Docotel Official Blog
e-kyc

Ketahui Apa Itu e-KYC serta Kelebihan yang Dimiliki.

Berkembangnya teknologi secara pesat, membuat banyak industri harus berinovasi mengikuti perkembangan sesuai dengan produk yang dimiliki. Hal ini juga berlaku pada industri keuangan di era digital seperti sekarang ini. Jika dahulu segala proses administratif dilakukan secara bertatapan dengan konsumen, maka saat ini bisa dilakukan secara daring (online). Dalam industri perbankan mungkin sudah umum dengan istilah KYC (Know Your Customer), dimana proses identifikasi, verifikasi, dan juga pemantauan terkait transaksi yang dilakukan oleh nasabah dari suatu bank. Tujuan dari KYC ini adalah sebagai bentuk pencegahan dan juga menghindari hal-hal yang bisa merugikan konsumen, seperti penipuan dan juga penggelapan uang yang biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.  

Sebelum bahas terkait e-KYC lebih jauh, ketahui dulu perbedaan antara e-KYC dengan KYC. Dahulu KYC dilakukan secara langsung dengan nasabah, kemudian untuk saat ini KYC bisa dilakukan dengan metode e-KYC dimana bisa dilakukan secara daring (online). Simak gambar di bawah ini untuk mengetahui perbedaan antara KYC dengan e-KYC dengan lebih jelas.

Ketahui Apa Itu e-KYC serta Kelebihan yang Dimiliki. 1
(Ilustrasi pribadi)

Jika sebelumnya KYC yang dilakukan melalui cara konvensional, dimana konsumen harus datang ke tempat baru bisa memproses semuanya. Saat ini semua bisa dilakukan secara daring (online), sehingga konsumen bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja dengan bermodalkan smartphone. Tujuan dari industri perbankan mengikuti perkembangan era ini adalah tidak lain tidak bukan untuk memudahkan baik calon konsumen atau pun konsumen yang sudah ada. Peralihan dari konvensional menjadi digital ini cukup membuat banyak kelebihan yang dimiliki oleh e-KYC, seperti : 

1. Cepat dan praktis.

Dengan dilakukannya KYC melalui daring ini tentu saja dari segi waktu akan lebih cepat dan praktis, karena proses e-KYC ini bisa dilakukan jarak jauh dari mana pun dan kapan pun.

2. Bisa terhindar dari tindak kejahatan.

Tindak kejahatan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa mengenal korban, bisa terminimalisir  dengan adanya e-KYC. 

3. Keamanan lebih terjamin.

KYC yang dilakukan secara online ini bisa lebih menjamin keamanan baik secara data ataupun fisik untuk calon konsumen ataupun konsumen. 

4. Lebih hemat biaya.

Jika biasanya untuk ke bank saja butuh waktu dan tenaga, maka sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga tidak butuh pergi ke tempat tertentu.

5. Tidak memerlukan kertas lagi.

Dengan e-KYC, maka seluruh dokumen yang dibutuhkan bisa di isi melalui smartphone yang dimiliki sehingga tidak perlu membutuhkan kertas lagi. Selanjutnya untuk dokumen identitas pribadi, bisa langsung di unggah sesuai dengan yang diperlukan. 

Ketahui Apa Itu e-KYC serta Kelebihan yang Dimiliki. 2
(Sumber foto : Freepik)

Dengan pertimbangan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh e-KYC, maka e-KYC bisa digunakan di banyak industri, tidak hanya di industri perbankan. e-KYC ini akan membantu perusahaan sebagai identifikasi, verifikasi, dan pemantauan kepada konsumen atau pun calon konsumennya. e-KYC juga memiliki beberapa manfaat untuk dunia perbankan, diantaranya adalah :

  1. Bank dapat lebih mengenali nasabah.
  2. Dapat membantu bank dalam  mengetahui dan memahami karakter transaksi konsumennya.
  3. Dapat menurunkan risiko money laundering dengan cara mengawasi kegiatan transaksi konsumennya.
  4. Membantu konsumen dalam mencegah penipuan dan juga kerugian akibat transaksi yang tidak biasa.
  5. Memudahkan konsumen dalam proses verifikasi data diri yang lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

KYC konvensional biasanya di atur dalam UU Republik Indonesia No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan juga dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 30/PMK.010/2010 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah bagi Lembaga Keuangan Non-Bank. Sedangkan untuk e-KYC, hukumnya di atur dalam POJK Nomor 12-POJK.01-2017 tentang Penerapan Program APU PPT di Sektor Jasa Keuangan.

Kesimpulan

E-KYC sebagai upaya dalam memastikan kebenaran dari konsumen hingga calon konsumen. KYC sendiri umumnya digunakan oleh industri keuangan dan perbankan, hingga saat ini KYC konvensional sudah sedikit teralihkan dengan e-KYC karena e-KYC lebih mudah, cepat, dan aman. e-KYC ini juga memiliki beberapa poin yang membuatnya lebih unggul apabila dibandingkan dengan KYC konvensional.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Telemedicine, Apa Saja?

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi di bidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Zatira Chairunnisa

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement