Docotel Official Blog
Dibalik Nama Virus Trojan Horse 1

Dibalik Nama Virus Trojan Horse

Pasti sudah banyak yang sering mendengar virus yang bernama “Trojan Horse”, ketika antivirus komputer mendeteksi keberadaan virus ini. Trojan adalah sejenis virus yang bisa menyebabkan komputer kita dikendalikan oleh orang lain. Dengan kata lain Trojan ini adalah “penyusup” yang ada di dalam komputer kita.

Di balik nama Trojan Horse ini, tahukah kamu kalau ternyata nama virus ini mengambil nama dari strategi perang bangsa Yunani. Begini asal mulanya,

Istilah Trojan Horse (Kuda Troya) berasal dari mitologi Yunani yaitu pada saat terjadinya perang Troya. Dalam peperangan tersebut, pasukan Yunani melawan pasukan kerajaan Troya. Pada saat itu pasukan Yunani telah mengepung kota Troya selama lebih dari 10 tahun. Namun, karena pasukan Troya cukup tangguh maka pasukkan Yunani sulit untuk mengalahkannya.

Setelah sekian lama berpikir bagaimana cara menaklukkannya maka pasukan Yunani membuat sebuah strategi dengan membuat sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu. Kuda ini sangat besar dan berongga sehingga pasukkan Yunani bisa masuk kedalamnya. Pasukkan Yunani berpura-pura mundur dan memberikan kuda kayu raksasa tersebut sebagai hadiah. Dengan bantuan dari seorang spionase Yunani bernama Sinon, penduduk kota Troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda raksasa tersebut dan dimasukkanlah kuda tersebut ke dalam kota.

Pada malam harinya, pasukkan Yunani yang berada didalam kuda keluar, kemudian membuka gerbang kota Troya dan mereka langsung menyerang. Dengan cara tersebut kota Troya dapat dikuasai oleh Yunani.

Licik ya caranya, tapi hal ini sangat ampuh untuk menaklukan musuh.

Nah, virus Trojan ini bersifat stealth dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah program itu sedang dalam keadaan baik-baik saja, sementara virus komputer bertindak lebih agresif dengan merusak sistem atau membuat sistem menjadi crash. Trojan virus ini “menyamar” menjadi sebuah program biasa dengan tujuan membajak komputer kita, sama halnya dengan penyerangan elite Yunani yang bersembunyi di dalam patung kuda.

Nah kisah mitologi Yunani ini kayaknya menginspirasi para crecker deh untuk menciptakan ‘penyusup’ ke sistem komputer seseorang, makanya dinamakan Trojan Horse.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement