Docotel Official Blog

WhatsApp Business, Chat Platform untuk Para Pebisnis

Di era digital ini, bisnis online atau online shop merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan berkembang sangat cepat, utamanya di Indonesia. Hampir semua bidang dapat dijalankan secara online, mulai dari fashion, makanan, hingga make up, dan lainnya.

Tentunya, hal tersebut tidak lepas dari peran media sosial dan chat platform sebagai alat untuk mempromosikan bisnis. Salah satu yang berperan dalam mendukung perkembangan bisnis online adalah WhatsApp Messenger, platform chat kenamaan yang pada tahun 2017 lalu menempati posisi kedua setelah Google Play dalam “Top 10 Apps from Mobile Devices in Indonesia” versi comScore dengan jumlah pengguna mencapai 35.8 juta orang.

Banyaknya jumlah pengguna WhatsApp membuat chat platform ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi antarpengguna, tapi juga oleh para pebisnis untuk berkomunikasi dengan calon pelanggannya. Hal itu rupanya dilirik sebagai peluang emas oleh WhatsApp yang kemudian membuat sebuah produk khusus yang dapat membantu pebisnis dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan.

WhatsApp Business, aplikasi yang baru dirilis pada awal tahun 2018 ini dirancang khusus untuk pebisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan agar aktivitas bisnis berjalan lebih mudah dan efektif. WhatsApp Business dapat digunakan mulai dari menyortir pesan, kustomisasi, hingga merespons pesan. Seperti halnya WhatsApp Messenger, WhatsApp Business dapat digunakan untuk mengirim chat, dokumen, audio, hingga foto.

Lalu, apa yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger?

WhatsApp Business menyediakan fitur-fitur yang akan mendukung bisnis Anda, seperti:

  • Profil bisnis, fitur ini berisikan nama usaha, bidang usaha, jenis usaha, lokasi, jam operasional, e-mail, dan sosial media yang dimiliki.
  • Statistik, berisi jumlah pesan yang terkirim, pesan diterima, dan pesan yang dibaca.
  • Respon pesan otomatis, berisi pesan yang dapat digunakan sebagai template ketika menerima pesan dari pelanggan yang baru pertama kali terhubung dengan Anda, ataupun di saat Anda tidak bisa merespon pesan pelanggan.

Selain fitur-fitur yang memang ditujukan pada pemilik bisnis, WhatsApp Business juga memiliki kelebihan-kelebihan lain, seperti:

  • Layanan pelanggan secara real time dan 24 jam

Dengan WhatsApp Business, layanan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah, kapan pun, dan di mana pun. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda untuk membalas pesan secara personal maupun langsung ke semua pengguna.

  • Layanan yang terintegrasi

Salah satu kelebihan yang dimiliki WhatsApp Business adalah layanan yang langsung terintegrasi. Sebagai contoh, Loket.com telah menggunakan WhatsApp Business pada layanan pelanggannya. Jadi, jika ada pelanggan yang memesan tiket melalui Loket.com, pelanggan tersebut akan mendapatkan status order, status pembayaran, konfirmasi tiket, dan lain-lain yang langsung dikirim ke WhatsApp Pelanggan.

Itu tadi sekilas penjelasan tentang kegunaan WhatsApp Business. Tertarik untuk menggunakan WhatsApp bisnis sebagai tool bisnis Anda?

Docotel Group melalui PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) menghadirkan WhatsApp Business dalam produknya yang bernama Wappin. Ingin tahu lebih banyak mengenai Wappin? Cek di https://wappin.id/

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed