Docotel Official Blog

Two factor authentication, sistem keamanan penangkal hacker!

Saat ini sedang marak kasus pembajakan akun yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Bukan hanya sekedar mengambil alih akun, lebih parahnya lagi akun-akun tersebut kebanyakan disalahgunakan untuk berbuat kejahatan, tentunya hal ini sangat merugikan banyak pihak. Mendengar banyaknya kasus seperti ini, perusahaan-perusahaan media sosial dan internet tentu tidak berdiam diri, beberapa layanan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan layanan internet lainnya seperi Google dan lain-lain akhirnya menerapkan sebuah fitur bernama Two Factor Authentication (2FA) yang dapat membantu mencegah pembajakan akun. Apa itu Two Factor Authentication? Yuk simak penjelasan singkat mengenai Two Factor Authentication dibawah ini.

Apa itu Two Factor Authentication?

Two Factor Authentication atau 2FA adalah sebuah fitur keamanan yang menggunakan dua jenis pendekataan security yang berbeda. 2FA berfungsi untuk memberikan verifikasi sebelum pengguna masuk ke sebuah akun. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pengguna yang akan masuk adalah benar-benar si pemilik akun.

Bagaimana cara kerja 2FA?

Pertama, biasanya pengguna akan diminta untuk memasukan no telepon pada sosial media untuk melengkapi data akun tersebut. Nah, saat pengguna akan login ke sosial media atau layanan internet lain, selain memakai email/username dan password 2FA akan menggunakan satu tahapan lagi sebelum pengguna dapat login. Biasanya 2FA akan mengirimkan sebuah kode verifikasi ke no handphone pengguna melalui SMS. Setelah mendapat kode pengguna harus memasukan kode tersebut untuk dapat melanjutkan proses login ke akunnya. Ataupun dengan cara lain, setelah melakukan login dengan email dan password, pada perangkat pengguna akan muncul pemberitahuan yang akan meminta izin untuk masuk ke dalam akun.

Apakah memakai 2FA lebih aman?

Ya. Jika pengguna memakai 2FA, para peretas yang ingin masuk ke akun tersebut harus memiliki akses ke perangkat atau handphone pengguna yang terhubung dengan sistem 2FA. Apalagi dengan sifat smartphone yang pribadi, pesan yang masuk pada perangkat atau handphone pengguna tidak dapat diakses oleh orang lain selain si pemilik handphone tersebut. Dengan begitu, hal ini akan sangat membantu meminimalisir pencurian akun.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai 2FA atau Two Factor Authentication. Mungkin ada diantara anda yang berpikiran memakai 2FA adalah hal yang merepotkan, namun ini dilakukan untuk mencegah peretas mengambil alih akun anda. Lebih baik sedikit kerepotan daripada tiba-tiba kehilangan akun anda, kan?

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed