Docotel Official Blog
Internet of Thing! 1

Internet of Thing!

Apakah anda pernah mendengar istilah IOT (Internet Of Thing?). Istilah ini bukan istilah baru lagi, IOT cukup sering menjadi topik hangat yang diperbincangkan beberapa tahun terakhir. IOT disebut-sebut akan menjadi konsep yang dapat merubah hidup manusia ke depan.

Kok bisa? Memangnya, apa itu IOT? Sehebat apa sih IOT?  Agar lebih jelas, Docotel akan menjelaskannya untuk anda.

Istilah IOT berawal dari Kevin Ashton dan muncul sekitar tahun 1999. Meskipun hingga kini belum ada  definisi spesifik mengenai apa itu IOT, namun secara garis besar dapat dikatakan bahwa IOT adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan perangkat satu sama lain dengan atau tanpa memerlukan interaksi manusia.

IOT bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang terhubung secara terus-menerus, jadi saat suatu perangkat terhubung dengan internet, perangkat dapat berjalan dengan atau tanpa kontrol manusia.  Perangkat yang dimaksud dapat berupa smartphone, TV, mobil, kulkas, dan bahkan kota sekalipun.

Saat ini, ketersediaan internet yang memadai, biaya internet yang semakin murah, dan alat pengembangan teknologi yang semakin terjangkau menjadikan IOT sebagai alat yang sempurna untuk digunakan. Sebagai contoh, apakah anda pernah mendengar tentang alat penyiram tanaman otomatis? Alat tersebut dapat menyiram tanaman dengan sendirinya tanpa perlu control manusia. Kok bisa, sih? Alat tersebut bekerja sesuai jadwal yang talah di atur sebelumnya, bisa juga sesuai dengan kelembapan tanah pada tanaman.

Contoh lain, IOT juga dapat membantu dalam penataan kota serta pelaksanaan dari konsep Smart City. Di Indonesia sendiri, beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Makasar dan Bandung sudah menerapkan konsep Smart City. Seperti contoh, sebuah kota yang menerapkan konsep Smart City menggunakan CCTV sebagai perangkatnya, CCTV yang ditaruh di setiap sudut wilayah memiliki system yang terhubung dengan internet, dengan begitu, Walikota ataupun orang yang bertugas mengontrol dapat melihat keadaan kota secara real-time menggunakan monitor sebagai perangkat kedua. Bukan hanya itu, peran IOT dalam Smart City juga diaplikasikan di berbagai bidang. Seperti E-Government, E-Budgeting, dan lain-lain. Selain itu, IOT juga dapat digunakan pada bidang kesehatan, pengelolaan infrastruktur, dan lain-lain.

Bisa dibayangkan, bagaimana IOT dapat membantu mempermudah kegiatan anda sehari-hari. Semua kegiatan dapat anda lakukan dengan mudah, dan juga system control akan membuat seluruh kegiatan terasa efektif dan efisien. Itulah tadi penjelasan singkat mengenai IOT. Bagaimana menurut anda?

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement