Docotel Official Blog
Coba Terapkan 7 Cara Ampuh Mengatasi Stress untuk Programmer 1

Coba Terapkan 7 Cara Ampuh Mengatasi Stress untuk Programmer

Berkembangnya teknologi komputer dan informasi akhir-akhir ini tidak terlepas dari buah karya developer atau programmer. Programmer, sebuah kata yang terdengar keren di abad ini bahkan telah memiliki slogan “I’m Programmer, I Have No Life” yang konon menggambarkan kehidupan programmer.

Menjadi seorang programmer itu pekerjaan yang membutuhkan “Kekuatan Super”, karena kalian harus bisa menguasai bahasa pemogramman, memahami kebutuhan client, misalnya saat kalian membuat sebuah program akademik suatu universitas, maka kalian harus memahami sistem yang sedang berjalan di universitas tersebut, kalian juga harus paham mengenai sistem akademik, dan bagaimana cara untuk memposisikan diri sebagai pengguna sistem tersebut, misalnya rektor, ketua jurusan, dosen, pegawai, ataupun mahasiswa.

Pada dasarnya banyak sekali hal pemicu stress bagi seoarang programmer. Untuk stress disini adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental yang dapat mempengaruhi kinerja sehari-hari soerang programmer. Nah, buat kalian yang berprofesi sebagai programmer *“7 Cara Ampuh Mengatasi Stress Untuk Programmer“*ini bisa kalian terapkan di kantor, loh.

Bermain Game Online, asal jagan berlebihan

Game OnlineGame Online

Bermain game online adalah salah satu cara yang bisa mengurangi stress bagi programmer, asalkan jangan berlebihan. Menurut hasil wawancara yang kami lakukan, 98% responden menyebutkan bahwa ketika mengalami stress mereka lebih suka untuk bermain game onlinesejenak agar tidak jenuh dalam bekerja. Responden yang kami wawancarai menyadari bahwa ada positif dan negatifnya dari bermain game online, tergantung bagaimana kita menggunakannya secara tidak berlebihan dan tidak menganggu pekerjaan kita dikantor ya.

Carilah hobi yang tidak berkaitan dengan komputer

TravelingTraveling

Bekerja di bidang IT tidak harus memiliki hobi yang ada hubungannya dengan IT juga. Jangan bilang hobimu adalah ‘ngoding’. Carilah hobi yang lain seperti memasak, naik gunung, traveling banyak hal positif yang bisa kalian jadikan hobi selain ngoding program.

Dengarkan musik kesukaan kalian

MusicMusic

Menurut survei yang telah dilakukan oleh University of Maryland School of Madicine yang dilakukan pada tahun 2008 menyebutkan bahwa mendengarkan musik selama 30 menit dapat menghilangkan stress dalam bekerja, serta bisa meningkatkan produktivitas kerja.

*Quality Time* bersama keluarga

FamilyFamily

Tinggalkan laptop dikantor, jagan buka laptop di rumah untuk mengerjakan pekerjaan kantor, jadikan rumah sebagai tempat quality time bersama keluarga. Banyak *quality time *yang bisa kalian lakukan, misalnya dengan makan malam bersama, memasak di dapur,menonton acara musik di televisi. Hal yang sederhana ini bisa membuat kalian bahagia dan pastinya akan terhindar dari stress.

Manfaatkanlah waktu istirahat, dan pergi keluar jagan di dalam kantor saja

RestaurantRestaurant

Manfaatkanlah waktu istirahat makan siang, untuk membeli makanan di luar kantor, supaya kalian tidak bosan didalam kantor saja dan bisa menghirup udara luar. Istirahatkan diri kalian sejenak apakah itu dalam bentuk sholat bagi kalian yang muslim. Cara ini begitu ampuh selain mendaptakan pahala maka stress tentang kodingpun berkurang.

Tontonlah film/video yang bergenre humor

MovieMovie

Menonton film/video yang bergenre humor terbukti dapat mengatasi stres secara signifikan. Banyak sekali situs-situs film/vodeo yang bergenre humor yang bisa membuat kita tertawa lepas. Intinya carilah sesuatu yang bisa membuat kalian tertawa. Karena menurut penelitian, tertawa dapat merangsang endorphine, serotonin, dan metanonin untuk keluar. Dimana tiga zat tersebut memberikan manfaat jika ketiganya keluar.

Manajemen Waktu

TimeTime

Pada dasarnya jika kita memiliki manajemen waktu yang baik dan semua hal diatas tersebut kita terapkan maka diri kita tidak akan mengalamin stress. Mempelajari cara manajemen waktu yang baik adalah hal yang paling tepat untuk mencegah stress terjadi. Oleh sebab itu jangan menunda-nunda pekerjaan, tentukan target, perbanyaklah intropeksi diri. Bila waktu ter-manage dengan baik maka tingkat stress tidakakan terjadi.

Setiap pekerjaan itu berat, setiap pekerja pasti pernah merasakan stress dan merasa tidak kuatme lanjutkan pekerjaannya. Namun bila kita bekerja dengan menggunkan waktu yang baik, efesien dan efektif , maka pekerjaan seberat apa pun akan terasa lebih ringan. Perlu kalian ketahui bahwa tidak ada yang lebih penting dari kesehatan, maka nikmatilah hidup dan berbahagialah.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement