Docotel Official Blog
docotel official blog - Telemedicine, (Bukan) Pendatang Baru yang Makin Bersinar

Telemedicine, (Bukan) Pendatang Baru yang Makin Bersinar

Telemedicine bukan wajah baru di dunia kesehatan. Kenyataan ini dikupas oleh Dokter Dian Jauhari, MHM., VP of Clinical & Technology dari Divisi Health Information System (HIS) Docotel Group pada 11 Mei 2020 saat Live Webinar yang dapat dilihat di channel YouTube ‘Docotel Group’. Penanganan  kesehatan dengan metode jarak jauh sebenarnya sudah terjadi sejak era 1800-an. Tapi, mengapa akhir-akhir ini kita seperti baru menyadari adanya kemudahan mengakses pelayanan kesehatan hanya dengan mengandalkan perangkat seluler?

Tentu jawaban atas pertanyaan itu berkaitan dengan perkembangan teknologi dan relevansinya bagi situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat. Kita perlu mundur sebentar untuk bisa memahami perkembangan telemedicine. Pengobatan jarak jauh menggunakan teknologi terdata pada 1859 saat adanya pengiriman grafik denyut jantung pasien penyakit jantung bawaan melalui telegraf dari Boston ke Cambridge. Tak hanya di Eropa, telegraf juga digunakan di Australia untuk menangani warga yang trauma akibat bentrok dengan suku Aborigin di Alice Springs (Australia Utara) oleh dokter di Adelaide (Australia Selatan) pada 1874.

Metode pengobatan ini makin berkembang dengan ditemukannya elektrokardiogram (EKG). Pada 1906 Willem Einthoven, sang penemu EKG melakukan pengiriman EKG melalui jaringan telepon. Penggunaan radio, telegram dan telepon juga diandalkan untuk menangani korban sipil dan militer selama perang dunia 1905-1945.

Relevansi telemedicine di tengah pandemi COVID-19

Duka dan kekhawatiran yang ditimbulkan Pandemi COVID-19 berpasangan dengan tuntutan untuk disiplin menerapkan pola hidup yang dapat menghindari dan memutus rantai penyebarannya. Misalnya, tidak berkerumun di ruang publik seperti rumah sakit. Lalu, bagaimana jika kita harus berobat atau berkonsultasi dengan tenaga kesehatan?

Beradaptasi dengan pola hidup baru membutuhkan dukungan teknologi agar tepat tujuan. Kehadiran telemedicine menjadi jawaban atas kondisi saat ini. Kekhawatiran terjadinya penularan virus antarmanusia di semua tempat termasuk pelayanan kesehatan membuat inovasi teknologi kesehatan ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi, keterbatasan penyediaan alat perlindungan diri (APD) di pelayanan kesehatan belum maksimal dan kini pengalihan sumber daya kesehatan ke penanganan COVID-19 masih terjadi secara masif. Kita benar-benar perlu mengandalkan teknologi pengobatan online agar tidak bergantung dengan pola lama yang penuh risiko.

Telemedicine memungkinkan kita berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan pengobatan tanpa harus bertemu langsung di rumah sakit atau lokasi pelayanan kesehatan. Hanya dengan memanfaatkan aplikasi di ponsel, kesehatan kita dapat tetap terpantau oleh tenaga medis ahli. Syaratnya cukup dengan melek teknologi yang saat ini semua sudah diciptakan sesederhana dan seramah mungkin bagi pengguna. Jadi, sebenarnya tidak ada lagi alasan bahwa tenaga medis tidak dapat memikirkan kondisi masyarakat yang membutuhkan pelayanan secara cepat karena terhambat aturan physical distancing. Masyarakat pun bisa lebih berhemat (efisiensi) waktu, tenaga, juga biaya.

Aplikasi telemedicine seperti apa yang perlu digunakan?

Memanfaatkan internet dan teknologi telemedicine haruslah bijak. Pilih aplikasi terbaik yang memang dapat benar-benar mempermudah dan memenuhi kebutuhan kesehatan. Beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi telemedicine:

  • user interface/user experience sederhana dan mudah
  • memiliki jaminan keamanan dan privasi
  • terintegrasi/mudah diintegrasikan dengan:
    • sistem pendaftaran
    • penjadwalan konsultasi/ pemeriksaan
    • fitur konsultasi video/suara/chat/kirim dan terima dokumen/screenshare
    • rekam medik elektronik
    • Pembayaran non-tunai (transfer, VA, digital wallet)
  • rekaman konsultasi (chat, suara, video)

Tentunya telemedicine diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat juga tenaga medis. Sejatinya teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Jika kita bijak dan tepat memilih dan mengaplikasikannya, teknologi akan tepat sasaran dan tepat guna di kehidupan kita bersama.

Tentang Docotel

Docotel 4.0 meliputi tim yang berdedikasi, berpengalaman, dan ahli dalam menyediakan produk dan solusi yang bernilai tinggi di semua industri. Kami hadir dengan visi mengatasi permasalahan sehingga dapat menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

teresa iswara

teresa iswara

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed