Docotel Official Blog

Mencari Tempat Tujuan Semakin Mudah dengan Dua Fitur Baru Google Maps

Layanan peta digital milik Google, Google Maps tidak hanya digunakan untuk mencari alamat atau rute jalan, tapi juga untuk mencari rekomendasi tempat makan, tempat hiburan, dan lain-lain.

Demi meningkatkan pelayanan, Google Maps terus mengembangkan serta menambah fitur-fitur baru yang semakin memudahkan pengguna dalam memanfaatkan aplikasi.

Fitur Hashtag

Belum lama, Google Maps menambahkan fitur Hashtag pada aplikasinya. Fitur Hashtag dinilai akan mempermudah pengguna saat mencari tempat-tempat yang diinginkan.

Pengguna hanya perlu meninggalkan ulasan atau review pada tempat-tempat yang pernah dikunjungi dengan menyertakan hashtag di akhir tulisannya. Hashtag inilah yang akan membantu pengguna lainnya dalam menemukan tempat-tempat yang mereka inginkan. Jadi, semakin banyak kontribusi dari pengguna, semakin baik pula hasil dari pencarian hashtag tersebut.

Google Maps menyarankan pengguna untuk menyertakan setidaknya lima hashtag pada setiap ulasan yang ditulis agar hasil pencarian semakin akurat. Kata-kata yang digunakan pada hashtag juga sebaiknya menggunakan kata-kata yang lebih spesifik. Penggunaan hashtag seperti #ngopiasik #tempatnongkrong #kafekekinian lebih baik jika dibandingkan dengan #kopi #kafe #warkop.

Dikutip dari Engadget, fitur ini baru dapat digunakan pada Google Maps versi Android saja. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia di versi web dan iOS.

Fitur Pesan

Selain hashtag, baru-baru ini Google Maps juga menambahkan fitur chat pada aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan kepada pemilik bisnis. Jadi, pengguna dapat berkomunikasi dengan pemilik bisnis tanpa harus menelepon atau mengunjungi toko secara langsung.  Fitur ini dapat ditemukan di menu sebelah kiri dengan nama ‘Messages’ atau dengan menekan tombol ‘Message’ di bagian profil bisnis.

Sementara itu, pemilik bisnis dapat menginstal aplikasi Google My Bisnis terbaru untuk mendaftar dan mengaktifkan fitur pesan ini.

Dikutip dari blog resmi Google, saat fitur ini diluncurkan, pengguna Google Maps di seluruh dunia akan langsung dapat menikmati fitur chat asalkan pemilik bisnis tersebut telah mengaktifkan fitur ini.

Sudah coba fitur-fitur baru dari Google Maps ini?

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed