Docotel Official Blog
5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Dunia Pemrograman 1

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Dunia Pemrograman

Jika berbicara mengenai programmer, apa sih yang terlintas di pikiran kamu? Orang-orang pintar pembuat program? Atau pemecah kode-kode sulit yang terdapat pada program? Tapi, tahukah kamu kalau programmer pertama merupakan seorang perempuan? Hingga istilah “*bug*” yang diciptakan dari ngengat sungguhan? Kalau belum tau, cek info menarik tentang dunia programmer di bawah ini yuk!

  1. Ada sekitar 20 bahasa pemrograman dari Benua Asia

Di seluruh dunia, diperkirakan terdapat lebih dari 8.500 bahasa pemrograman yang terekam. Sekitar sepertiganya menggunakan bahasa inggris sebagai kata kuncinya. Sebagian besar bahasa lainnya menggunakan bahasa non-inggris, serta beberapa diantaranya menggunakan simbol-simbol. Jumlah ini mencakup lebih dari 20 bahasa pemrograman dari Asia, seperti misalnya BAIK (Indonesia), Changjo (Korea), Dolittle (Jepang),PerlYuYan (Tionghoa) dan bahasa pemrograman Hindi.

  1. Ada Lovelace, perempuan yang menjadi programmer pertama di dunia

Ada LovelaceAda Lovelace

Meskipun kini perempuan sudah mulai banyak yang berkecimpung dalam dunia teknologi, namun kaum laki-laki sepertinya masih tetap mendominasi. Namun, tahukah kamu? Ada Lovelace, putri dari penyair terkenal Lord Byron telah diakui sebagai programmer komputer pertama di dunia. Sang ibu, Lady Byron mendesak Ada untuk belajar matematika agar Ada tidak meneruskan jejak ayahnya menjadi penyair.

Pada suatu saat, Ada diminta untuk mnerjemahkan sebuah tulisan tentang analytical enginemilik Babbage yang ditulis oleh Luigi Federico dalam bahasa Perancis. Selain menerjemahkan, Ada juga menambahkan beberapa ide dan pemikirannya tentang mesin tersebut. Dalam tulisannya itu, Ada mendeskripsikan tentang bagaimana kode dapat diciptakan untuk mesin agar dapat menangani huruf dan simbol bersamaan dengan angka. Berkat tulisannya ini, Ada dikenal sebagai programmer pertama di dunia, dan bahasa pemrograman bernama Ada diciptakan untuk menghormati jasanya.

  1. Kode komputer memecahkan kode Enigma

Alan Turing, seorang ilmuwan komputer dari Inggris bergabung dengan instansi pemerintahan Inggris sebagai pemecah kode Enigma, sebuah kode dari mesin yang berfungsi untuk menerima dan mengirim pesan berupa sandi-sandi yang dimiliki oleh NAZI. Intelijen dari Bletchley Park, dimana Turing dan timnya berbasis membantu untuk menyelamatkan banyak nyawa. Atas kontribusinya pada komputasi modern, Associationfor Computing Machinery(ACM) menamakan penghargaan mereka dengan nama Turing Award.

  1. Bug pertama merupakan seekor ngengat

Catatan Mengenai Bug PertamaCatatan Mengenai Bug Pertama

Tahun 1940-an merupakan masa-masa komputer mulai dioperasikan. Saat itu, salah satu tim dari Universitas Harvard sedang menguji sebuah komputer Harvard Mark II yang ternyata tidak beroperasi secara maksimal. Lalu, salah seorang dari tim tersebut memeriksa titik panel F dan menemukan sesuatu yang aneh pada sekitar relay 70. Ternyata, ada sebuah ngengat (Bug; serangga; binatang kecil) yang tersangkut pada mesin dan membuat komputer tidak berjalan dengan baik.

Akhirnya, bangkai ngengat tersebut disimpan dalam sebah buku catatan (log book). Grace Hooper, ketua dari tim tersebut menambahkan keterangan “*First actual case of bug being*” atau “Kasus pertama dari serangga (bug) sungguhan ditemukan”. Kejadian ini yang akhirnya membuat istilah bug digunakan hingga saat ini.

  1. Mempelajari ilmu coding sangatlah berguna

Saat ini, menggunakan teknologi sudah menjadi santapan sehari-hari bagi masarakat dunia. Mulai dari smartphone, laptop, komputer dan sebagainya. Dengan menggunakan perangkat-perangkat tersebut, masarakat juga dapat dengan mudah untuk mengakses layanan web seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lainnya. Karena itu, keterampilan dalam bidang pemrogramman sangatlah dibutuhkan saat ini ataupun di masa depan.

Perusahaan riset pasar Evans Data memperkirakan bahwa populasi pengembang perangkat lunak global telah meningkat menjadi sekitar 19 juta orang, jika dibandingkan dengan tahun 2010, angka tersebut mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat. Evans Data juga memperkirakan pada tahun 2020 jumlah tersebut kembali meningkat menjadi 25 juta orang.

Itulah tadi 5 hal yang harus kamu ketahui dari dunia pemrograman, semoga bermanfaat untuk kamu ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement