Docotel Official Blog
Kunci Seukuran USB untuk Amankan Akun Twitter Anda 1

Kunci Seukuran USB untuk Amankan Akun Twitter Anda

Seiring berkembangnya dunia teknologi informasi, masyarakat dituntut untuk upgrade tren yang sedang berlangsung. Tidak hanya perangkat teknologi yang mengalami perkembangan, media sosial pun makin menunjukkan variasinya.

Kunci Seukuran USB untuk Amankan Akun Twitter Anda 2
Gambar : Kunci Seukuran USB untuk Amankan Akun Twitter Anda

Salah satu media sosial yang baru saja melakukan inovasi adalah Twitter. Ya, Twitter merilis kunci fisik seukuran flashdisk (USB) yang bisa dipakai untuk login maupun mengunci akun penggunanya. Dengan memanfaatkan kunci tersebut, akun pengguna akan jauh lebih aman dan tidak mudah diretas hacker. Kunci ini juga bisa melindungi pengguna dari aktivitas phishing atau penipuan lewat akun Twitter palsu.

Kunci fisik tersebut dikenal sebagai perangkat Universal Two Factor (U2F). Perangkat ini dianggap memiliki tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang pengamanan yang menggunakan kode verifikasi via SMS. Jadi, saat login ke akun Twitter, pengguna perlu memasukkan password via token bernama Yubikey yang memenuhi standar dari FIDO Alliance.

Saat akan menggunakan perangkat U2F, pengguna harus memasukkan nomor ponsel terlebih dahulu ke akun Twitter yang dimiliki. Pengguna juga benar-benar harus membawa kunci tersebut dan menekan tombolnya untuk bisa bermain Twitter. Memang sedikit rumit, tapi ini adalah pilihan solusi yang lebih baik dari pilihan sistem keamanan lain yang pernah ditawarkan Twitter sebelumnya.

Dapat dikatakan Twitter semakin peduli terhadap keamanan sistem yang diterapkan. Semoga inovasi kunci mungil ini benar-benar dapat bermanfaat bagi penggunanya, ya. Demi menjaga reputasi pecinta Twitter agar tidak rusak karena ulah hacker.

yopi saputra

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed