Docotel Official Blog
Yuk, Intip 6 Cara Mencegah Serangan<em>Cyber Crime</em> 1

Yuk, Intip 6 Cara Mencegah SeranganCyber Crime

Kemudahan dalam membeli perangkat teknologi informasi, utamanya yang terkoneksi internet, tidak hanya mendatangkan manfaat, tapi juga mengakibatkan permasalahan. Beredarnya banyak data di dunia maya memunculkan risiko terjadinya kejahatan sistem komputer dan informasi atau cyber crime.

Pihak-pihak tak bertanggung jawab melakukan cyber crime dengan berbagai pola dan cara yang sering kali tidak kita duga, mulai dari penipuan identitas sampai verbal abuse. Duh, seram! Oleh karena itu, sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakan teknologi dan jaringan internet.

Berikut 6 cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mencegah serangan cyber crime.

  1. Lindungi perangkat komputer

Hal pertama yang harus perhatikan untuk mencegah cyber crime adalah memasang protektor komputer. Jangan pernah lupa melengkapi perangkat komputer kita dengan antivirus, antispyware, dan firewall.

2. Buatlah password yang sulit dan ubah secara berkala

Sangat disarankan untuk menggunakan password yang beragam dan susah ditebak. Biasanya password dengan campuran angka, huruf kapital, dan sebagainya memiliki tingkat keamanan yang cukup kuat untuk mencegah cyber crime. Selain itu, mengubah password secara berkala dan acak sangatlah disarankan. Melihat peristiwa cyber crime dilakukan sampai 15 kasus perdetik, maka tidak menutup kemungkinan password terpanjang pun dapat dibajak
apabila telah digunakan bertahun-tahun.

     3. Jangan sembarangan klik link yang muncul di laman sosial media

Saat berselancar di dunia maya, tidak jarang kita menemukan berbagai jenis link yang menarik untuk dibuka. Link tersebut bisa saja hanya berupa iklan atau semacam kuisioner yang menarik perhatian. Namun, link semacam itu bisa jadi adalah tindakan cyber crime yang sengaja dibuat untuk menimbulkan kerusakan pada data yang kita miliki.

    4. Pastikan sudah log out dari akun

Setelah menggunakan akun media sosial di komputer umum, pastikan selalu melakukan Log out account. Hal ini dapat mencegah kemungkinan pengguna komputer lain membajak akun kalian.

   5. Buatlah salinan

Jangan hanya menyimpan data di dalam komputer. Buatlah salinan dalam bentuk foto atau menyimpannya di dalam e-mail dan flashdisk. Ini penting untuk mencegah jika sewaktu-waktu data kita dirusak atau dicuri.

  6. Lengkapi Antivirus kalian dengan Votiro

Sering kali tuntutan pekerjaan mengharuskan kita untuk selalu membuka e-mail, mengunduh data atau berbagai kegiatan online lainnya. Padahal, setiap konten yang dinduh sangatlah berisiko serta membahayakan perangkat yang kita gunakan, lho. Dengan anti virus saja perlindungan yang diterima tidaklah cukup, sebab anti virus hanya dapat mengenali virus yang masuk ke database saja.

Namun, Votiro dapat dengan cepat mengenali sesuatu yang janggal pada sebuah file. Votiro merupakan pelengkap untuk segala antivirus yang kita gunakan. Votiro juga melindungi file dari serangan Zero-Day, tidak peduli sumber ataupun jenisnya sebelum mereka mencapai lokasi dan menyerang data kita.

Itulah cara-cara mencegah serangan cyber crime yang bisa kita terapkan. Mengingat cyber crime dapat menimbulkan kerugian besar terhadap korbannya, maka penting untuk melakukan pencegahan sesegera mungkin untuk melindungi data kita.

yopi saputra

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed