Docotel Official Blog
Trend Teknologi Wearable Device 1

Trend Teknologi Wearable Device

Perkembangan teknologi saat ini kian pesat dan merubah beberapa aspek kehidupan. Adanya perkembangan teknologi ini memberikan kemudahan serta solusi atas masalah yang sering dihadapi manusia sendiri, seperti diluncurkannya wearable device.

Wearable device bisa diartikan sebagai perpaduan antara teknologi mutakhir dengan peralatan atau aksesoris yang biasa banyak orang pakai, seperti jam tangan, kacamata, kamera sampai gelang. Sebagian besar teknologi wearable device dipengaruhi oleh perkembangan teknologi smartphone, sehingga masih ada yang membutuhkan alat bantu smartphone agar bisa dioperasikan dengan maksimal.

Saat ini, sudah banyak wearable device yang semakin berkembang dan mulai banyak digunakan. Berikut ini beberapa wearable device yang mulai berkembang di Indonesia:

  1. Smart Watch

Jam tangan yang memiliki teknologi smartphone ini sekarang sudah cukup populer di Indonesia. Smart watch terhubung secara nirkabel dengan smartphone untuk  mendapatkan jaringan internet. Untuk pengoperasiannya, ada beberapa tombol di bagian sisi jam, dan beberapa jenis jam tertentu dapat dioperasikan melalui layar sentuh.

Dengan smartwatch seorang pengguna bisa memiliki akses ke berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan banyak lagi.

  1. Smart Glasses

Teknologi Google Glass ini cukup dikenal, namun belum begitu populer karena harganya mahal dan fungsinya yang belum dapat dimaksimalkan di Indonesia. Seperti smart watch, kacamata ini juga terhubung dengan smartphone untuk mendapatkan koneksi internet.

Google glass juga mampu mengambil gambar hanya dengan memberikan perintah suara melalui headset serta mengarahkan kacamata ke objek yang akan di photo. Setelah itu data yang di tangkap oleh google galss bisa langsung di bagikan kae pengguna Google+.

  1. Smart Bracelet

Hampir sama dengan smart watch, bedanya adalah smart bracelet ini berbentuk gelang kecil. Gelang ini merekam seluruh akitifas kita sehingga cocok digunakan untuk mereka yang suka berolahraga. Fitur alarm dapat di set melalui smartphone.

Gelang pintar hanya berfungsi sebagai sensor pengirim informasi ke smartphone, perangkat gelang pintar ini akan membaca aktivitas penggunanya, selanjutnya smart bracelet akan mampu mengirimkan detak jantung atau jumlah langkah dan membaca kalori pengguna ke perangkat smartphone. Berbagai informasi ini dapat dilihat melalui layar smartphone.

  1. Action Camera

Go-Pro adalah pelopor action camera yang bisa digunakan untuk merekam berbagai kegiatan, khususnya petualangan yang menantang. Selain pendahulu, fungsi dan eksistensi action camera jenis ini dijadikan sebagai influence. Action Camera bisa dibilang kamera “point to view” karena sebagian besar action camera dikenakan di tubuh atau perangkat tertentu seperti di dada, lengan, kepala bahkan di kap mobil, di atas helm, di handlebar motor cross dan tempat lainnya. Dari sinilah sudut pandang orang pertama atau POV (point to view) muncul. Action camera ini juga mengharuskan penggunanya terhubung dengan smartphone untuk mengatur timer dan melihat foto atau video.

  1. Quadcopter

Quadcopter  sudah sangat populer di kalangan fotografer dan penelitian. Quadcopter adalah robot penjelajah udara Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang termasuk kategori UAV micro dan banyak digunakan oleh beberapa lembaga atau instansi. Robot quadcopter merupakan UAV yang memiliki ciri khusus yang mudah dikenali yaitu memiliki empat buah baling-baling motor yang digunakan sebagai penggeraknya.

  1. Virtual Reality

Virtual Reality (VR) saat ini sedang populer di dunia. Menampilkan sensasi first-personmenjadikan gadget ini cocok digunakan untuk  gaming. Dilengkapi dengan headset, serta  di beberapa tipe dilengkapi sensor biometrik seperti pergelangan tangan dan jari. Cara lain selain membeli VR, kita juga dapat menggunakan smartphone kita untuk dijadikan VR dengan menggunakan Google Cardboard.

  1. Smart Balance Wheel

Smart balance wheel atau yang biasa disebut Smart Skuter Roda Elektrik, teknologi ini belum lama masuk ke pasar teknologi di Indonesia, namun cukup mendapat sambutan yang baik. Teknologi ini merupakan suatu alat transportasi jarak dekat dimana kita menggunakannya sambil berdiri dan mengontrol gerakan alat dengan kaki dan keseimbangan tubuh kita. Alat ini menggunakan giroskop untuk membantu dalam menyeimbangkannya.

Nah, itulah beberapa teknologi wearable device yang cukup berkembang di Indonesia. Teknologi yang kian berkembang ini, semoga dapat membawa kepada kehidupan yang lebih baik lagi dan dapat memberikan solusi yang lebih mudah dalam kehidupan.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement