Docotel Official Blog
Panduan Mutakhir Membangun Link untuk Menaikkan SEO 1

Panduan Mutakhir Membangun Link untuk Menaikkan SEO

Tidak diragukan bahwa membangun link merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menaikkan SEO dan mendapatkan calon pelanggan. Akan tetapi, pada saat mengelola ke dalam konten, sangat sering link-link umum digunakan, yang mana benar-benar bisa memiliki reaksi negatif terhadap strategi SEO Anda. Link generik menunjuk pada sebuah frasa atau deskripsi yang hambar yang digunakan untuk mendeskripsikan halaman yang Anda link dan tidak mencakup keyword yang dicari mesin pencari untuk meningkatkan ranking halaman Anda.

Beberapa dari link generik yang paling populer antara lain “klik di sini”, “selengkapnya”, dan “kunjungi website”. Kita merasa bersalah ketika ingin menggunakan deskripsi link yang samar, yang merupakan penyebab mengapa diperlukan beberapa tips yang membantu membuat link yang kuat:

Membuat link menggunakan keyword yang pas serta frasa terkait

Melalui konsep co-occurence (kesesuaian), mesin pencari akan menilai relevansi konten tidak hanya dari frasa anchor keyword, tetapi juga melalui frasa-frasa terkait. Sebagai contoh, jika anchor text-nya adalah “Golden Retriever,” maka frasa-frasa terkait bisa mencakup “family dog”, “mild temperament”, atau “Labador Retriever”.

Menggunakan sinonum pada anchor text untuk mengkover makna yang lebih luas

Salah satu cara terbaik untuk menemukan sinonim yang paling banyak dicari untuk anchor text yang Anda buat adalah memanfaatkan karakter (~) dalam pencarian. Sebagai contoh, jika Anda ingin menemukan kata kunci yang kuat untuk kata “value”, maka cukup ketik “~value -value” dan sinonim seperti “price” dan “worth” akan dihasilkan.

Membangun link kuat dengan menggunakan nama dan brand perusahaan

Jika nama perusahaan Anda mencakup anchor text komersial yang luas seperti “Florida Bakery”, maka lanjutkan dengan hati-hati karena ini bisa mengirim sinyal yang membingungkan bagi situs-situs mensin pencari.

Jika memungkinkan, lakukan link ke orang-orang

Anda tidak ingin anchor text yang Anda buat digunakan secara berlebihan, dan tidak sering bahwa nama orang disebutkan secara online. Salah satu strategi efektif adalah membuat halaman profil untuk anggota-anggota tim Anda.

Menghindari penggunaan link URL langsung

Kemungkinan satu-satunya kondisi yang berterima untuk memasukkan sebuah link URL langsung dalam konten Anda adalah jika perusahaan Anda sedang mengganti nama website.

Mengupayakan link muncul senatural mungkin bagi pembaca

SEringkali, orang membuat link yang jika terbaca akan kedengaran ganjil karena memang disisipkan hanya untuk memenuhi kebutuhan kepadatan keyword. Membuat lik yang bermanfaat akan memabntu bagi pembaca dan juga untuk SEO.

Berhati-hati dengan anchor dengan kecocokan parsial

Kuncinya adalah selalu mendeskripsikan secara akurat teks apa yang membuat pembaca terhubung ke link.

Membuat link ke nama sebuah event atau produk yang unik

Sebagai contoh, jika perusahaan Anda membuat produk dagang seperti “ooey gooey bar”, yang menggunakan nama ini ke dalam anchor text sangat efektif. Link terbaik selalunya adalah link yang mengalir secara natural dalam konten; akan tetapi, pada kondisi-kondisi dimana Anda memiliki kontrol terhadap anchor text, penggunaan beberapa tips yang disebutkan di atas bisa membantu menawarkan beberapa varietas dalam mencapai ranking halaman tinggi dari mesin pencari. Meskipun shortcut dan pengulangan keyword yang sama secara berulang bisa tampak menarik bagi sebagian orang, namun ini akan merusak strategi SEO secara keseluruhan.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement