Docotel Official Blog
Mengenal perbedaan HTTP dan HTTPS 1

Mengenal perbedaan HTTP dan HTTPS

Bagi Anda yang sering berselanjar di dunia internet, istilah HTTP dan HTTPS pasti sering Anda dengar ataupun lihat. Biasanya HTTP dan HTTPS akan muncul di address bar pada browser ketika Anda akan menjelajah di dunia maya. Meskipun HTTP dan HTTPS hanya berbeda satu huruf, ternyata mereka memiliki perbedaan yang cukup besar loh, apa perbedaan keduanya? Dibawah ini Docotel akan menjelaskan kepada Anda.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara clientdan server. Siapakah client yang dimaksud? Yang menjadi client disini adalah web browser atau perangkat lainnya ya mengakses, menerima, atau menampilkan konten lain. HTTP bekerja saat client melakukan request ke server, kemudian server mengirmkan respon terhadap client. Respon yang diberikan dapat berupa file HTML yang ditampilkan di browser atau data lain yang di-request oleh client. Semua kegiatan itu, telah diatur oleh HTTP.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTPPS) adalah versi yang lebih aman dari HTTP. HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communication pada tahun 1993.

Lalu, apa perbedaan HTTP dan HTTPS?

HTTP tidak menjamin keamanaan data yang ditransfer antara client dan server, sementara HTPPS mencakup autentikasi server, integritas, dan kerahasiaan data. HTTPS menambahkan pengaman lebih agar komunikasi dan pertukaran data yang dilakukan oleh client dan server dapat berlangsung dengan aman.

  1. Menggunakan port yang berbeda

Perbedaan utama yang terlihat dari HTTP dan HTTPS adalah penggunaan port. Dalam proses kerjanya, HTTP menggunakan port 80 sementara port yang digunakan HTTPS adalah port 443.

  1. Penggunaan SSL

Sebenarnya, protokol yang digunakan untuk komunikasi antara  _client-server_ adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, Anda diharuskan memiliki sertifikat SSL atau Secure Socket Layers. SSL adalah teknologi keamanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara _client_ dan server. Jadi, SSL memungkinkan Anda untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan informasi pribadi lainnya dengan aman.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS. Semoga bermanfaat, ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement