Docotel Official Blog

Bahasa pemrograman yang super aneh dan unik, mau coba?

Java, C, Visual Basic, atau PHP (eitss… bukan PHP yang bikin sakit hati loh ya) pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar bagi orang awam sekalipun, apalagi jika Anda memang berkecimpung dalam dunia pemrograman. Ya, nama-nama tadi adalah nama bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dan dipelajari. Namun, tahukah Anda kalau ternyata banyak dari bahasa pemrograman yang super aneh dan super unik. Aneh gimana, sih? Yuk coba simak dibawah ini!

 

  1. Malbolge

Bahasa pemrograman Malbolge diciptakan oleh Ben Olmstead pada tahun 1998. Malbolge juga disebut sebagai Lingkaran ke-8 neraka karena bahasa pemrograman ini sangatlah aneh dan sulit dimengerti, maka dari itu bahasa Malbolge sudah mulai ditinggalkan saat ini. Awalnya, Malbolge memag tidak diciptakan untuk dipelajari dan digunakan oleh manusia, melainkan ada sebuah program khusus yang diciptakan untuk menulis bahasa ini, yaitu Lisp. Lisp adalah satu-satunya program yang dapat menulis bahasa Malbolge, jadi seperti program yang dikendalikan oleh program. Dan, karena bahasanya yang sangat sulit, program pertama yang dihasilkan Malbolge pun baru keluar dua tahun setelahnya. Lama banget, ya….

 

2.Piet

Jika kebanyakan bahasa pemrograman menggunakan kode-kode untuk menerjemahkan perintah, lain halnya dengan Piet. Bahasa yang diciptakan oleh David Morgan-Mar ini tidak menggunakan kode ataupun simbol dalam penggunaannya, bukan juga menggunakan sandi rahasia. Piet menggunakan berbagai macam warna yang disusun hingga dapat membentuk sebuah program. Bahasa pemrograman yang dinamakan berdasarkan nama seniman abstrak Piet Mondrian ini terdiri dari 20 warna yang berbeda.

 

  1. Velato

Jika Piet menggunakan warna, lain halnya dengan Velato. Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Daniel Temkin ini menggunakan nada sebagai penerjemah perintahnya. Nada? Ya, Velato menggunakan nada berformat MIDI yang nantinya akan membentuk sebuah program yang akan bekerja dengan iramanya masing-masing. Oleh karena itu, bahasa pemrograman Velato juga bisa didengarkan seperti musik pada umumnya. Wih, keren ya! Sepertinya kalau Anda ingin mempelajari Velato, Anda harus mahir nada lebih dulu, nih..

 

  1. Befunge

Befunge juga dikatakan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang tersulit untuk dipelajari. Bahasa yang diciptakan oleh Chris Pressey pada tahun 1993 ini bertujuan untuk menjadi bahasa pemrograman yang tersulit untuk dikompilasi. Bahasa Befunge sendiri sangat membingungkan, terlihat berantakan dan tidak beraturan.

 

5.Whitespace

Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang mengabaikan atau mengabaikan sebagian besar karakter spasi, Whitespace justru kebalikannya. Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Edwin Brady dan Chris Morris ini malah mengabaikan karakter lain selain spasi, tab dan baris. Wah, kok bisa ya?

 

Itu tadi 5 bahasa pemrograman yang super aneh dan super unik. Mungkin saat membaca, yang terlintas dipikran anda adalah bagaimana cara membuat dan menggunakannya. Tapi katanya sih, bahasa pemrograman itu tidak dibuat untuk digunakan secara serius, melainkan untuk hiburan semata. Meskipun begitu, idenya kreatif banget banget ya! Bisa dijadikan hiburan buat para programmer, nih!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed