Docotel Official Blog
AI Chatbot Indonesia 2

Kenali AI Chatbot Indonesia dan Kegunaannya bagi Bisnis

Apa itu AI Chatbot Indonesia dan manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari? Chatbot merupakan sebuah program komputer yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan via online atau chatting.

Program komputer Chatbot ini mampu memproses percakapan manusia sebagaimananya interaksi antar manusia sesungguhnya dalam segi komunikasi.

Berdasarkan riset global survey “The State of AI in 2021” yang dilakukan oleh McKinsey, adopsi teknologi kecerdasan buatan seperti ML atau machine learning, computer vision, serta NLP atau natural language processing telah mencapai angka 57 persen di tahun 2021.

Angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan signifikan dibanding tahun 2020 sebesar 45 persen. Hal inilah yang menjadi indikator semakin meningkatnya penerapan teknologi kecerdasan buatan ini untuk mendukung proses bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha.

 

AI Chatbot Indonesia

Di Indonesia sendiri, Chatbot sendiri telah dapat ditemukan di berbagai platform, mulai dari situs web, aplikasi pesan, hingga media sosial.

Program komputer yang digunakan dalam chatbot sendiri adalah AI atau kecerdasan buatan dan NLP atau Natural Language Process yang berfungsi untuk dapat memahami pertanyaan dan memberikan respon yang tepat.

Dari sisi bisnis sendiri, program ini sangatlah menguntungkan dimana seorang pelanggan yang bertanya dapat dengan cepat mendapatkan jawaban dan menyelesaikan masalah mereka.

Selain berkomunikasi, Chatbot juga memiliki berbagai fungsi lain seperti mengajukan permintaan layanan, mengirim email, hingga menghubungkan dengan customer service secara langsung jika memang diperlukan.

 

Proses Kerja Chatbot

Secara umum, Chatbot diprogram dalam basis teks dan digunakan untuk menjawab pertanyaan sederhana dengan jawaban yang telah ditulis oleh developernya.

Namun, dengan perkembangan yang semakin canggih saat ini serta pengintegrasian dengan NLP atau Natural Language Process saat ini Chatbot semakin canggih dan mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.

Selain itu, Artificial Intelligence atau AI yang digunakan Chatbot saat ini juga semakin canggih sehingga interaksi dengan pengguna dapat terus meningkat sehingga dapat memperkirakan apa saja yang dibutuhkan setiap pengguna sesuai kebutuhan.

Dari sisi bisnis, program Chatbot juga seringkali ditemukan di berbagai situs website bisnis. Seperti contohnya, ketika kamu memasuki sebuah website dan terdapat pesan chat yang muncul di layar, itu adalah salah satu pengiimplementasian Chatbot yang digunakan.

Dengan penggabungan antara AI atau Artificial Intelligence, NLP atau Natural Language Process, serta machine learning maka program Chatbot tersebut dapat memproses data untuk memberikan respons yang tepat kepada pengguna tergantung permintaannya dari berbagai jenis.

Berikut ini salah satu contoh proses kerja Chatbot Indonesia, yaitu Robochat yang diimplementasikan dalam sebuah bisnis:

AI Chatbot Indonesia 2

Dotocel Teknologi

Jenis Chatbot

Secara umum, terdapat dua jenis utama chatbot yang harus kamu ketahui, sebagai berikut

  • Declarative Chatbot yang Berorientasi Tugas

Jenis pertama, yaitu Declarative Chatbot yang merupakan program komputer yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan satu fungsi khusus.

Chatbot ini menggunakan Natural Language Process serta Machine Learning dalam jumlah yang kecil untuk menjawab pertanyaan pengguna dan memberikan respons secara langsung seolah-olah seperti percakapan pada umumnya.

Ketika melakukan interaksi dengan Chatbot jenis ini, respons yang diberikan akan sangat terfokus dan terstruktur pada pertanyaan yang diberikan. Oleh sebab itu, Declarative Chatbot ini pada umumnya bisa ditemukan di konteks dukungan serta layanan.

Walaupun Chatbot jenis ini memanfaatkan Natural Language Process agar pengguna dapat berinteraksi dan melakukan percakapan, namun kemampuan dari Declarative Chatbot ini masih berada di tingkat dasar.

Saat ini sendiri, Declarative Chatbot menjadi jenis Chatbot yang paling banyak digunakan dan ditemukan untuk mendukung berjalannya bisnis.

 

  • Predictive Chatbot yang Berbasis Data dan Percakapan

Jenis kedua, yaitu Predictive Chatbot yang berbasis pada data dan percakapan atau sering dikenal dan disebut sebagai asisten digital maupun asisten virtual.

Chatbot jenis ini jauh lebih modern, interaktif, serta individual jika dibandingkan dengan Declarative Chatbot yang berorientasi tugas.

Predictive Chatbot memiliki pemahaman kontekstual serta penggunaan Natural Language Understanding atau NLU, Natural Language Process atau NLP, serta Machine Learning atau ML yang dapat belajar dengan seiring berjalannya waktu.

Program ini menerapkan kecerdasan prediksi serta analitik yang memungkinkan personalisasi sesuai dengan profil pengguna serta perilaku pengguna.

Asisten virtual atau asisten digital ini dapat seiring berjalannya waktu mengambil pelajaran dari preferensi pengguna yang ditunjukkan dengan memberikan rekomendasi hingga meramal kebutuhan penggunanya.

Selain itu, Predictive Chatbot ini juga dapat melihat data dan niat pengguna dan juga memulai percakapan dengan pengguna.

Contoh pengimplementasian Chatbot yang berbasis data dan percakapan sendiri dapat kita temukan secara umum, seperti Siri dari Apple dan Alexa dari Amazon.

Fungsi Chatbot dalam Bisnis

AI Chatbot Indonesia 2

Dotocel Teknologi

 

Chatbot dalam ruang lingkup bisnis sendiri dapat berguna untuk memberikan pelayanan cepat kepada calon pelanggan secara online.

Namun, hal tersebut bukanlah menjadi satu-satunya manfaat dari penggunaan Chatbot sendiri. Penggunaan Chatbot pada bisnis yang tepat juga dapat memberikan banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Simak selengkapnya disini!

 

  • Efektivitas Biaya

Dalam bisnis, Chatbot seringkali dianggap sebagai sebuah investasi sekali bayar. Dimana hal ini dikarenakan, Chatbot dapat meningkatkan efisiensi operasional dan menghemat pengeluaran biaya dalam sebuah bisnis serta menawarkan kenyamanan serta layanan tambahan baik kepada pengguna eksternal maupun karyawan internal dalam bisnis.

Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk mengurangi tenaga kerja dalam konteks dukungan dan layanan, karena dapat dengan mudah menyelasaikan berbagai pertanayan dan masalah pelanggan tanpa interaksi manusia yang berlebihan.

Dengan begitu, tenaga manusia yang ada dapat dikerahkan untuk masalah yang lebih kompleks dan menciptakan strategi yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis.

Penggunaan Chatbot ini juga bermanfaat untuk mengurangi error yang seringkali muncul dengan interaksi manusia jika proses yang ada sudah matang.

 

  • Menghemat Waktu

Fungsi kedua dari Chatbot adalah menghemat waktu, karena dapat menangani berbagai tugas rutin yang harus dilakukan secara berulang-ulang serta melakukannya dengan lebih cepat dibandingkan tenaga manusia.

Seperti contohnya, Chatbot yang digunakan dalam perbankan dapat menghemat empat menit untuk setiap pertanyaan jika dibandingkan dengan panggilan telepon.

Selain itu, Chatbot juga dapat bekerja 24 jam untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Hal ini dapat memberikan nilai plus dan kepuasan dari sisi konsumen sehingga ia tidak ragu untuk merekomendasikan produk maupun layanan yang diberikan kepada orang disekitarnya.

Chatbot juga dapat berinteraksi dengan beberapa pengguna secara langsung di waktu yang bersamaan. Dengan begitu, antrian tunggu yang ada tidak menunggu dan kepuasan pengguna tetap terjaga.

Pengguna dapat mendapatkan jawaban secara langsung atas pertanyaan yang mereka berikan saat melakukan interaksi dengan Chatbot.

 

  • Mengidentifikasi Prospek Bisnis

Fungsi ketiga Chatbot adalah mengidentifikasi prospek bisnis, hal ini dikarenakan Chatbot merupakan program ahli yang mampu mengidentifikasi pola serta kata kunci.

Pemrograman yang ada di Chatbot dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kata-kata kunci yang digunakan oleh pengguna dan dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

 

  • Kepuasan Pelanggan Meningkat

Chatbot dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menjawab berbagai jenis pertanyaan, menangani keluhan, serta memberikan kebutuhan lainnya kepada para pengguna dengan tepat.

Selain itu, Chatbot yang dapat bekerja 24 jam juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dimana mereka bisa mendapatkan respons atas pertanyaan maupun keluhan mereka dengan cepat dan tepat secara langsung.

 

  • Meminimalisir Terjadinya Eror

Fungsi selanjutnya dari Chatbot adalah meminimalisir terjadinya error atau kesalahan di dalam sebuah bisnis yang pada umumnya sering terjadi dan merupakan hal biasa.

Namun, dengan adanya penggunaan Chatbot ini, sebuah perusahaan dapat meminimalisir kesalahan tersebut yang sering ada karena adanya interaksi antar manusia.

Jawaban yang diberikan untuk setiap pertanyaan juga dapat diatur dan diinstruksikan sehingga setiap pengguna dapat menerima informasi yang tepat dan akurat sesuai keinginan perusahaan

 

  • Meningkatkan Penjualan

Selain dapat memberikan pelayanan yang baik, Chatbot juga dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan.

Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya kepuasan pengguna, maka penjualan produk maupun layanan pun juga akan meningkat. Peringkat atau rating yang diterima perusahaan juga akan terus meningkat dengan adanya peningkatan transaksi atau penjualan tersebut.

.

Layanan Chatbot Indonesia

Berikut ini terdapat beberapa perusahaan yang mengembangkan layanan Chatbot Indonesia, simak informasi selengkapnya.

  • Robochat

Robochat yang dikembangkan oleh Docotel Teknologi merupakan perusahaan yang berdiri di tahun 2011. Berfokus pada solusi integrasi sistem untuk berbagai sektor, termasuk perbankan, multifinance, peer-to-peer, asuransi, layanan kesehatan, hingga pemerintahan dan perusahaan swasta.

Robochat merupakan teknologi Chatbot yang dirancang untuk dapat melakukan percakapan intelektual baik secara teks, audio, hingga suara.

Robochat bekerja dengan adanya pemanfaatan AI atau Artificial Intelligence, ML atau Machine Learning, serta N;P atau Natural Language Processing dalam bahasa lokal yang berbasis solusi SAAS atau Software as a Service.

Hal ini yang memungkinkan perusahaan dapat dengan mudah melayani lebih banyak pelanggan, mengurangi biaya serta meningkatkan tingkat layanan disaat yang sama, dengan menyediakan AI Chatbot yang secara otomatis dapat berkomunikasi dan bertransaksi dengan pelanggan.

Interaksi ini sendiri bisa berlangsung di berbagai saluran komunikasi, mulai dari email, whatsapp, facebook messenger, line, telegram, situs web, hingga aplikasi seluler.

Robochat sendiri juga memiliki beberapa keuntungan yang dapat bermanfaat bagi pebisnis, seperti:

 

  • Combination of Chatbot and Omni Channel , yang merupakan bentuk kerjasama antar manusia dengan mesin yang dapat meningkatkan kemampuan agen dalam pemecahan masalah yang kompleks.
  • Connected to existing system via API seamlessly , dimana Robochat dapat menghubungan sistem yang ada dengan chatbot untuk melakukan transaksi serta interaksi dengan pelanggan guna mendapatkan data yang relevan.
  • Highly Customizable, mampu memberikan kemudahan dengan membuat pesona chatbot yang sesuai dengan produk maupun layanan yang ditawarkan, segmen, hingga target pasar yang diinginkan oleh perusahaan
  • Fast Delivery, waktu rata-rata untuk pengembang kustom dapat dirilis kurang dari 4 minggu
  • Competitive Pricing and Service Excellence, in house NLP dan ML yang dibangun dalam bahasa lokal guna memastikan inovasi dan fleksibilitas yang cepat dalam melayani pelanggan dengan bahasa mereka.


  • Kata.ai

Kata.ai merupakan perusahaan yang didirikan sejak tahun 2015 oleh YesBoss yang merupakan sebuah perusahaan start up yang menyediakan jasa layanan chatbot yang dapat membantu mempermudah aspek operasional bisnis dari para perusahaan yang ada di Indonesia.

Layanan Chatbot Kata.ai ini sendiri terdiri dari berbagai aspek, mulai dari layanan pelanggan, pemasaran produk maupun jasa, proses jual beli, serta pengumpulan data media sosial dan juga aplikasi pesan instan milik perusahaan.

 

  • EVA

EVA merupakan perusahaan yang memberikan layanan pembuatan Chatbot yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan sebuah perusahaan tanpa perlu kemampuan programming.

Perusahaan EVA ini sendiri telah bekerja sama dengan berbagai klien ternama mulai dari perusahaan BUMN hingga perusahaan swasta.

Keunggulan dari Chatbot EVA ini sendiri adalah kemampuannya untuk disinkronkan ke berbagai platform di dalam satu dashboard . Chatbot ini memberikan kesempatan bagi calon klien untuk menggunakan free trial yang bisa digunakan sebelum mengambil keputusan.

Chatbot EVA ini tidak hanya berfokus pada penjualan atau peningkatan produk maupun jasa, namun juga memberikan pengetahuan mengenai teknologi Chatbot kepada pelanggan dengan memberikan pembelajaran bagaimana cara membuat Chatbot secara instan dengan langkah-langkahnya yang praktis.

 

  • AiChat

AiChat merupakan sebuah perusahaan start up yang pertama kali beroperasi di Singapura dan saat ini telah hadir di Indonesia untuk memberikan layanan pembuatan Chatbot bagi para pebisnis dan perusahaan.

AiChat juga mengklaim bahwa Chatbot mereka dapat mengotomatisasi 91% bagian bisnis perusahaan serta meningkatkan tingkat percakapan hingga tiga kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan sebelumnya.

AiChat sendiri telah mengalami banyak perubahan dan transformasi. Dimana, pada awalnya di tahun 2016 AiChat sendiri merupakan Chatbot sederhana, dan hingga saat ini berubah menjadi Chatbot dengan daya guna tinggi.

Keunggulan dari Chatbot AiChat sendiri ada pada fitur multibahasa yang memungkinkan konsumen mendeteksi bahasa serta istilah populer, sehingga pesan yang diterima dapat lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Melalui layanan dengan teknologi yang canggih, AiChat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengotomatisasi proses bisnis dan interaksi dengan pelanggan.

 

  • Lenna

Lenna merupakan platform percakapan yang cukup dikenal di Indonesia dengan tujuan meningkatkan proses bisnis perusahaan melalui berbagai saluran percakapan.

Kelebihan utama dari Chatbot Lenna sendiri adalah kemampuan yang dimiliki untuk membantu pelanggan membuat Chatbot tanpa memerlukan pemrograman khusus.

Hal ini memungkinkan para pelanggan untuk melakukan pengaturan menggunakan metode drag and drop.

Bukan hanya itu, Chatbot ini juga memiliki sifat multichannel yang cukup luas karena mencakup berbagai platform seperti pesan, custom application, web, SDK, email, e-commerce, hingga media sosial.

Melalui analisis komprehensif, platform Lenna dapat memberikan berbagai informasi penting dan berharga bagi perusahaan, mulai dari pelacakan konversi, laporan, serta wawasan baru melalui percakapan Chatbot.

 

  • Mekari

Mekari atau yang dikenal juga dengan PT Mid Solusi Nusantara, merupakan sebuah perusahaan software as a service, dengan memberikan jasa untuk pembuatan Chatbot bagi perusahaan dan pebisnis.

Mekari pertama kali berdiri di tahun 2015, dimana pada saat itu layanan Chatbot sendiri masih sangatlah langka berbeda dengan saat ini dimana layanan ini sudah berkembang secara pesat.

Salah satu produk unggulan dari PT Mid Solusi Nusantara ini sendiri adalah layanan Chatbot yang ada di dalam Mekari Qontak.

Mekari memiliki kepercayaan bahwa layanan Chatbot yang dimilikinya dapat meningkatkan penjualan produk maupun jasa dari pebisnis melalui interaksi antara konsumen dengan Chatbot yang responsif dan efektif.

Berdasarkan informasi yang ada di atas terkait apa itu Chatbot, bagaimana cara kerjanya, hingga berbagai layanan Chatbot Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan perusahaan maupun pebisnis, dapat kita simpulkan bahwa dengan adanya kehadiran Chatbot ini sendiri dapat mempermudah perusahaan untuk lebih terhubung dengan konsumennya dengan penggunaan sumber daya yang lebih sedikit.

Namun, dengan berkembangnya teknologi saat ini maka persaingan antara penyedia layanan ini juga semakin ketat, oleh sebab itu sangat penting bagi perusahaan maupun pebisnis untuk memiliki Chatbot yang tepat. Semoga informasi terkait Chatbot Indonesia yang ada di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca Docotel !

teresaiswara

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement