanjutkan dengan search marketing yang fokus melihat perkembangan melalui iklan berbayar maupun yang tumbuh secara organic. Berikutnya ada website strategy untuk memantau traffic, email marketing yang berisi informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan perusahaan, dan retargeting yangdilakukan apabila perusahaan tidak berhasil mendapatkan pengunjung sehingga tim marketing dan sales harus mengatur strategi baru agar pengunjung kembali ke website untuk mengisi data.

Tingkatkan Engagement dan Penjualan Melalui Virtual Events

Memasarkan produk atau jasa di masa pandemi juga perlu dengan menghadirkan tema-tema seputar COVID-19 yang relevan dengan perusahaan, misalnya webinar atau YouTube live. Virtual events seperti ini memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

  • Jumlah audiens tidak terbatas, bisa dari semua kalangan dan usia sehingga jangkauan acara lebih luas.
  • Tidak membutuhkan biaya besar, cukup dengan koneksi internet yang memadai.
  • Dapat dilakukan melalui berbagai platform media (YouTube, Instagram, Facebook, dsb).
  • Fleksibel, audiens dapat mengikuti webinar di mana pun dan kapan pun.
  • Banyak pilihan kreasi konten yang segar dan baru.

Selain virtual events, strategi pemasaran dapat memperoleh hasil secara maksimal jika dibantu dengan beberapa tools berikut:

  • Online dan digital advertising: tayangan iklan di website perusahaan
  • Website dan e-commerce strategy: blog dan marketplace
  • Digital ad campaign: kampanye melalui media online
  • Email marketing
  • Omni channel automations: Platform seperti WhatsApp

Dengan memanfaatkan Internet of Things serta menggunakan tools yang tepat, perusahaan akan lebih mudah bertahan di tengah krisis. Apalagi saat ini perusahaan harus berhadapan dengan kebijakan physical distancing, maka pemasaran dan penjualan akan lebih menyenangkan jika melalui online platform. Dengan memanfaatkan beragam tools ini, hasil penjualan dapat meningkat sebesar 5-10 persen.

Baca Juga: Tanda Tangan Digital Beri Kemudahan Bertransaksi di Tengah Pandemi

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien

Lintang Budiyanti

Lintang Budiyanti

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed