Docotel Official Blog
Peristiwa Kelahiran Nabi Muhammad SAW 1

Peristiwa Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Hari ini, 12 Rabi’ul Awwal dalam tanggalan Islam yang bertepatan dengan tanggal 12 Desember 2016 seluruh umat muslim memperingati Mauid Nabi Muhammad SAW. Satu-satunya Rasul Allah yang diutus untuk semua ras dan golongan adalah Nabi Muhammad SAW. Karena itu ajarannya sangat universal; tidak hanya tentang ibadah dan keakhiratan, namun juga tentang urusan-urusan duniawi yang mencakup semua sisi kehidupan manusia, mulai dari masalah makan hingga urusan kenegaraan. Berteptan dengan peringatan Maulid, tulisan kali ini membahas mengenai kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kenapa bahas mengenai kelahirannya? Karena kata Maulid sendiri berarti waktu kelahiran atau tempat kelahiran.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal atau bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M. Nabi Muhammad merupakan putra dari pasangan  Abdullah bin Abdul Muthallib dan Siti Aminah binti Wahab.

Kelahiran Nabi disebut sebagai tahun gajah. Penamaan tahun Gajah berkaitan dengan peristiwa pasukan Gajah yang dipimpin oleh Abrahah, Gubernur Yaman yang ingin menghancurkan Ka’bah. Namun sebelum sampai ke kota Makkah, mereka diserang oleh pasukan burung yang membawa batu-batu kerikil panas (tertera pada QS Al-Fil: 1-5).

Pada saat umur Rasulullah SAW dua bulan berada di dalam kandungan ibunya, ketika itu pula ayahnya Abdullah wafat dan dimakamkan di kota Madinah Al Munawwarah. Sang ibu sangatlah bersedih karena nantinya saat sang anak lahir, Ia sudah menjadi seorang yatim (tidak memiliki ayah). Ketika Nabi masih berada di dalam kandungan, banyak keajaiban-keajaiban yang terjadi, seperti dibukanya pintu syurga firdaus, musnahnya tentara pasukan gajah, dunia disinari cahaya yang cerah, tanah-tanah yang tadinya kering menjadi subur. Pohon-pohon kayu berdaun rimbun dan berdaun lebat.

Saat kelahiran Nabi Muhammadpun memiliki banyak keistimewaan. Kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi seribu satu tanda bahwa Beliau akan menjadi utusan terakhir dalam menyampaikan risalah Islam. Sang ibu, Siti Aminah ketika itu melihat Nabi Muhammad SAW dalam keadaan terbaring serta kedua tangannya mengangkat ke langit seperti halnya orang yang sedang memanjatkan doa. Kemudian ibunya melihat awan yang turun dan menyelimuti dirinya kemudian beliau mendengarkan sebuah seruan “_Pimpinlah dia untuk mengelilingi bumi bagian Timur dan Barat, agar mereka mengetahu bahwa dialah yang akan menghapuskan segala macam perkara syirik_”.

Seluruh alam semesta terkagum kepada Nabi Muhammad SAW lantaran terpesona akan ketampanan dan cahaya yang sangat luar biasa dari baginda Muhammad yang masih kecil. Setiap mata yang memandanginya merasa terkagum.

Peristiwa kelahiran yang luar biasa ini disebut Irhas. Irhas adalah suatu kejadian yang sangat luar biasa bagi manusia normal dan hanya terjadi pada seorang Nabi.

Berdasarkan peristiwa-peristiwa tersebut jelaslah kelahiran Nabi Muhammad SAW memiliki keistimewaan tersendiri. Ini karena beliau ialah khatamun nubuwwah atau sebagai penutup segala Nabi. Peristiwa-peristiwa luar biasa semacam ini telah membuktikan kepada kita akan kemuliaan beliau di sisi Allah, sekaligus sebagai bukti kerasulannya. Selain itu bukti-bukti tersebut juga dijelaskan di dalam kitab kitab terdahulu seperti kitab Taurat, Zabur dan Injil sebagai rasul yang terakhir.

Tidak hanya mengenai kelahirannya saja yang dikagumi seluruh umat, akan tetapi akhlaq beliau juga sangat dikagumi oleh seluruh umat. Perjalanan sejarah hidup beliau juga melalui berbagai fase yang penuh dengan kemandirian serta perjuangan.

Itulah kira-kira peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi sendiri bisa memiliki makna untuk meneladani jejak langkah sunnah Rasul yang telah diwariskan. Beliau adalah teladan hidup banyak orang. Keteladanan yang akan senantiasa layak diikuti setiap generasi dari semua generasi saat ini maupun mendatang.

Baca Juga : Transaksi pakai Tanda Tangan Elektronik, aman gak sih?!

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi di bidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement