Docotel Official Blog
404 Page Not Found, Apa Itu? 1

404 Page Not Found, Apa Itu?

Saat berselancar di dunia internet, pasti kamu pernah menemukan halaman yang menampilkan tulisan “404 Page Not Found” atau yang biasa disebut dengan broken link. Biasanya, tulisan tersebut muncul saat situs yang kamu tuju tidak bisa terbuka, bisa karena salah dalam penulisan URL, URL yang telah dirubah, halaman yang telah dihapus, atau halaman yang dituju tidak tersedia.

Namun, tahukah kamu arti dari tulisan tersebut?

Sebenarnya, angka 404 merupakan salah satu kode dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang merupakan sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara dua perangkat, seperti server internet dan komputer Kamu.

Sebelum data berhasil terkirim, server akan mengirim sejumlah HTTP Header atau status kecil mengenai alamat web yang kamu minta. Jika web tersebut tidak tersedia, maka kode 404 akan muncul ke halaman kamu.

Angka “404” memiliki arti pada setiap angkanya. Angka “4” pertama merupakan kode untuk menunjukan adanya kesalahanpada client. Server akan merespon bahwa ada sesuatu yang salah berkaitan dengan request pengguna, misalnya salah dalam pengejaan maupun server yang dituju tidak ditemukan.

Angka “0” merupakan kode yang menunjukan kesalahan pada sintax (syntax error) . Hampir sama dengan angka “4” pertama yang menunjukan kesalahaan pada ejaan web.

Sedangkan angka “4” terakhir menunjukan kesalahan yang terjadi pada alamat internet. Lalu, jika kamu menemukan kode “404”, kamu dapat memuat ulang halaman web yang kamu tuju, atau memeriksa kembali alamat web jika terjadi kesalahan pengetikan.

Sebenarnya, kode kesalahan bukan hanya “404” saja, namun berbagai kode HTTP lainnya seperti misalnya “403” untuk halaman terlarang, dan “408” jika website tersebut terlalu lama merespon juga sering muncul pada halaman website yang kamu tuju jika menemui kesalahan-kesalahan.

Beberapa kesalahan Client Side diantaranya:

400 : Bad Request / Permintaan: Buruk

401 :Unauthorized

402 : Payment Required /Pembayaran Dibutuhkan

403 : Forbidden

404: Not Found

408 : Request Timeout

409 : Conflict

410 : Gone

411 : Length Required

412 : Precondition Failed

413 : Request Entity Too Large

500 : Internal Server Error

502 : Bad Gateway

504 : Gateway Time-out

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement