Docotel Official Blog

Augmented Reality, menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata

Akhir-akhir ini, Augmented Reality (AR) sedang ramai diperbincangkan. Teknologi yang menjadi saudara dari Virtual Reality (VR) ini mulai menjadi perbincangan setelah game menangkap monster keluaran Niantic yaitu Pokemon Go ‘meledak’ diseluruh dunia. Game yang satu ini memang tidak biasa, game tersebut mengharuskan pemainnya untuk berjalan mencari monster yang tersebar di beberapa wilayah. Dengan menggunakan teknologi GPS dan Augmented Reality (AR), game tersebut terbilang sukses dipasaran.

Nah, apa itu AR?

Augmented Reality adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Jika Virtual Reality (VR) menghadirkan lingkungan yang seluruhnya menggunakan 3D, AR tetap menggunakan lingkungan dari dunia nyata lalu digabungkan dengan objek-objek virtual menggunakan sebuah perangkat. Augmented Reality (AR) sebenarnya dikembangkan sejak tahun 1968, jauh sebelum Pokemon Go muncul. Namun, AR baru mengalami kemajuan pada abad ke 21 ini berkat teknologi pendukungnya.

Perangkat yang digunakan AR

AR dapat Anda gunakan dengan menggunakan perangakat-perangkat dibawah ini.

Optical See-Through merupakan sebuah perangkat yang dipasang dikepala pengguna untuk menampilkan objek virtual di dunia nyata. Perangkat ini mempunyai kaca mata optic didepan mata, disinilah pengguna dapat melihat objek virtual yang digabungkan dengan dunia nyata.

Monitor Based AR juga menggabungkan antara virtual dan dunia nyata. Namun, Monitor Based AR tidak menggunakan perangkat yang dipasang di kepala, namun menggunakan monitor desktop atau smartphone sebagai gantinya. Contohnya bisa Anda lihat di pertandingan sepakbola atau bulutangkis yang menampilkan iklan virtual di tengah-tengah lapangan.

Video See-Through merupakan perangkat yang dipasang dikepala dan memiliki kamera untuk mengambil gambar di dunia nyata dan menggabungkannya dengan objek-objek lalu menampilkannya melalui monitor yang terdapat di perangkat tersebut.

Projector Based AR menggunakan sebuah ojek sebagai alas untuk menampilkan objek virtual. Biasanya perangkat ini digunakan untuk menampilkan contoh desain produk.

Penerapan AR

Penerapan teknologi AR yang sering kita jumpai ada dalam dunia hiburan, mulai dari iklan dalam pertandingan olah raga, hingga ada dalam permainan. Namun ternyata AR juga diterapkan pada dunia medis, pendidikan, serta militer. AR dalam dunia medis dapat membantu para dokter untuk mempersiapkan operasi bedah. Dalam dunia pendidikan, AR dapat digunakan sebagai buku berbentuk 3D untuk menyampaikan materi pelajaran. Dan dalam dunia milliter, AR sudah lama digunakan oleh militer AS sebagai sarana latihan. Militer AS juga memiliki perangkat AR bernama ARC4 yang digunakan para komAndan pasukan untuk mengirimkan informasi secara langsung kepada pAndangan pasukannya.

Begitulah tadi penjelasan mengenai teknologi Augmented Reality (AR) yang sedang ramai diperbincangkan saat ini.  Pada intiinya, AR berfungsi untuk menambahkan objek virtual kedalam dunia nyata Anda. Semoga bermanfaat, ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed