Docotel Official Blog
4 Tips Positif Menjaga Kesehatan Bagi Programmer 1

4 Tips Positif Menjaga Kesehatan Bagi Programmer

Menjadi seorang programmer bukanlah hal yang mudah, apalagi deadline pekerjaan yang harus dikerjakan belum sesuai dengan permintaan client, apakah aplikasi ada penambahan, pengurangan yang menyebabkan aplikasi tidak kunjung live. Bisa-bisa seharian di depan layar monitor menatap kodingan yang pada dasarnya hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh kita terabaikan dan kesahatan tubuh menjadi terganggu. Nah, kalian nggak mau dong jika profesi yang kalian cintai malah memberikan efek negatif ke tubuh kalian? Yuk intip 4 hal positif yang bisa menjaga kesehatan bagi programmer.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan MataKesehatan Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang sensitif, Jika mata kita rusak, lalu bagaiman acara kita untuk melihat alam semesta? Untuk membuat sebuah program aplikasi setidaknya kita harus fokus terhadap source code/sintax aplikasi yang dibangun. Kegiatan ini bisa membuat mata kita lelah. Bagaimana tidak? Menurut Dr Stephen Juan yang dikutip dari portal Detik Health, Selasa 10 April 2018, frekuensi normal mata manusia berkedip sebanyak 18 kali dalam rentang waktu satu menit.

Namun pada saat kita menatap layar yang beriskan coding/syntax, maka mata kita jarang untuk berkedip. Oleh karena itu diberikan waktu 5 menit untuk mata kita istirahat dalam interval 1 jam. Hal ini bisa memberikan manfaat bagi mata diantaranya mata lebih fresh, tidak mudah iritasi dan tidak mudah lelah.

Perbanyaklah Olahraga

Olah ragaOlah raga

Olahragamerupakan hal yang cukup sulit dikerjakan bagi seoarang programmer, karenabiasanya waktu mereka dihabiskan di depan layar monitor untuk menyelesaikan deadlinepekerjaan dalam waktu singkat.Sehingga programmer bisa menghabiskan waktu 8 jam lebih untuk duduk di depanlayar komputer, hal ini bisa memancing terjadinya RSI (Respetitive Strain Injuries). RSI itu suatu jenis penyakit yang menyerang persendian yang diakibatkan ketegangan otot atau saraf.

Contoh olahraga ringan yang bisa kita kerjakan dikantor adalah dengan melakukan peregangan, turun tangga, mengambil minum dari meja kerja ke pantry juga termasuk bagian dari olah raga kecil.

Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

KafeinKafein

Rasanya, rogrammer tidak bisa lepas dari kafein. Padahal, kafein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan hipertensi dan penggumpalan darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, mengonsumsi kafein juga ada manfaatnya, loh. Salah satunya dapat meredakan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. Intinya kita jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kafein ya.

Perbaiki Pola Makan dan Tidurlah Secara Teratur

Mengatur pola makan dan pola tidurMengatur pola makan dan pola tidur

Bagi seorang programmer, bergadang bukanlah hal yang asing lagi bagi mereka, entah sedang mengerjakan deadline, atau hanya sekedar main game sampai lupa dengan waktunya tidur. Programmer muda biasanya lupa akan waktu, sehingga mengakibatkan jam tidur berantakan. Semakin bertambahnya umur, bergadang dapat menganggu kesehatanmu. Tidur merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh agar kondisi saat kita bekerja tetap bugar. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari.

Begitupun pola makan, cobalah dari sekarang kita mulai rutin untuk sarapan pagi dan istirahat sejenak saat makan siang. Selain itu kurangilah meminum kopi, soda pada siang hari, karena minuman ini tidak mengandung kalori. Tidak makan terlembat dan tidak makan yang berlebihan di malam hari yang membuat kalian susah tidur pada malam hari, karena perut tidak akan memproses makanan saat kita tidur.

Jadi, buat kalian yang bekerja sebagai programmer, jangan lupa menjaga kesehatan ya, agar terus bisa berkarya.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement