Docotel Official Blog
Apa Itu Black Hat, White Hat, Dan Grey Hat Hacker? 7

Apa Itu Black Hat, White Hat, Dan Grey Hat Hacker?

Pada era digital saat ini, sistem keamanan yang ketat menjadi faktor terpenting demi mencegah terjadinya pencurian data dan informasi penting para penggguna internet yang dilakukan oleh parakelompok peretas atau hacker. Data dan informasi yang dicuri tidak tanggung-tanggung, mulai dari alamat email dan password, nomor telepon, alamat tempat tinggal, kartu kredit, hingga informasi pribadi anda lainnya.

Istilah hacker muncul pada tahun 1960-an, istilah ini muncul diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Artifical Intelligence Laboratory Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang merupakan perintis  perkembangan ilmu komputer. Pada awalnya, istilah hacker memiliki arti yang positif, yaitu untuk menyebut anggota yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang komputer dibanding yang lainnya. Hingga akhirnya tahun 1983 istilah hacker berubah menjadi negatif akibat ulah sekelompok pemuda yang dinamakan The414s. The414s ditangkap oleh FBI karena aksinya membobol sekitar 60 buah komputer.

Kasus  itu yang membuat istilah hacker seolah berubah menjadi negatif. Padahal, tidak semua hacker menjalankan aksinya untuk tindak kejahatan. Hacker dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan pola pikir mereka serta memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda, yaitu:

  1. Black Hat Hacker
Apa Itu Black Hat, White Hat, Dan Grey Hat Hacker? 8

Sumber: gxdmtl.com

Istilah hacker  yang selama ini beredar di masyarakat adalah definisi dari black hat hacker. Black hat hacker adalah sebutan untuk hacker yang menjalankan aksinya dengan cara meretas suatu sistem secara ilegal. Banyak dari black hat hacker menjalankan asiya dengan cara meretas suatu sistem untuk mencuri data-data pribadi, alamat email, password, meretas kartu kredit, hingga menginfeksi perangkat menggunakan virus. Data-data yang dicuri itu kemudian dapat diperjualbelikan dengan harga yang tidak murah. Banyak orang yang menganggap black hat hacker sebagai kelompok hacker kriminal, karena kebanyakan aksinya mengakibatkan kerusakan pada sistem serta  kerugian bagi pihak yang diretas, namun menimbulkan keuntungan pada mereka yang meretas.

 

  1. White hat hacker
Apa Itu Black Hat, White Hat, Dan Grey Hat Hacker? 9
Sumber: wccftech.com

White hat hacker mempunyai definisi yang bertolak belakang dengan black hat hacker. White hat hacker adalah istilah untuk hacker yang bekerja mencari celah keamanan dalam suatu sistem atau software. White hat hacker juga sering disebut dengan good hacker atau  ethnical hacker karena mereka menjalankan aksinya dengan menerapkan norma-norma yang berlaku, bukan dengan tindak kriminal. White hat hacker lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana mereka melindungi sebuah sistem, serta menguji keamanan sistem tersebut. Saat white hat hacker menemukan suatu kelemahan, mereka akan langsung menginformasikan kepada developer untuk segera memperbaiki sistem keamanan mereka. Banyak dari white hat hackeryang memang bekerja untuk perusahaan atau organisasi, jadi aksi yang mereka jalankan bukan tindakan ilegal, melainkan memiliki izin tersendiri.

  1. Grey Hat Hacker
Apa Itu Black Hat, White Hat, Dan Grey Hat Hacker? 10
Sumber: thetechnews.com

Jika menurut warna abu-abu selalu berada diantara putih dan hitam. Begitu juga dengan Grey Hat Hacker. Grey Hat Hacker adalah kelompok hacker yang berada ditengah-tengah kedua hacker sebelumya. Kelompok ini mengambil masing-masing sisi dari white hat hacker dan black hat hacker. Umumnya, kelompok Grey hat hacker ini meretas sebuah sistem secara ilegal seperti black hat hacker, biasanya mereka melakukan peretasan hanya untuk uji coba kemampuan, lalu meninggalkan jejak tanpa merusak sistem dan tidak melakukan tindakan yang merugikan seperti apa yang dilakukan white hat hacker.

 

Itulah tadi tiga kelompok hacker yang harus anda ketahui. Ternyata, istilah hacker yang selama ini beredar di masyarakat tidak sepenuhnya benar. Tidak semua hacker melakukan aksinya untuk tindak kejahatan, namun menjaga keamanan akun dan sistem anda sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement