Docotel Official Blog
Dibalik Angka IP Address Localhost 1

Dibalik Angka IP Address Localhost

Apa kamu pernah mendengar angka 127.0.0.1? Ya, itu adalah alamat IP localhost. Tapi pernahkah kamu bertanya, kenapa IP local host harus menggunakan angka 127.0.0.1? Kenapa bukan angka-angka lainnya? Sebelum menjawab pertanyaan itu, lebih baik Docotel akan menjelaskan terlebih dahulu tentang bagaimana IP Address itu bekerja. IP Address dari localhost adalah sebuah alamat untuk membentuk koneksi dalam komputer yang sedang kita akses.

Mengapa dimulai dengan angka 127?

Pertama, perlu diketahui bahwa jaringan IP Address itu terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas A,B,C,D dan E. Pada awal perkembangannya, komputer masih meggunakan IP Address kelas A yang memiliki Address dari 0-127.

Tetapi, kenapa IP localhost dimulai dengan angka127? Jawabannya adalah karena 127 merupakan nomor jaringan terakhir yang berada pada jaringan kelas A. Jaringan kelas A tersebut memiliki sub netmask yaitu 255.0.0.0. Jadi address yang pertama di subnet adalah127.0.0.1.

Lalu kenapa nomor jaringan terakhir 127 ini yang dipilih dalam penggunaan IP localhost?

Pertama kali angka 127 disebut sebagai loopback, dijelaskan pada RFC990 November 1986 dan pada tahun 1981, 0dan 127 merupakan nomor yang tertera pada jaringan kelas A.

“The class A network number 127 is assigned the “loopback”function, that is, a datagram sent by a higher level protocol to a network 127address should loop back inside the host. No datagram “sent” to a network 127address should ever appear on any network anywhere.”

Angka 0 sudah digunakan sebagai penunjuk spesifik host, angka 127 di sisakan untuk loopback. Sebagian dari kalian mungkin akan berpikir bahwa akan lebih masuk akal jika yang dipilih adalah 1.0.0.0 untuk loopback, namun sayangnya angka tersebut sudah digunakan untuk BBC Packet RadioNetwork.

Itu dia tadi penjelasan mengenai angka 127.0.0.1 yang digunakan sebagai IP Adress localhost. Semoga bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement