Docotel Official Blog
Realita Kehidupan Programmer 1

Realita Kehidupan Programmer

Programmer. Dengar profesi itu, yang terlintas di kepala kayaknya pekerjaan yang ruwet karena berhubungan dengan kodingan. Sebenarnya apasih programmer itu? Serumit

itukah pekerjaannya? Bagaimana ya kehidupan para programmer di dunia sesungguhnya? Tulisan kali ini akan membahas seputar programmer di Docotel.

Apa itu programmer?

Secara harfiah, programmer adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level, mereka handal dalam menulis kode, mengerti alogaritma.

Nah, kalau menurut programmernya langsung, ia mengartikan programmer merupakan orang yang mampu membuat program atau aplikasi  mengunakan bahasa pemrograman tertentu, kalau istilah kerennya manusia aneh yang mampu mengubah/mengkonversi bahasa manusia menjadi bahasa yg dimengerti oleh mesin komputer  ? . Menerjemahkan kebutuhan seseorang yang awalnya dilakukan secara manual, kemudian dirubah menjadi sebuah aplikasi.

Keahlian untuk menjadi programmer

Untuk menjadi programmer, selain mengerti bahasa pemprograman, keahlian lain yang harus dimiliki seorang programmer adalah mampu menganalisa terhadap apa yang akan dibuat. Jadi programmer itu gak hanya harus pintar ngoding dan tahan berjam-jam ngeliatin layar komputer, tapi juga harus pintar menganalisa apa yang diinginkan oleh klien atau pengguna. Keahlian yang harus dimiliki itu sekaligus menjadi hal yang cukup ribet untuk menjadi seorang programmer.

Suka duka programmer di dunia nyata

Suatu proyek yang sudah deal, itu pasti segera diselesaikan sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan. Tapi gimana tuh kalau tiba-tiba dipertengahan ada pengajuan revisi? Hemm itu dia cobaannya.

Tidak banyak klien minta revisi di pertengahan jalan. Seperti sistem sudah hampir jadi, mereka merubah bussiness processnya, mereka menambahkan sesuatu di tengah-tengah proses. Nah perubahan atau penambahan itu, membuat program tersebut harus dibuat dari awal lagi. Karena dalam sebuah aplikasi/program, perubahan alur bisnis atau penambahan alur bisnis terkadang berpengaruh pada pondasi awal dari aplikasi itu sendiri.

Cobaan lainnya adalah… Kalau bertemu klien yang masih bingung dengan spesifikasi yang ingin mereka buat, nah ribet juga nih kalau ketemu klien kaya gini hehe. Akantetapi inilah yang menjadi kelebihan dari Docotel, tim selalu punya inisiatif sendiri untuk menawarkan solusi terbaik kepada klien mulai dari perancangan system, design, UI & UX, performance, clean code, scalability code sampai dengan hal kecil yg menunjang system berjalan dengan baik karena di Docotel sendiri memegang prinsip “we love what we do”.

Programmer dan system analyst, ketika mendapatkan proyek, mereka harus berpikir untuk kedepannya seperti apa. Tidak serta merta menuruti langsung keinginan klien. Nah kuncinya, seorang programmer juga harus peka. Jadi harus memikirkan dua kali impact ke depannya untuk membuat sesuatu. Programmer juga gak asal ngoding tetapi juga harus pintar-pintar merancang sesuatu yang suatu saat bisa berubah atau bertambah.

Biasanya hal pertama yang dilakukan programmer saat mendapat proyek adalah membaca spesifikasi, fungsinya adalah untuk memahami bussiness proses aplikasi yg akan dibuat. Jadi sebelum membuat sesuatu harus mengerti  dulu terhadap apa  yang akan dibuat dan tujuan dari aplikasi itu sendiri, programmer & aplikasi harus saling kenal, karena kata orang tak kenal maka tak sayang :p.

Tips menjadi seorang programmer

  • Rajin update terhadap perkembangan teknologi

Untuk menjadi seorang programmer, harus sering-sering mengikuti update an terhadap hal-hal yang baru.

  • Tertarik dengan tantangan

Seorang programmer harus haus akan sesuatu yang baru, haus akan tantangan dan berani uuntuk mencoba.

  • Open minded

Seorang programmer biasanya memiliki style masing-masing, filosofi masing-masing, tapi mereka juga harus tetap open minded, harus bisa menerima kritikan dan masukan.

_“Sukanya jadi programmer itu, kita selalu belajar untuk sesuatu hal yang baru dan melatih otak kita untuk berpikir logis. Kalau dukanya…. jomblo ? “.

_ Udududu… dari hati banget nih Mas narasumbernya ? .

Begitulah seputar realita kehidupan programmer di

dunia kerja. Susah senang mereka lewati untuk mencapai hasil yang maksimal.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement