Docotel Official Blog
Cloud Storage, media penyimpanan masa kini 1

Cloud Storage, media penyimpanan masa kini

Siapa sih yang nggak tahu flashdisk, hard disk, atau SD Card? Yap, itu adalah beberapa perangkat yang biasa digunakan untuk menyimpan ataupun mentransfer data. Perangkat-perangkat ini tergolong fleksibel dalam penggunaannya, karena dapat dibawa kemanapun anda pergi. Namun, sekarang media  penyimpanan sudah beranjak ke era baru, yaitu penyimpanan data secara online yang sering disebut Cloud Storage. Apa itu Cloud Storage? Dibawah ini Docotel akan menjelaskan untuk anda, simak ya!

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah sebuah media penyimpanan berbasis internet (online). Jika anda menyimpan data pada cloud storage, data yang anda simpan akan otomatis tersimpan di server, nantinya data tersebut hanya dapat diakses dengan menggunakan koneksi internet saja. Sebagai contohnya Google Drive, Drop Box, One Drive, ataupun Mega, it

Cloud Storage dapat menyimpan berbagai jenis file. Samakan saja dengan saat anda menyimpan data didalam hardisk atau flashdisk. Mulai dari dokumen, file grafis, file multimedia (audio dan video), dan juga file-file lainnya.

Apakah Cloud  Storage tergolong aman?

Biasanya, perusahaan pembuat Cloud Storage menerapkan 3 teknik keamanan yang bertujuan untuk memberikan kemanan yang lebih tinggi kepada file atau data yang tersimpan. Ke-tiga teknik keamanan tersebut adalah Enkripsi yang membuat data yang tersimpan tidak dapat diakses oleh orang lain, karena sistem Cloud yang menggunakan algoritma khusus sehingga sulit untuk diretas, Autentikasi yang menggunakan username dan password, dan Autorisasiyang berkaitan dengan izin akses, sehingga tidak sembarang orang dapat mengkases data yang tersimpan dalam Cloud Storage.

Apa kelebihan dari Cloud Storage?

Cloud storage dinilai lebih fleksibel dala penggunaannya, karena media penyimpanan yang satu ini hanya membutuhkan koneksi internet, tanpa memerlukan bentuk fisik dari alat penyimpanan seperti flashdisk, hard disk, atau SD Card. Selain itu, Cloud Storage juga dapat digunakan dimana saja, asalkan terhubung ke internet.

Nah, yang tak kalah penting adalah, dengan menggunakan Cloud Storage tingkat keamanan yang ditawarkan lebih tinggi. Misalnya saja, jika anda masih menggunakan alat penyimpanan fisik seperti flashdisik, hard disk, dan lain-lain, saat alat-alat tersebut hilang atau rusak otomatis data yang disimpan juga akan hilang. Namun hal itu tidak berlaku jika anda menggunakan Cloud Storage, data-data anda masih akan tersimpan dengan aman disana.

Lalu, apakah Cloud Storage memiliki kekurangan?

Tentunya ada, setiap hal pasti memiliki kekurangan. Jika kelebihan dari Cloud Storage adalah anda dapat mengakses data dengan hanya menggunakan internet, maka kekurangan dari Cloud Storage adalah anda harus terhubung dengan internet. Jika anda berada dalam kondisi tidak dapat terhubung dengan internet, maka anda juga tidak dapat mengakses data yang anda simpan.

Selain itu, meskipun Cloud Storage tergolong aman, namun bukan berarti anda tidak dapat terhindar dari serangan hacker. Tentu saja kemungkinan tersebut masih saja ada.

Itulah tadi pengertian tentang Cloud Storage. Hingga saat ini, Cloud Storage masih terus mengalami pengembangan untuk menyediakan layanan yang lebih baik.Semoga bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement