Docotel Official Blog

Mengenal Perkembangan Satelit Indonesia

Sekitar 42 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 8 juli 1976 pukul 07:31 waktu Florida, atau tanggal 9 Juli 1976 pukul 06:31 Waktu Indonesia Barat. Peluncuran pertama satelit telekomunikasi geostasioner milik Indonesia kali pertama diluncurkan di Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Satelit ini menjadi bukti lompatan teknologi luar biasa yang pernah dikembangkan oleh Indonesia, yang dikenal dengan SKSD (Sistem Komunikasi Satelit Domestik) Palapa. Nama Palapa sendiri diambil dari nama Sumpah Palapa, yang pernah dicetuskan oleh Patih Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit 1334.

Ada beberapa generasi dari Satelit Palapa yang diluncurkan. Generasi pertama dikenal dengan Palapa A1, yang dibuat oleh pengusaha pesawat Hughes Aircraft Company (HAC) dengan garis tengah satelit 75 inchi (1,9 meter), tinggi 13 kaki 3 inchi (4,04 meter), dan berat 300 Kg. Pada peluncurannya, satelit Palapa A1 dikoordinasi dan dipertanggungjawabkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA). Indonesia tercatat sebagai Negara keempat yang memiliki satelit sendiri. Pada tanggal 11 Maret 1977, diluncurkan satelit Palapa A2 yang berfungsi sebagai satelit cadangan apabila satelit palapa A1 mengalami kerusakan atau gangguan.

Pada tanggal 18 Juni 1983, diluncurkan satelit Palapa B1 untuk menggantikan satelit Palapa A1 dan Palapa A2, lalu disusul dengan peluncuran satelit Palapa B2. Jangkauan satelit Palapa B2 meliputi negara-negara ASEAN dan Papua Nugini. Sayangnya, satelit Palapa B2 mengalami gagal orbit. Satelit Palapa generasi B diteruskan hingga B2P,B2R dan B4. Lalu diluncurkan satelit Palapa generasi C1 dan C2, satelit Palapa generasi D dan satelit Palapa generasi E.

Satelit Palapa generasi A1 dan A2 menjadi pelopor komunikasi di Indonesia. Tanpa keduanya, mungkin saat ini kita semua sulit berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda pulau di Indonesia.
Selamat Hari Satelit!

yopi saputra

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed