Docotel Official Blog

SEO di Tahun 2013

SEO di 2013: 7 Faktor Sederhana yang Akan Memenangkan Calon Pelanggan

Tahun 2013 cocok untuk melakukan retrospeksi. Kita bisa melihat bagaimana segala sesuatunya dilakukan pada tahun 2012, dan mendapatkan ide tentang tren-tren dan pola-pola yang kemungkinan akan mendominasi pada tahun berikutnya.

Tahun 2012 tidak begitu bagi baik bagi para pakar SEO akibat perubahan-perubahan radikal yang terjadi dalam lagoritma Google, termasuk banyaknya perbaharuan pada Google Panda, serta diperkenalkannya Penguin. Meskipun kualitas konten dan link ke-kedalam terus memegang peranan utama dalam ranking organik, namun mari kita lihat faktor-faktor lain yang akan mengatur SEO pada tahun 2013.

2012: Tahun Panda dan Penguin, Membuat Nilai, dan Kemunculan Posting Tamu

Sebelum kita melihat lebih jauh tentang prediksi-prediksi untuk SEO tahun depan, ada baiknya kita merangkum terlebih dahulu pola-pola utama yang ada di tahun 2012.

– Meskipun pada awalnya dirilis pada tahun 2011, algoritma Google Panda telah mengalami banyak perbaharuan yang mendepak banyak website bermutu rendah keluar dari SERP; puluhan ribu website terkena imbasnya.

– Google merilis algoritma Penguin pada April 2012, yang mana mengubah wajah industri, dengan memaksa banyak pakar SEO untuk menyesuaiakan taktik dan strategi mereka. Banyak perusahaan yang telah menggunakan taktik-taktik SEO yang tidak ramah Pengujin didepak dari hasil pencarian karena algoritma Penguin, dan sejumlah perusahaan yang terus menggunakan taktik ini kehilangan ranking mereka, bahkan tanpa peringatan sama sekali.

– Google semakin cerdas, dimana Google mampu membedakan antara konten yang benar-benar menambah nilai dan konten yang diposting semata karena tujuan SEO. “Nilai” menjadi faktor yang penting – faktor yang akan menentukan bagaimana Google mempersepsikan website.

– Penulis tamu muncul menjadi metode membangun link yang sangat populer. Taktik dan metode untuk mendapatkan link dari tulisan tamu muncul ke permukaan.

– SEO negatif menjadi topik perdebatan yang panas, sampai tingkatan bahwa Google merespon dengan merilis alat Disavow LInk, yang memberdayakan pada webmaster untuk menentukan backlink yang sebaiknya dibuang atau dihitung oleh Google ketika ia mengevaluasi link-lik ke website ANda.

– Dari metode-metode SEO yang telah didepak dan ditinggalkan, penggunaan anchor text secara berlebihan merupakan yang palin gmenonjol. Sisa-sisa website yang menggunakan “link berbayar” juga didepak.

2013: 7 Faktor yang Menentukan Kelangsungan Hidup SEO Anda

Jika diberkan pilihan, penulis hanya akan berfokus pada pembuatan nilai bagi pembaca – kara pada akhirnya, itulah yang harus menjadi tujuan dari website manapun. Akan tetapi, kompetisi yang semakin meningkat mungkin memerlukan Anda untuk menggunakan praktik-praktik strategis dengan pendekatan yang pragmatis untuk membantu Anda eksis di hasil pencarian teratas. Berikut beberapa taktik dan strategi yang akan mendominasi praktik SEO di tahun 2013.

1. Kualitas Konten

Pada akhirnya, semua berujung pada kualitas dan nilai konten yang ada di website Anda. Google sudah sangat jelas menekankan tentang konten yang berkualitas baik tahun ini, dan kita berharap tren ini akan terus eksis sampai tahun berikutnya. Dengan kualitas konten, tolok-ukurnya adalah:

– Keunikan konten/topik

– Kekayaan sumber dan informasi (yakni tidak ada konten singkat)

2. Marketing Konten

Marketing konten sedang digembor-gemborkan sebagai hal besar berikutnya. Para pakar telah menyebutkan sebagai SEO baru. Pada aspek tertentu, hal tersebut memang benar. SEbagai kaidah umum, marketing konten menarik banyak backlink, menambah nilai untuk pengguna/pembaca. Ini lebih menantang, karena Anda harus menghasilkan lebih banyak konten berkualitas tinggi, mensirkulasikannya, dan memastikan konten Anda terpublikasikan secara luas dengan sinyal-sinyal sosial yang luas untuk menghasilkan nilai SEO yang substansial.

Karena Google sangat memperhitungan konten yang bermanfaat, maka strategi marketing konten yang solid akan menjadi kunci untuk naik ke level berikutnya dalam SEO.

3. AuthorRank

AuthorRank telah muncul sebagai sebuah statistik penting dalam memutuskan posisi di mesin pencarian (SERP), walaupun sejumlah kajian tentang nilainya kegunaannya masih terus dilakukan. Satu hal yang bisa dipastikan pada tahun 2013 adalah bahwa AuthorRank akan menambah kredibilitas dan nilai bagi website Anda, dan itu akan sangat penting bagi setiap webmaster.

4. Sinyal-Sinyal Sosial

Setelah banyak perdebatan dan diskusi, sinyal-sinyal diskusi telah banyak terima sebagai faktor ranking yang valid. Dalam tahun berikut (dan kemungkinan dalam tahun-tahun ke depan), sinyal-sinyal sosial akan memegang peranan yang semakin tinggi. Sharing, retweet, mention, dan mungkin yang paling penting, +1 adalah trofi-trofi yang harus dikumpulkan oleh setiap webmaster.

5. Desain Mobile/Responsif

Walaupun ini tidak secara langsung mempengaruhi ranking sebuah halaman, namun ia akan memegang peranan dalam keberuntungan ANda. Google merupakan salah satu dari perusahaan pertama yang menyadari tren browsing web ini karena semakin banyak perangkat tablet dan smartphone. Desain responsif mungkin bukan merupakan faktor SEO eksplisit, tetapi dari segi kemanfaatan, desain seperti ini kemungkinan merupakan elemen yang sangat berpengaruh untuk diperhitungkan di tahun 2013.

6. Lokalisasi

Preferensi Google yang semakin tinggi untuk website-website dan informasi lokal telah dibuktikan dalam beberapa pencarian. Cukup aman untuk mengasumsikan bahwa 2013 akan mengalami peningkatan preferensi ini. Website-website yang mengaplikasikan SEO lokal akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi dan visibilitas yang lebih tinggi. Ini mencakup data map. listing, kutipan, dan review pada situs-situs informasi lokal.

7. Media

Gambar dan vide telah menjadi makanan pokok di Internet. Secara konsisten kita melihat bahwa hasil-hasil relevan yang mencakup video mendapatkan ranking lebih tinggi dibanding konten teks. Kemunculan konten media lebih lanjut merupakan sebuah perkembangan penting yang bisa diharapkan tahun depan. Semakin penting untuk menambahkan media non-tekstual yang relevan ke konten teks, karena ini menambah nilai dan menjadi konten lebih kaya.

Hal-hal di atas adalah beberapa tren atau pola utama yang diyakini akan memegang peranan kunci dalam SEO untuk tahun 2013. Faktor lain apa yang Anda pikir akan mempengaruhi SEO?

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed