Docotel Official Blog
Wifi Umum Tak Selalu Menguntungkan, Hati-hati Bahaya Yang Mengintai 1

Wifi Umum Tak Selalu Menguntungkan, Hati-hati Bahaya Yang Mengintai

Di zaman yang serba internet ini, ketersediaan Wifi gratis di berbagai tempat rasanya sudah menjadi sesuatu yang paling dicari banyak orang. Seperti misalnya, kini berbagai tempat seperti tempat makan, kedia kopi hingga mall sudah menyediakan Wifi gratis yang dapat dinikmati. Hal itu tentu disambut baik oleh para pengunjung.

Namun, Wifi umum tidak seluruhnya menguntungkan, loh. ernyata ada banyak bahaya yang mengintai di balik Wifi umum. Banyak hal yang harus diperhatikan bagi pengguna smartphone dalam memanfaatkan Wifi umum. T. Apa saja bahaya tersebut?

Data Dapat Dicuri Hacker

Menggunakan internet melalui Wifi umum tanpa disadari sangat rentan terhadap pencurian data. Data-data kamu dapat dicuri oleh hacker, biasanya mereka memiliki tools sendiri dalam melancarkan aksinya. Peretas dapat menghubungkan ke laptop atau smartphone melalui Wifi yang terhubung ke perangkat kamu. Dengan tools tersebut, peretas dapat dngan mudah mencari celah dan mengambil data-data kamu karena kurangnya faktor keamanan yang tersedia dalam Wifi umum.

Ilustrasi HackerIlustrasi Hacker

Mudahnya Terinfeksi Virus dan Mata-mata

Kamu juga harus berhati-hati saat menggunakan Wifi gratis melalui smartphone kamu. Smartphone sangat rentan terinfeksi virus seperti malware, dan malware sangat mudah menyebar melalui koneksi Wifi umum yang memiliki tingkat keamanan yang rendah. Virus ini juga berbahaya karena berpotensi memberikan akses kepada orang lain untuk mengambil data penting kamu.

Selain itu, seseorang juga dapat memantau gerak-gerik kamu melalui virus dari koneksi Wifi umum. Virus akan menyerang perangkat kamu secara perlahan dan dapat memata seluruh kegiatan kamu. Wow, serem ya!

Pengalihan Ke Situs Palsu

Salah satu resiko dalam menggunakan Wifi umum yaitu kamu akan sering diarahkan ke situs-situs lain. Bukan hanya sutus resmi, terkadang situs-situs palsu atau situs jebakan yang muncul di halaman browser kamu. Bahayanya, situs palsu dapat mengantarkanmu pada virus yang perlahan dapat menghancurkan perangkat serta mencuri data kamu.

Itulah tadi beberapa bahaya yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Wifi umum. Tetap selalu waspada dalam menggunakan internet, pastikan Wifi dan perangkat kamu memiliki fitur keamanan yang cukup untuk menangkal virus dan melindungi data-data penting kamu.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement