Docotel Official Blog
security key

Security Key, Apa Saja Kelebihannya?

Berkembangnya teknologi secara pesat membuat pengamanan pada suatu akun harus lebih ekstra lagi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa saja merugikan pihak-pihak tertentu. Keamanan akun ataupun perangkat dengan kata sandi saja tidak cukup, perlu ditambahkan bentuk pencegahan lainnya seperti dengan penggunaan security key

Memang security key memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan pada akun ataupun perangkat yang dimiliki. Selain untuk meningkatkan keamanan, ada juga beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila menggunakan security key yaitu : 

1. Tanpa sambungan dan tanpa baterai.

Jika di era digital seperti sekarang, banyak alat yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan secara daring (online), maka berbeda dengan security key yang bisa digunakan. 

2. Mudah digunakan kapan pun dan dimana pun.

Hadirnya security key yang bisa digunakan tanpa ada sambungan jaringan dan tanpa baterai ini membuat security key cenderung lebih mudah untuk digunakan kapan pun dan dimana pun saat dibutuhkan. 

3. Mencegah phishing atau pencurian data.

Seperti yang kita ketahui secara bersama bahwa phishing cukup marak terjadi dan bisa mengenai siapa pun itu (khususnya orang yang cukup di kenal oleh publik), sehingga penggunaan security key ini bisa membantu pemiliknya dalam mencegah phishing dan juga pencurian data.

4. Bisa untuk penggunaan dengan tujuan yang berbeda.

Tujuan yang berbeda yang di maksud adalah security key bisa digunakan untuk Single Sign-On (SSO), Multi-Factor Authentication (MFA), hingga bisa juga untuk pendukung standar autentikasi FIDO termasuk Universal Second Factor (2FA).

Selain kelebihan-kelebihan di atas, penggunaan security key juga bisa disesuaikan dengan jenis-jenis security key yang ada dan juga perangkat yang dimiliki. Security key dapat disesuaikan dengan port yang ada pada perangkat-perangkat yang dimiliki, baik seperti laptop, smartphone, tablet/iPad dan sebagainya. Port sendiri secara sederhana adalah mekanisme yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dengan koneksi ataupun perangkat lainnnya. Sebelum dihubungkan ke perangkat yang dimiliki, perlu periksa apa jenis port yang dibutuhkan atau diperlukan agar kemudian bisa disesuaikan. Hal ini perlu diperhatikanjuga bila ingin menghubungkan antara security key dengan perangkat yang dimiliki. 

Security key yang ada di pasaran saat ini, sudah cukup banyak jenis portnya. Jika ingin menggunakannya, hanya perlu memperhatikan port apa yang dibutuhkan. Jenis-jenis security key yang dibutuhkan pasaran juga bisa disesuaikan, ketahui apa saja jenis-jenis security key yang dibutuhkan :

Security Key, Apa Saja Kelebihannya? 1
(sumber foto: www.yubico.com)

1. Security key dengan kabel USB type A.

Port jenis USB type A ini yang paling mudah ditemukan seperti di komputer/PC/Laptop.

2. Security key dengan kabel USB type C.

Port jenis USB type C ini biasanya terdapat di smartphone ataupun laptop. Sehingga apabila pemilik security key dengan mobilitas tinggi, bisa menggunakan security key tipe ini karena bisa dihubungkan otomatis antara smartphone dan juga laptop.

3. Security key dengan kabel USB lightning dan type C.

Port jenis USB lightning dan type C ini cocok digunakan untuk para pengguna Apple (iPhone/iPad). 

4. Security key dengan fitur NFC (Near-Field Communication).

Security key tipe ini, termasuk kategori security key yang mudah digunakan oleh pemilik perangkat apa pun selama perangkat yang dimiliki terdapat fitur NFC. Penggunaan security key tipe yang ini juga cenderung lebih memudahkan pengguna karena cara menggunakannya hanya dengan menempelkan antara security key ke perangkat yang ingin disambungkan sehingga tidak perlu memperhatikan jenis port yang ada pada perangkat yang akan digunakan.

 

Kesimpulan

Security key bisa digunakan dengan mudah dari mulai smartphone, tablet, hingga laptop/PC, tanpa adanya sambungan jaringan apa pun dan juga bisa tetap di akses tanpa baterai. Bentuk fisik dari security key ini juga sangat kecil sehingga mudah di bawa kemana saja. Kelebihan utama yang dimiliki oleh security key sendiri adalah membantu pemilik akun atau perangkat agar terhindar dari kejahatan-kejahatan yang marak terjadi di dunia maya dengan melalui platform apa pun (e-mail, Instagram, Twitter, dan yang lainnya) seperti phishing atau pencurian data.

Baca Juga : Tanda Tangan Digital, Memudahkan atau Meresahkan?

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi di bidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Zatira Chairunnisa

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement