Docotel Official Blog
5 Hal Yang Tak Disadari Yang Dapat Membuat Konsentrasi Kerja Terganggu 1

5 Hal Yang Tak Disadari Yang Dapat Membuat Konsentrasi Kerja Terganggu

Dalam melakukan pekerjaan apapun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kita memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Tanpa konsentrasi dan fokus, sulit rasanya mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal waspadalah karena banyak gangguan disekitar kita.

Agar bisa meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, ada baiknya kita memperhatikan lima hal yang bisa membuat konsentrasi kerja kalian kacau.

Penggunaan Media Sosial

Sosial MediaSosial Media

Tidak bisa pungkiri bahwa aktifnya penggunakan media sosial menjadi salah satu yang membuat konsentrasi kerja kita kacau. Kita sering tidak menyadari bahwa unggahan foto atau status dari teman di media sosial bisa menghasbiskan waktu untuk memperhatikannya. Selain itu kita juga menunda pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan. Saran yang paling bagus untuk mengatasinya yaitu dengan tidak membuka sosial media pada jam kerja.

Mengecek dan Membaca Surat Elektronik

EmailEmail

Mengecek dan membalas email bisa menghabiskan waktu kita untuk bekerja dan berkonsentrasi, mulai dari pengecekan dan membaca email tentunya merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan. Namun hal ini membuat kita gagal fokus pada pekerjaan utama kita karena terlalu sibuk membalas email yang masuk dan mengabiskan waktu produktif kita dalam bekerja.

Cara mengatasinya dengan sisihkan waktu anda khusus untuk membuka dan membalas email yang masuk. Batasi dan sortilah mana email yang menurut kalian penting untuk membalasnya.

Multitasking

MultitaskingMultitasking

Pada dasarnya mulitasking adalah bakat yang bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu secara berlebihan, namun dapat menghabiskan banyak waktu produktif. Ada sebuah penelitian yang dikutip dari “keluarga.com16 April 2018” menyebutkan bahwa ketika seseorang yang sedang bekerja lalu mengerjakan pekerjaan lain dalam satu waktu, maka bisa mengganggu konsentrasi bekerja jika konsentrasi terganggu maka produktivitas menurun dan hasilnya akan tidak akan bagus segaimana mestinya.

Dehidrasi

DehidrasiDehidrasi

Menurut Ketua Umum Persatuan Peminat Gizi dan Pangan (PerGizi Pangan) Indonesia Hardiansyah menyebutkan bahwa “Dehidrasi bisa mengakibatkan memory loss sementara”. Dampak dehidrasi dapat langsung menyerang sel di tubuh kita. Airlah yang mebuat sel tubuh solid dan bersatu, karena air membuat lapisan sel memproduksi ion hidronium yang menjadikan air berfungsi seperti lem dan perkat antarsel. Dalam kondisi seperti ini, efesiensi protein dan enzim pun meningkat. Sebaliknya, bila sel mengalami dehidrasi, metabolisme tubuh pun terganggu.

Cara mengatasi dehidrasi salah satunya dengan pernayaklah meminum air mineral, air mineral sangat bermanfaat bagi tubuh dikala tubuh kita terdehidrasi.

Rekan Kerja

GangguanGangguan

Rekan kerja adalah seorang yang sangat penting untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dari perusahaan. Rekan kerja disatu sisi bisa jadi partner yang baik, namun di sisi lain, teman kerja yang tidak profesional justru akan menjadi penganggu dan sangat merugikan anda sehingga bisa menyebabkan konsentrasi anda hilang secara tiba-tiba saat bekerja.

Baiknya jika rekan kerja kalian tidak memahami kondisi yang sednag terjadi, sebaiknya kalian memberitahunya bahwa kalian tidak ingin diganggu. Bicaralah dengan jujur, namun tetap dengan cara yang sopan agar tidak terjadinya masalah dilingkungan kerja.

Jadi, jika kita lebih memperhatikan lima hal ini, maka konsentrasi kita dalam bekerja akan meningkatdan produktifitas kerja lebih terjaga.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement