Docotel Official Blog
Susah Konsentrasi Saat Bekerja, Lakukan Ini Yuk! 1

Susah Konsentrasi Saat Bekerja, Lakukan Ini Yuk!

Bekerja sebagai programmer mengharuskan kamu untuk duduk didepan komputer selama 8 jam atau lebih, dan hal itu dapat membuat daya konsentrasi kamu menurun. Jika konsentrasi menurun, dampak yang dihasilkan tentunya buruk bagi hasil pekerjaan dan juga kesehatan tubuh kamu, loh.

Lalu, bagaimana caranya untuk dapat berkonsentrasi selama berjam-jam ditengah gangguan-gangguan seperti internet, handphone, dan lainnya?

· Beristirahat Sejenak

TehTeh

Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana memang penting untuk dilakukan. Namun, jika tubuh sudah merasa lelah, sebaiknya sempatkan untuk beristirahat terlebih dahulu. Meluangkan waktu 5 hingga 10 menit untuk beristirahat sejenak seperti membuat kopi atau teh, duduk santai, mendengarkan lagu dapat meningkatkan konsentrasimu kembali, sehingga kamu dapat lebih rileks dalam mengerjakan pekerjaan lainnya.

· Berjalan Kecil

Duduk selama berjam-jam akan membuat kamu rentan terkena sakit di bagian pinggang. Untuk mengindari hal tersebut, sempatkan untuk berdiri dan berjalan di sekitar ruang kerja pada sela-sela pekerjaanmu. Selain itu, jangan lupa untuk rutin minum air mineral untuk membantu tubuh dan pikiran kamu tetap fit selama jam bekerja.

· Perhatikan Asupan Makanan

Asupan MakananAsupan Makanan

Sarapan di pagi hari biasanya disepelekan oleh sebagian orang, padahal perut kosong tidak baik karena dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas kamu seharian, loh. Terlalu sibuk bekerja juga biasanya membuat kamu menjadi lupa untuk makan, nah, mulai sekarang kamu harus bisa menyempatkan waktu untuk makan ya, agar pekerjaan dan kesehatan tubuh kamu tetap berjalan baik!

· Matikan Notification

Notifikasi handphone menjadi salah satu penyebab konsentrasimu hilang secara tiba-tiba. Mungkin terdengar sepele, namun distraksi yang datang dari notofikasi handphonemu memiliki pengaruh yang luar biasa. Untuk itu, dengan mematikan notifikasi di handphone sebelum kamu mulai bekerja akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi bekerja.

· Hindari Multitasking

Memiliki sifat multitasker memang menguntungkan untuk beberapa hal, namun terkadang hal itu harus dihindari demi membuat kamu dapat lebih fokus pada pekerjaanmu. Apalagi saat kamu sedang fokus pada suatu pekerjaan, multitasking membuat hasil pekerjaanmu kurang maksimal.

· Olahraga Teratur

OlahragaOlahraga

Tubuh yang fit dan sehat secara otomatis akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan mudah konsentrasi. Dengan berolahraga secara teratur dapat mengalirkan oksigen ke otak sehingga membuat daya konsentrasi menjadi lebih baik.

Itulah tadi beberapa tips untuk kamu dalam menjaga konsentrasi saat bekerja. Semoga bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement