Docotel Official Blog
Teknologi: Dulu Hanya Angan-angan, Sekarang Menjadi Nyata 1

Teknologi: Dulu Hanya Angan-angan, Sekarang Menjadi Nyata

Tahun silih berganti, teknologipun silih berganti dengan kemajuannya masing-masing. Tanpa ada hentinya teknologi terus berkembang pesat dan terus menerus meningkat.

Dulu yang susah, ribet, sekarang segalanya menjadi lebih mudah, yang dulunya lambat sekarang menjadi singkat, yang dulunya hanya sekedar angan belaka, sekarang bisa menjadi nyata.

Perkembangan teknologi dibutuhkan seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin pesat. Sebelumnya mungkin hanyalah sebuah angan atau impian, tetapi berkat tekad, usaha dan ide untuk menjadikan itu semua menjadi sebuah kenyataan.

Tulisan ini akan mengulas berbagai terobosan serta perkembangan teknologi dunia, berikut ini beberapa teknologi yang sudah banyak mengubah kehidupan manusia saat ini.

  1. Gadget

Dulu, setiap aktivitas yang berkaitan dengan teknologi cukup banyak. Untuk menonton berita harus melihat televisi, untuk mendengarkan musik harus menggunakan kaset yang diputar melalui radio,untuk menyimpan data harus menggunakan alat penyimpanan seperti disket atau flashdisk, untuk berkomunikasi menggunakan telepon, untuk mengabil gambar harus menggunakan camera. Untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut setiap orang harus memiliki setiap alat tersebut. Berbeda dengan saat ini yang segala sesuatunya sudah bisa dilakukan di satu alat saja. Sekarang hanya butuh gadget yang multifungsi. Smartphone saat ini sudah mencakup semuanya, sudah berbagai macam aplikasi di dalamnya, bisa menonton TV, membaca berita di koran online, menyimpan dokumen, mendengarkan musik, telepon dan lainnya. Hal tersebut sangat mempermudah semuanya.

  1. Teknologi Wearable

Salah satu teknologi wearable device yang banyak dipasaran dan sudah banyak digunakan adalah smart watch. Bagi anak angkatan tahun 90-an, pastinya tidak asing lagi dengan film Power Rangers. Dalam film tersebut seringkali kita lihat para Ranger yang dapat berkomunikasi langsung dengan menggunakan jam tangan. Waktu itu pasti mungkin beberapa diantara kalian ada yang berimajinasi jika jam tangan seperti itu bakal ada di dunia nyata.

Dan kini, jam tangan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi tersebut benar-benar terwujud di dunia nyata. Ya, jam tangan pintar atau yang biasa disebut dengan Smart watch ini dapat dengan mudah kita temukan di berbagai toko-toko gadget.

  1. Virtual Assistant

Kalau nonton film Iron Man, pasti pada tau Jarvis yang merupakan asisten pribadi yang melayani Tony Stark dalam film. Jarvis bukanlah manusia, melainkan AI atau Artificial Intelligence yang akan melaksanakan perintah Iron Man. Bagaimana rasanya ya jika memiliki asisten pribadi seperti Jarvis?

Nah, sekarang gak hanya membayangkan saja gimana rasanya punya virtual assistance, sekarang sudah ada aplikasi yang mendukung hal tersebut. Dengan virtual assistance kamu dapat melakukan perintah hanya dengan suara dan ia akan menampilkan hal-hal yang dibutuhkan sesuai dengan perintah.

  1. Self – Driving Car

Kalau ada yang melihat film The Knight Rider, bisa dilihat pada film tersebut terdapat sebuah mobil super canggih yang bernama KITT milik Michael Knight, sang tokoh utama. Menariknya, mobil tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada pengemudi di dalamnya.

Kini teknologi mobil tanpa pengendara tersebut benar-benar ada di dunia nyata. Dan mulai dikembangan oleh beberapa perusahaan teknologi ternama. Bahkan mobil tanpa pengendara milik Google telah menjelajahi 482.803,2 km.

  1. Teknologi Rumah Pintar

Dalam film Home Alone 4: Taking Back The House, diperlihatkan adanya rumah pintar. Cukup menggunakan alat seperti remote untuk memerintahkan rumah tersebut untuk membuka dan menutup pintu, menyalakan musik dan lainnya. Saat melihat tayangan film tersebut hanya seperti angan belaka. Namun saat ini rumah pintar itu sudah ada di dunia nyata.

Rumah pintar ini terdiri dari beberapa perangkat multifungsi yang terkoneksi dengan pemilik rumah. Si pemilik rumah cukup menggenggam smartphone, maka sudah dapat mengontrol semua perangkat elektronik yang berada di rumah. Rumah pintar ini memberikan kemudahan hidup, maupun keamanan secara ekstra.

Itulah beberapa teknologi yang dahulu hanyalah

sebuah angan-angan atau imajinasi saja, tetapi kini telah menjadi nyata.  dulu yang hanya bisa melihat di film-film, sekarang sudah betul-betul ada di dunia nyata. Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti ada banyak lagi inovasi teknologi yang akan berkembang, dan membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement