Docotel Official Blog
Alasan Pentingnya Redesign Website 1

Alasan Pentingnya Redesign Website

Websitenya loadingnya agak lama, tampilannya agak

jadul dan kurang mengikuti perkembangan saat ini, tampilannya kayanya kurang menarik.

Nah, kalau merasa suatu website seperti itu, maka memang sudah waktunya website tersebut diredesign. Menentukan perlu atau tidaknya suatu website diredesign memang tidak mudah dan perlu banyak pertimbangan, apalagi untuk website yang sudah terkenal. Apabila salah langkah atau melakukan pada waktu yang kurang tepat bisa berdampak buruk bagi citra perusahaan itu sendiri.

Kali ini akan membahas sebetulnya mengapa sih website harus diredesign? Dan kapan waktu yang tepat untuk redesign? Berikut penjelasannya:

  1. Desain Terasa Bosan atau Kurang Menarik

Kalau ini biasanya merupakan keputusan dari pemilik website, kalau si pemiliknya merasa desainnya sudah terlihat kurang menarik lagi. Rasa bosan juga menjadi pemicu paling banyak untuk melakukan redesign. Memang hal tersebut perlu, karena bagaimanapun seseorang pasti akan bosan jika tampilan website kita seperti itu saja selama bertahun-tahun. Untuk membuat keputusan ini, pemilik webiste juga bisa melibatkan atau meminta pendapat kepada user, apakah desain ini masih baik atau memang harus dirubah. Akantetapi, kembali ke awal, userhanya bisa memberikan penilaian saja, yang berhak mempertimbangkan hal tersebut tetap si pemilik website tersebut.

  1. Website Tidak Responsif dan SEO yang Kurang Menarik

Seperti bahasan sebelumnya mengenai desain web responsif, saat ini user lebih banyak mengakses internet lewat smartphone. Jika website tidak resonsif, maka ketika diakses lewat handphone bisa saja akan berantakan, dan membuat orang meninggalkan website tersebut.

Selain responsif, perlu juga memperbaiki SEO _on page_nya. Sekilas memang tidak akan ada perubahan pada tampilan website, tetapi SEO akan membantu mendapatkan tempat di mesin pencari Google. Dengan begitu, Google akan meningkatkan jumlah pengunjung di website tersebut, dan redesign yang dilakukan tidak akan sia-sia.

  1. Layout Berantakan dan Navigasi Membingungkan

Website yang ada saat ini sebagian besar bersifat dinamis, konten website bisa ditambah maupun dihapus kapanpun. Dalam hitungan satu sampai dua tahun bisa saja konten website sudah sangat banyak. Seperti menu yang semakin banyak sehingga bisa membuat bingung user, dan itu bisa menjadi masalah. Nah perancangan ulang diperlukan agar sistem navigasi website tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

Selain navigasi yang membingungkan karena terlalu banyak, sistem navigasi yang kurang baik karena tidak terlihat, juga bisa menjadi pertimbangan. User bisa kesulitan menjelajahi website karena menu yang kurang spesifik.

Keadaan seperti itu yang membuat suatu website perlu diredesign, misalnya dengan mengurangi hal-hal yang kurang penting atau menggabungkan beberapa hal yang serupa.

  1. Waktu Loading Website Lama

Seperti yang sudah dijelaskan dinomor dua, bahwa bertambahnya konten dan banyaknya fitur, maka akan dibutuhkan pula tempat untuk menampung semuanya. Itu dapat menambah beban pada website dan akan berdampak pada loading yang lama. Selain itu, banyaknya gambar dengan ukuran file yang besar juga menambah beban pada website. Website dengan loadinglama biasanya membuat user harus menunggu lama, dan pasti akan menutup laman website.

  1. Website Tidak Mengikuti Trend Saat Ini

Tampilan website yang agak jadul juga bisa menjadi alasan untuk segera meredesign suatu website. Pasalnya, tampilan website yang terkesan jadul akan menjadi nilai minus bagi user. Tampilan website harus terlihat fresh dengan bantuan teknologi-teknologi baru dalam pembuatan website agar terlihat ciamik. Kalau ingin meredesign website dengan tampilan mengikuti trend, maka ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu tren design yang sedang berkembang saat ini, agar redesignnya tidak sia-sia. Design yang sedang

berkembang saat ini adalah tren flat design, responsif dan mobile – first responsif.

Kira-kira itulah beberapa alasan kenapa sebuah website harus diredesign. Jika merasa websitenya termasuk ke dalam kategori di atas, mungkin sebaiknya dipertimbangkan untuk meredesign website.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement