Docotel Official Blog
RPA

Apa itu Robot Process Automation (RPA) dan Bagaimana Karakteristiknya?

Berkembangnya teknologi membuat munculnya banyak inovasi beragam yang diciptakan dengan menyesuaikan era yang ada. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini membuat perencanaan robot yang dapat digunakan sebagai asisten manusia sudah mulai bisa di lihat dan dirasakan secara langsung. Contohnya dengan penggunaan RPA sebagai asisten karyawan dalam melakukan pekerjaan di perusahaan. Robot Process Automation (RPA) adalah penggunaan aplikasi teknologi (robot) untuk mengonfigurasi atau mereplikasi aktivitas yang melibatkan manusia dalam berinteraksi atau dengan antarmuka UI komputer. Perangkat lunak akan memfasilitasi berbagai tugas dari jumlah data yang sedikit hingga jujmlah data yang besar (Big Data) sehingga semuanya akan berjalan secara otomatis.

RPA juga memiliki 3 karakteristik yang hanya dimiliki oleh RPA, yaitu :

1. Tidak membutuhkan kode pemograman.

Penggunaan RPA ini, tidak membutuhkan karyawan yang ahli pemograman. Karyawan yang ada hanya perlu diberikan edukasi terkait cara kerja RPA yang cukup mudah dipelajari. Dengan hal ini, karyawan yang akan mengoperasikan RPA bisa melakukannya

2. Mudah digunakan tanpa harus memiliki keahlian pemograman pada komputer.

RPA termasuk cukup mudah untuk dipahami dan digunakan karena tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikannya.

3. Tidak mengganggu kinerja karyawan.

Perangkat RPA yang sudah berjalan, bisa bekerja secara otomatis tanpa mengganggu manusia ataupun kinerja dari manusianya.

Apa itu Robot Process Automation (RPA) dan Bagaimana Karakteristiknya? 1
(Sumber foto: Freepik)

Selain itu, penggunaan RPA sebagai asisten manusia yang diperuntukkan membantu kinerja manusia dalam suatu perusahaan ini juga memiliki 5 manfaat yang sangat menguntungkan baik untuk sisi karyawan ataupun sisi perusahaannya, seperti berikut ini :

1. Efisiensi waktu dan biaya.

RPA yang bekerja secara otomatis membuat manusia lebih dapat menghemat waktu. Jika sebelumnya harus mengikuti dan menyesuaikan karyawannya, maka dengan penggunaan RPA bisa berjalan secara otomatis tanpa harus menunggu-nunggu lagi sehingga akan lebih menghemat waktu untuk karyawan dan perusahaan. Dengan pekerjaan yang dilakukan secara otomatis, membuat RPA dapat membantu perusahaan untuk mengeluarkan biaya yang lebih sedikit kedepannya.

2. Fleksibilitas yang lebih baik.

RPA yang menggunakan robot sebagai alat utamanya membuat fleksibilitas yang dimiliki oleh RPA lebih baik karena bisa disesuaikan sesuai kemauan dari karyawan atau kebutuhan dari perusahaan. Apabila robot RPA sedang melakukan pekerjaannya dan tiba-tiba ingin ditambahkan pekerjaannya, maka penambahan bisa dilakukan saat itu juga sehingga robot RPA akan otomatis melakukan pekerjaannya yang sudah di terima baik sebelumnya atau pun pekerjaan baru yang ditambahkan.

3. Lebih mudah diandalkan.

RPA bisa lebih diandalkan karena robot yang bekerja tidak bisa sakit ataupun bosan dalam melakukan pekerjaannya. Riwayat dari aktivitas yang dilakukan oleh robot RPA ini juga di rekam dan di lacak sehingga pekerjaan akan lebih mudah.

4. Kualitas dan akurasi yang lebih tinggi.

Jika manusia bisa merasakan lelah yang dapat berakibat pada menurunnya kualitas pekerjaannya tetapi ketika dilakukan oleh robot RPA maka kualitas dari pekerjaannya akan lebih baik dan juga lebih akurat dikarenakan sistem pekerjaan robot yang menggunakan mesin dan bisa di atur melalui sistem.

5. Produktivitas lebih baik.

Dengan penggunaan robot pada RPA, dapat membuat produktivitas perusahaan lebih baik dan meningkat. Hal ini dikarenakan robot RPA dapat bekerja selama 24 jam dalam sehari. Bahkan ketika volume pekerjaannya lebih banyak dari biasanya, robot yang ada pada RPA ini akan secara otomatis melakukan pekerjaannya tanpa melakukan kesalahan atau merasa terbebani.

 

Kesimpulan

RPA yang merupakan robot yang sudah dikembangkan oleh manusia dengan tujuan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya sudah bisa diaplikasikan dan digunakan di banyak perusahaan. Penggunaan dari RPA ini bertujuan untuk memudahkan manusia dan juga perusahaan dalam melakukan pekerjaan terutama bila pekerjaan tersebut dalam skala besar, hal ini juga dapat meminimalisir kesalahan manusia (human error) dalam melakukan pekerjaan. RPA dapat menjadi investasi untuk perusahaan karena bisa meningkatkan produktivitas kerja dengan kualitas yang lebih baik dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia.

Baca Juga : Tanda tangan digital membutuhkan sertifikat elektronik, mengapa?

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi di bidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Zatira Chairunnisa

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement